-->

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Diet Tinggi Serat



makanan-berserat-tinggi-untuk-diet

Hai, Teman-teman. Kali ini aku mau bahas tentang diet tinggi serat.
Ini pengetahuan bagus buat yang mau mulai atur pola makan seperti aku. Hehehe...
Setelah bersalin kurang lebih sebulan yang lalu, aku mulai mengatur strategi untuk jaga dan atur pola makan kembali. Tak lain dan tak bukan tujuannya biar lebih sehat aja sih. Ehmm, dan biar ga gampang pegal.

Asli loh, badanku ini bawaannya pegal terus-terusan. 
Hiks.

Nah, sekarang ini ada bermacam jenis tipe diet untuk turunkan berat badan. Salah satunya diet yang dipercayai sanggup untuk menurunkan berat badan secara cepat. Disebutnya diet tinggi serat. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi untuk diet  perlu dilakukan agar program diet berhasil dengan lancar. Lalu, seberapa efektifkah diet tipe tersebut dan bagaimana cara kerjanya? Untuk menjawabmya, ayo kita kenali dulu apakah itu serat dan peranannya untuk badan kita.

Apa yang Dimaksud dengan Serat?

Serat adalah karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah, sayur, dan beberapa biji-bijian. Tidak seperti karbohidrat yang lain, serat tidak gampang dipecah dan diolah oleh tubuh. Karenanya, serat malah akan menggelontor dan memperlancar mekanisme pencernaan dengan gampang sehingga tidak mengakibatkan peningkatan kandungan gula darah.


Itulah kenapa serat biasanya bisa membantu turunkan kolesterol, menahan sembelit, dan menangani bermacam permasalahan pencernaan.

Beberapa Jenis Serat

Serat terdiri dari dua jenis, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Apakah beda serat tidak larut dan serat larut? Berikut perbedaan yang bisa kita ketahui.

serat-untuk-diet

1. Serat tidak larut

Sesuai namanya, serat tidak larut tidak dapat larut dalam cairan. Serat ini berperan membantu menahan sembelit. Umumnya, serat tipe ini ditemukan di beberapa biji-bijian, sereal gandum, dan sayur seperti wortel, seledri, dan tomat.

2. Serat larut

Serat yang larut di air akan menyerap cairan sehingga bentuknya akan mengental dalam pencernaan Anda. Serat ini menolong mengatur kandungan gula dalam darah dan mengurangi kolesterol. Serat jenis ini dapat Anda dapatkan pada bubur gandum, kacang-kacangan, apel, buah berikan, dan pir.

Bagaimana Serat Dapat Turunkan Berat Badan?

Pada intinya, serat membantu mengurangi berat badan dengan membuat kita merasa kenyang meski tidak mengkonsumsi banyak kalori. Serat membangkitkan reseptor yang memberitahu otak jika kini saatnya stop makan.


Dalam hal ini serat tidak bekerja sendirian, serat perlu konsumsi air yang cukup agar dapat bergerak melewati sistem pencernaan. Selain itu, konsumsi air sekitar delapan gelas setiap hari untuk membantu melawan rasa lapar. Hal lainnya yang harus diingat, bila kamu merencanakan untuk melakukan diet tinggi serat, kerjakan dengan bertahap. Ini dimaksudkan agar badan sanggup beradaptasi. Perut terasa kurang nyaman, kram, bahkan juga diare menjadi efek samping bila kamu melakukan diet ini terlalu berlebih.


Para ahli mengatakan jika beberapa orang yang memperbanyak porsi makanan berserat dalam makanannya tanpa mengurangi porsi makanan yang lain kehilangan berat badannya sebanyak orang yang diet rendah lemak. Dari studi itu bisa diambil kesimpulan jika orang yang mengkonsumsi semakin banyak serat cenderung berbobot badan yang lebih sehat.

