-->

Tips Memilih Gamis yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

 


Memilih gamis mungkin cukup tricky apalagi jika harus disesuaikan dengan ukuran tubuh. Nah, tenang saja! Ada kok tips-tips supaya bisa beli gamis dengan ukuran yang pas dengan tubuhmu.


Gamis merupakan salah satu pakaian muslim favorit banyak orang. Pakaian ini punya potongan sederhana dan tidak repot untuk digunakan. Biasanya gamis tidak hanya digunakan untuk sehari-hari, tapi juga ke acara-acara penting.

Nah, memilih gamis bisa dikatakan cukup tricky karena potongannya yang longgar dan ukurannya yang panjang. Jika salah pilih, gamis justru terlalu ketat atau malah terlalu besar dan bikin tubuhmu tenggelam. Sayang kan kalau sudah punya model gamis terbaru yang diidamkan tapi malah nggak pas di tubuh kamu.

Berikut tips memilih gamis yang sesuai dengan ukuran tubuh. Disimak, yuk!

Gamis untuk Tubuh Kurus

Salah satu tips paling penting adalah mengetahui ukuran tubuhmu terlebih dahulu. Apakah kamu termasuk pemilik badan yang kurus atau lebih berisi. Untuk perempuan berbadan kurus, sebaiknya pilih gamis dengan potongan lebar di bagian bawah. Potongan lebar ini akan memberikan ilusi tubuh yang berisi. Selain itu kamu juga bisa mencoba gamis dengan banyak motif atau kain bertekstur supaya tubuhmu terlihat lebih berisi.
Gamis untuk Tubuh Berisi

Lalu untuk perempuan yang tubuhnya lebih berisi, justru jangan memilih model gamis dengan potongan lebar atau longgar. Kamu bisa memilih gamis yang benar-benar pas dengan badan. Gamis yang terlalu longgar justru membuat tubuh semakin terlihat besar. Selain itu, coba bermainlah dengan motif gamis yang sederhana atau warna-warna cerah. Kuncinya percaya diri, ya.
 

Gamis untuk Tubuh Mungil

Banyak dari kamu pasti yang memiliki tubuh berukuran mungil. Biasanya kamu pasti nggak tertarik pakai gamis karena ukurannya yang terlalu panjang, bikin badanmu tenggelam. Nah, triknya adalah pilih gamis dengan potongan di bagian pinggang. Gamis ini bisa menegaskan bagian torso dan membuat ilusi tubuhmu yang lebih tinggi atau jenjang.

Kamu juga bisa memilih gamis dengan motif di bagian atasan atau memiliki aksen brokat. Salah satu trik lainnya adalah menggunakan ikat pinggang tepat di pinggang supaya bagian tubuh terlihat jenjang.
 

Gamis untuk Tubuh Seperti Buah Pir

Banyak perempuan dengan bentuk tubuh pir yang kesulitan memilih gamis. Hal ini karena tubuh bagian bawah mereka lebih besar. Untuk tipe tubuh ini, sebaiknya kamu memilih gamis berpotongan longgar dan polos.

Selain itu cari gamis dengan model A Line. Model gamis ini sangat bagus untuk tubuh tipe buah pir karena memberikan ilusi yang cantik untuk tubuh.
 

Gamis untuk Tubuh Segitiga Terbalik

Tipe tubuh ini memiliki bahu yang lebar, tetapi tubuh bagian bawah yang kecil. Untuk itu, sangat disarankan untuk memilih model gamis dengan model potongan di bagian dada. Model ini bisa menyamarkan bagian atas tubuh yang lebar sehingga tubuh terlihat proporsional. Sementara bagian bawahnya kamu bisa mencari model lurus atau flare yang cantik.


Nah, setelah membaca tips di atas, ada lagi nih faktor yang harus kamu perhatikan saat memilih gamis yaitu materialnya. Pastikan materialnya nyaman untuk digunakan. Ini beberapa pilihan bahan gamis yang nyaman:

  • Katun: Teksturnya lembut dan halus. Selain itu, gamis berbahan katun juga tidak panas saat digunakan.
  • Spandek: Gamis ini cukup populer karena bahannya lembut, lentur, elastis, ringan, dan cepat kering jika sudah dicuci. Bahannya sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari sebagai pakaian kasual.
  • Wolfis: Gamis dengan bahan ini juga populer karena kainnya yang tebal dan tidak tembus pandang.Cocok untuk pergi ke kantor atau ke acara-acara penting

Jadi, sudah tahu kan cara memilih gamis yang tepat? Jangan sampai salah, ya.

Tips Memilih Gamis yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh
  1. Paling suka gamis yang bahannya dingin.. supaya adem terus pas dipake... Kayak katun gitu.. tapi kekurangan bahan kayak gitu mudah kusut.. huhuhu

    ReplyDelete
  2. Wah. Selama ini beli karena tertarik model nya doang. Ternyata juga perlu difikirkan juga ya berdasarkan bentuk tubuh. Pantes kadang gk cocok pas dipake 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak. Ngaruh banget ke visualnya. Kalo pilihannya pas sesuai bentuk tubuh, jatuhnya jadi cantik.

