-->

Jangan Biarkan Penyakit pada Retina Menyerang Mata, Pelajari Ini




Sama halnya dengan tubuh, kesehatan mata menjadi hal penting yang perlu diperhatikan kesehatannya. Salah satunya jangan biarkan penyakit pada retina mata menyerangmu.

Jika penyakit pada retina mata dibiarkan begitu saja tanpa diobati, penglihatanmu akan terganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Pasalnya, retina adalah lapisan tipis di belakang mata yang berguna untuk menangkap cahaya.

Kerusakan pada lapisan ini akan berpengaruh besar terhadap kemampuanmu dalam melihat benda atau apa yang ada tepat di depanmu. Karena fungsi utama dari retina adalah menangkap cahaya dan mengaturnya sebagai visual yang kemudian dikirim ke otak melalui saraf optik.

Di tengah jaringan saraf terdapat makula yang membuatmu mampu melihat dengan jelas. Retina memiliki peran penting dalam penglihatan, bila penyakit pada retina mata terjadi, tentu penglihatan dapat mengalami gangguan.


Lapisan Retina

Apa yang dimaksud dengan lapisan retina? Lapisan retina merupakan lapisan terdalam dari bola mata. Retina adalah lembaran jaringan saraf yang tipis dan transparan yang melapisi dua pertiga bagian dalam posterior dinding bola mata.

Retina terletak pada bagian anterior sejauh korpus siliaris dan berakhir pada ora serata dengan tepi yang tidak rata.

Lapisan retina merupakan tempat reseptor visual dengan tiga lapisan utama neuron retina yang dipisahkan oleh dua zona dimana terjadi sinaps, yaitu lapisan sinaps luar dan dalam.

Ketiga lapisan ini (searah dengan input visualnya) adalah lapisan sel fotoreseptor, lapisan sel bipolar dan lapisan sel ganglion.


Penyakit pada Retina Mata

Retina mata memiliki peran yang sangat penting dalam penglihatan, bila retina mata terkena penyakit tertentu makan penglihatan akan mengalami gangguan.

Penyakit retina pada mata sangat bervariasi, tapi sebagian besar dapat menyebabkan kelainan daya lihat. Sehingga hal ini akan membuatmu tak nyaman menjalani aktivitas sehari-hari.

Retina merupakan jaringan tipis yang melapisi sisi dalam dari bagian belakang bola mata. Retina memiliki jutaan sel yang sensitif terhadap cahaya (sel batang dan sel kerucut), serta sel saraf lainnya yang menerima dan mengelola informasi visual. Retina mengirimkan sinyal tersebut ke otak melalui saraf optikus.

Bila penyakit pada retina mata tak segera ditangani, tak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kehilangan daya lihat yang berat atau kebutaan. Berikut beberapa penyakit pada retina mata yang perlu ketahui.


Retinopati Diabetik

Retinopati diabetik adalah komplikasi dari penyakit diabetes yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di bagian retina mata. Kondisi ini bisa membuat retina menjadi bengkak dan bocor.

Hal ini bisa memicu terbentuknya pembuluh darah baru di retina. Pembuluh darah ini lebih rapuh, sehingga lebih mudah pecah dan dapat mengganggu penglihatan.


Ablasio Retina

Ablasio retina terjadi saat retina mata terlepas dari jaringan penyangganya. Kondisi ini tergolong masalah serius dan memerlukan penanganan sesegera mungkin. Karena tanpa penanganan yang tepat dan cepat, ablasio retina dapat menyebabkan kebutaan permanen.


Degenerasi Makula

Gangguan lain yang bisa menurunkan fungsi retina mata adalah degenerasi makula. Kondisi ini ditandai dengan penurunan kemampuan melihat yang disebabkan oleh rusaknya bagian pusat retina (makula).


Retinoblastoma

Retinoblastoma adalah jenis kanker mata yang terbilang langka dan dapat mengganggu fungsi penglihatan. Retinoblastoma lebih sering terjadi pada anak-anak, khususnya balita.

Biasanya tanda utama dari retinoblastoma adalah refleks mata kucing, yaitu munculnya pantulan cahaya berwarna putih pada bagian pupil mata, ketika terkena berkas cahaya atau blitz kamera.


Robekan pada Retina

Robekan pada retina dapat terjadi saat benda jernih yang menyerupai gel di tengah mata (vitreus) mengecil dan menarik retina dengan kekuatan yang cukup untuk menyebabkan kerusakan pada jaringan tersebut.

Hal ini seringkali disertai dengan timbulnya gejala secara tiba-tiba. Misalnya mata seolah melihat adanya jaringan-jaringan mengambang atau kilatan cahaya.


Retinal detachment

Kondisi ini disebabkan oleh adanya cairan di bawah retina. Hal ini umumnya terjadi apabila terdapat cairan yang melewati robekan retina yang menyebabkan retina terlepas dari jaringan di bawahnya.


Membran Epiretinal

Membran epiretinal merupakan adanya jaringan parut atau selaput yang berada di atas retina. Selaput tersebut dapat menarik retina ke atas, yang membuat daya lihat menjadi terdistorsi. Objeknya terlihat buram atau tidak berbentuk.



Cara Menjaga Kesehatan Retina

Jangan biarkan penyakit pada retina menyerang matamu, sebaiknya lakukan beberapa langkah agar retina tetap sehat.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Penuhi kebutuhan nutrisi, terutama vitamin A, C dan E, lutein, zinc, serta asam lemak omega-3. Kamu bisa mendapatkan berbagai nutrisi tersebut dengan mengkonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan laut dan telur.

2. Istirahatkan Mata

Jangan terlalu lama menatap layar ponsel atau komputer agar mata tidak lelah. Kebiasaan seperti ini bisa menyebabkan mata kabur, tidak fokus, mata kering, nyeri di pundak dan punggung. Sebaiknya istirahatkan mata 20 detik setiap 20 menit sekali.

3. Berhenti Merokok

Merokok berpengaruh dalam jangka panjang dan bisa mengganggu kesehatan secara keseluruhan, termasuk mata. Karena merokok bisa meningkatkan risiko terkena penyakit katarak, kerusakan saraf optik dan degenerasi makula yang bisa menyebabkan kebutaan.

4. Kunjungi Dokter Mata

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung menyambangi KMN EyeCare yang merupakan klinik mata dengan dokter mata terbaik di Indonesia dengan pengalaman bertahun-tahun di bidangnya.

Dokter KMN EyeCare menangani berbagai gangguan mata, di antaranya masalah pada retina, katarak, lasik, mata kering, glaukoma, mata juling dan yang lainnya.

Selain itu, KMN EyeCare juga menyediakan LASIK, oftalmologi pediatrik, retinopati pada bayi prematur, gangguan mata kering hingga okuloplasti & blefaroplasti atau bedah estetika mata.

Para dokter mata KMN EyeCare juga didukung oleh para profesional yang berkomitmen untuk memastikan kenyamanan kamu saat berkunjung ke klinik KMN EyeCare. Serta mendapatkan informasi lengkap selama proses pengobatan.

Lokasi KMN EyeCare terdapat di Kemayoran, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan, Pantai Indah Kapuk dan Semarang. Tiap klinik memiliki layanan katarak, retina, glaukoma, strabismus (mata juling) dan oftalmologi umum.

Jadi tunggu apalagi, jangan sampai penyakit pada retina menyerang ya!




























Jangan Biarkan Penyakit pada Retina Menyerang Mata, Pelajari Ini