Makanan Tinggi Serat



Pada diet tinggi serat, kamu harus konsumsi makanan tinggi serat sesuai ketentuan. Wanita di bawah 50 tahun harus konsumsi sekurang-kurangnya 25 gr serat setiap harinya. Sedang pria perlu semakin banyak serat, yakni seputar 38 gr tiap hari.

Tentukan makanan yang paling alami yang tidak melalui banyak proses pengolahan, maka semakin tinggi seratnya. Disamping itu, seluruh buah dan sayur memiliki kandungan serat, umumnya serat terdapat dalam kulitnya. Itu berarti mengonsumsi apel, pir, anggur, dan jambu dengan kulitnya lebih bagus. Dengan syarata kamu telah mencuci dan membersihkan buah tersebut sampai bersih.


Berikut sejumlah tipe makanan yang dapat dimakan untuk melakukan diet tinggi serat:

  • Beberapa bijian dan gandum seperti bubur gandum (oatmeal), kuaci, dan chia seed
  • Roti, khususnya tipe roti gandum
  • Buah-buahan seperti pir, raspberry, blackberry, dan pisang
  • Sayur seperti brokoli, wortel, dan sawi

Manfaat Diet Tinggi Serat

Selain terbukti dapat menurunkan berat badan, ada sejumlah keuntungan lain dari diet tinggi serat, diantaranya adalah:

1. Membantu mempertahankan kesehatan usus.

Serat yang terdapat pada makanan meningkatkan berat dan ukuran feses dan menghaluskannya. Bila makanan yang dikonsumsi membuat feses lebih cair, serat akan menolong memadatkannya sebab serat menyerap banyak air. Disamping itu, diet tinggi serat turunkan resiko berlangsungnya wasir dan penyakit di usus besar.


2. Turunkan kandungan kolesterol
Serat yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan gandum membantu turunkan kandungan kolesterol pada darah. Studi sudah memperlihatkan jika makanan yang memiliki serat tinggi berguna untuk kesehatan jantung yang lain, seperti kurangi tekanan darah dan bengkak pada jantung.

3. Mengatur kandungan gula dalam darah

Serat larut bisa menolong memperlambat penyerapan gula dan membenahi kandungan gula pada darah. Diet sehat yang meliputi serat yang tidak larut dapat kurangi risiko diabetes tipe 2 (kencing manis).


Kesimpulan

Dalam melakukan program diet tinggi serat harus didukung oleh mengkonsumsi makanan berserat tinggi untuk diet. Dalam menjalani program diet agar berhasil tentunya harus mengikuti anjuran dokter maupun ahli gizi agar tidak menjadi bumerang jika program diet gagal dilakukan. Dengan mengkonsumsi makanan berserat juga bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang bisa menyerang siapa saja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk wawasan kesehatan kita yaaaa.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Diet Tinggi Serat
  1. Wahh.. Betul sekali, kebutuhan serat memang seringkali terlupakan dalam pola konsumsi sehari-hari, padahal metabolisme tubuh kita sangat memerlukannya.

    ReplyDelete
  2. Wahh.. Betul sekali, kebutuhan serat memang seringkali terlupakan dalam pola konsumsi sehari-hari, padahal metabolisme tubuh kita sangat memerlukannya.

    ReplyDelete
  3. hoooo, untuk diet diperlukan makanan yang tinggi serat yaa....cateeeeeet ah....biar badan sehat dengan makanan tinggi serat

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat sekali kak, trims apalagi aku nih yang bolak-balik pengen diet tapi hanya wacana ini hehehe

    ReplyDelete
  5. Btw untuk konsumsi seratnya, lebih bagus mana mbak antara serat larut n tdk larut buat mencegah kolesterol ini?

    ReplyDelete
  6. Makanan berserat sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi yang gemuk atau kelebihan berat badan. Tapi bagi mereka yang ingin diet juga harus memperhatikan caranya agar tidak jadi boomerang.