      Delete
  3. Aku bentuk buah pir, pantesan kalau pakai yang bahan spandek model lurus gitu kok nggak nyaman gitu. Ternyata pakai yang A Line lebih cocok ya utk aku. Thanks infonya mbak Alma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kan kamu tinggi ya. Model A line emang paling pas kayanya buatmu.

      Delete
  4. Wah ternyata susah-susah gampang ya milih gamis. Karena gak ada ukuran yang baku, gak kayak celana atau baju/kaos biasa.

    Yang bikin bingung, bentuk tubuh segitiga terbalik, macam mana pula itu, hahahaha..

    Pastinya kita pengen beli gamis dengan ukuran yang pas di badan kita ya. Terima kasih atas tipsnya... Very bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sampe bingung sendiri ya, Kak. Ternyata model bentuk tubuh bervariasi.

      Delete
  5. Wah, terima kasih tipsnya, Kak. Aku termasuk bertubuh mungil dan kurus nih, jadi sebaiknya pilih gamis yang A line ya biar agak terkesan gemukan dikit.
    Untuk bahan sehari-hari aku suka bahan katun dan spandeks yang simpel dan gak terlalu berat dipakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu bagus jg. Jadi bagian bawah bervolume.

      Delete
  6. Ternyata bentuk tubuh wanita beragam ya, Mbak.
    Dan baru tahu ada bentuk buah pir dan segitiga terbalik.
    Tapi memang, jangan utama tergoda model gamis. Sesuaikan dulu dengan bentuk tubuh, maka gamis enak dipakai dan jatuhnya pas di tubuh. Akhirnya menunjang penampilan juga.

    ReplyDelete
  7. Dulunya aku kira pakai gamis mah terserah. Yang penting nyaman dan tertutup. Ternyata enggak. Bahan dan modelnya ternyata dapat mempengaruhi penampilan ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, Mbak.
      Sekalinya udah nemu yang pas sama bentuk tubuh, pasti bakal terus beli yg model gitu. Karena nampak cocok.

      Delete
  8. Untuk tubuh tertentu emang kesulitan pilih gamis ya. Adikku pakai gamis apa aja gak cocok katanya.

    Kalau sekarang aku lagi suka pakai gamis bahan rayon. Adem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga termasuk yang susah milih gamis kak. Bentuk tubuhku bola sih. Ahahhaha...

      Delete
  9. Daku yang bertubuh mungil suka susah memilih gamis karena kadang kebesaran, kepanjangan, jadinya di permak. Tipsnya jadi masukan nih kak buat daku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo soal permak berari kita satu server. Aku juga tingginya di bawah rata-rata sih. LOL
      Jadinya selalu kepanjangan bagian kaki dan tangan. Solusinya sih mending jahit ya, jadi diukur pas badan.

      Delete
  10. Ini cocok banget nih buat saya yang juga sering membeli gamis. Banyak gamis salah pilih juiga karena salah mengaplikasikan sesuai bentuk tubuh. Jadi, habis ini harus lebih kreatif mencari gamis sesuai dengan postur tubuh biar makin oke penampilannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak iim.
      Siiip semangat memgenali kelebihan tubuh.

      Delete
  11. Aku engga berani kalo beli baju engga dicoba. Hehe...harus ke toko, engga berani beli online. Penting nih, bisa minta pertimbangan model gamis yg cocok, pas lagi dicoba sekalian di toko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih ya.
      Kalo langsung beli di toko rasanya lebih pasti.

      Delete
  12. Aku tipe bertubuh mungil nih. Ehmm boleh juga nih sarannya buat pake ikat pinggang. Klo aku biar trkesan tinggi pake high heels juga. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ngebantu banget tuh high heels. Pake heels saat bergamis itu bikin makin anggun. Cuma akunya ga kuat wkwkwk

      Delete
  13. Aku udah pernah punya gamis dengan bahan diatas. Semua punya kelebihan masing-masing ya kak. EHh btw aku jadi kangen bikin dress lagi deh karena baca artikel ini. MAklum dulu sempat kuliah jahit haha

    ReplyDelete
  14. dengan pilihan gamis yang tepat akan membuat penampilan jadi lebih baik dipandang dan juga akan nyaman dipakai ya kak. Model dan warna adalah utama

    ReplyDelete
  15. Aku banget yang ukuran mungil kak.. seringnya lebih suka jahit sama tukang jahit langganan ketimbang beli jadi. Kalo beli jadi sering motong lagi 🙈

    Makanya kalo jahit enaknya bisa pas bagian pinggangnya. Jadi gak ketauan deh pendeknya.

    ReplyDelete
  16. Bagi saya yang bertubuh kurus dan agak tinggi cocok-cocok aja sih milih gamis, hehe atau mungkin ukuran tubuh saya standar jadi banyak jual

    ReplyDelete
  17. waduh aku selama ini kurang memperhatikan mbak, asal pilih yg lucu oas dilihat..
    makanya suka zonk kadang kadang, hehe
    btw makasih tipsnya ya
    aku nanti jadi nggak akan salah pilih lagi

    ReplyDelete
  18. Kayaknya bentuk tubuhku mirip segitiga terbalik deh. Hmm, pakai bahan spandek emang asyik sih. Di badan adem juga.

    ReplyDelete