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata makanan berserat selain bisa untuk diet juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jadi mulai sekarang saya harus memperbanyak konsumsi makanan yang berserat ini supaya kesehatan tetap terjaga

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu nih mbak kalo serat itu ada jenis-jenisnya, terutama larut dan tak larut. Nambah wawasan perseratanku hehe, serat penting banget untuk pencernaan.

    ReplyDelete
  9. makanan berserta tinggi memang penting ya kak, banyak dari buah-buahan dan sayur mayur nih :) lebh sehat ya kak daripada makan goreng2an...

    ReplyDelete
  10. Kalau mau diet emang mesti hati-hati ya mbak. Harusnya diet dengan makanan berserat tinggi agar bisa tetap sehat. terimakasih infonya mbak.

    ReplyDelete
  11. Ternyata mengkonsumsi makanan berserat juga bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yahh. Baiklahhh, semangat makan yang berserat sebagai salah satu ikhtiar menuju hidup sehat 2021!

    ReplyDelete
  12. Harus semangat makan banyak makanan yang kandungan seratnya tinggi nih... Pola hidup yang sekarang sering begadang dan makan banyak perlu diimbangi cemilan buah dan sayur. Trimkasih infonya Kak..

    ReplyDelete
  13. Serat memang is the best buat tubuh. Bagus juga untuk menekan kolesterol jahat. Soalnya aku dulu pernah kena kolesterol dan rasanya gak karuan deh di leher sama kepala. Coba dulu aku udah kenal Nutrivebenecol

    ReplyDelete
  14. Minum air putihnya harus banyak kalo mau makan tinggi serat. Biasanya saya dulu pas sempat diet tinggi serat pas mau nikah (hehehe), suka makan beras merah juga.Intinya juga konsisten ya mba. Kalo diputus di tengah, waaah sia-sia aja perjuangan saat memulainya.

    ReplyDelete
  15. Makanan berserat emang ngefeknya bagus yaa kak ke usus. Bersihin pencernaan jugaa. MasyaAllah

    ReplyDelete
  16. Aku udah kurus badannya jadi nggak pernah tuh melakukan program diet. Tapi infonya bagus banget kak. Kita emang kudu sering makan sayur dan buah ya. Selain buat diet juga bagus buat kesehatan badan

    ReplyDelete
  17. Saya pernah dengar, asal kulit buah bisa dimakan, memang sebaiknya makan buah bersama kulitnya. Ternyata manfaatnya memang banyak.

    ReplyDelete
  18. Umumnya serat terkandung pada kulit buah.
    Berarti cara makan buah saya selama ini salah ya, kalau makan apel atau jambu, pasti saya kupas dan buang kulitnya

    ReplyDelete
  19. Saya mau tanya, apa itu buah berikan? Masuk dalam kategori Serat Larut. Trima kasih

    ReplyDelete
  20. Nah ini wajib dicoba ya buat yang mau diet, kalau aku sih nggak bisa diet yang ada pengen nambah berat badan hahaha. Terima kasih kak informasinya sangat berguna nih.

    ReplyDelete
  21. Artikel bermanfaat. memotivasi supaya lebih sehat. Perbanyak serat ya supaya sehat. meskipun badang tak begitu berat. hehe...

    ReplyDelete
  22. Penting banget ya Mbak, arti serat bagi tubuh kita, menggelontorkan dan memperlancar mekanisme pencernaan dengan gampang. Masyaallah, I luv you, fiber food ^^

    ReplyDelete
  23. Lagi pengin memperbanyak asupan serat juga, tapi dari sekian banyak makanan mengandung serat, baru pisang yang mudah didapat dan disukai. Roti gandum sebenarnya mudah juga, tapi kurang suka.

    ReplyDelete
  24. Artikel macem gini yang kudu banyak kubaca. Secara aku nggak doyan sayur, kurang serat dan gemuk hahaha. Duh bener2 kasihan juga ini tubuh. Makasih infonya ya kak, patut diterapkan

    ReplyDelete