Solusi Mual Saat Hamil



Saat hamil ada beragam sindrom yang dirasakan oleh para mama. Aku sendiri belajar banyak dari masa kehamilan pertamaku dulu. Mual saat hamil adalah salah satu bentuk sindrom kehamilan yang pasti muncul, terutama pada trimester awal.


Nah, berbekal pengalaman itu akhirnya aku sudah siap sedia untuk kehamilan kedua kali ini. Seperti pada umumnya, rasa mual ketika hamil mulai kurasakan. Bahkan hingga usia kandungan sudah menginjak 16 minggu. Masyaallah.


Sementara teman-teman tahu dong kalau bumil itu banyak pantangannya. Ada banyak makanan harus dipilih. Semua itu demi menjaga kesehatan ibu dan janin. Contohnya, salah satu menu kesukaanku yaitu tempoyak. Sejak hamil ini sudah mulai harus kubatasi.


Begitu juga dengan obat-obatan. Penggunaan obat waktu hamil harus dengan pengawasan dokter atau bidan. Jadi, waktu aku merasakan mual saat hamil pertama dulu, yang kulakukan adalah bertahan. Alias gegoleran- berbaring di kasur sambil menahan mual itu. Waktu itu aku takut sekali. Maklumlah ya, namanya juga anak pertama.

Makanan yang Baik Saat Hamil

Pada dasarnya, ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibanding sebelumnya. Karena ada janin yang akan ikut tumbuh dan berkembang.


Pengalamanku dari konsultasi kehamilan pertama dulu, dokter menganjurkan untuk banyak makan-makanan yang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B.


Ada juga asumsi tentang porsi dobel saat hamil. Ternyata, tidak begitu menurut penjelasan dokter yang kutanya. Bahwa memang betul ada janin yang ikut 'makan' tapi bukan berarti jadi dua kali lipat juga. Hehehehe.


Makanan yang baik saat hamil adalah semua makanan sehat dan bergizi. Tidak ada larangan khusus kecuali memang ada penyakit yang menyebabkan kontra terhadap apa yang dikonsumsi. Walaupun demikian, tetap hindari minuman bersoda sih kalau aku pribadi.


Menurutku, penting juga untuk mencatat makanan apa saja yang sekiranya sering menyebabkan mual. Karena memang 'bawaan' bayi itu berbeda.


Seperti kehamilan pertama dulu dan yang sekarang. Kalau dulu aku sempat anti dengan bawang-bawangan karena membuat auto-mual. Sekarang, justru makanan berminyak dan pedas yang membuatku mual hebat.


Yang bisa masuk ke perutku hanya rebus-rebusan deh!


Produk Andalan Ibu Hamil

Agak berbeda dengan kehamilan yang lalu. Sekarang,aku sudah mengenal produk-produk aman. Produk khusus yang memang diperuntukan untuk para bumil (ibu hamil) dan busui (ibu menyusui).

Ada beberapa produk yang jadi semacam hal wajib untuk selalu dekat denganku.

  • Minyak Aroma Terapi
  • Balsem
  • Minuman Serbuk Jahe
  • Permen


Keempat produk-produk itu selalu ada didekatku. Setiap pergi pun aku selalu masukkan ke dalam tas. Pun kusiapkan di laci meja kerjaku. Sengaja aku tinggalkan di sana untuk berjaga-jaga.


Kenapa aku perlu minyak aroma terapi? Simply untuk mengurangi rasa tak nyaman. Saar ini radar penciumanku mulai tajam. Segala aroma cepat sekali sampai ke hidung ini. Beberapa membuatku pusing dan mual. Untuk itu, aku perlu wangi-wangian semacam minyak esensial atau aroma terapi itu.



Balsem? Aku perlu balsem. Bagian tulang belakangku sering terasa nyeri. Balsem menjadikannya hangat dan lumayan mengurangi rasa nyeri itu. Jadi, ini adalah produk kedua dalam daftar wajibku.


Sama halnya dengan minyak urut alias massage oil, itulah fungsi balsem bagiku.

Sekarang sih aku ga perlu bawa minyak dan balsem lagi. Aku sudah pakai massage oil dari Mama's Choice.


Ini tuh jadi semacam produk andalanku yang digabung jadi satu. Ada aroma terapinya, yaitu aroma lavender yang enaaaak banget. Trus juga sudah kasih rasa hangat saat diaplikasikan. Pas!!!


Saat mual menyerang, aku suka dipijat. Sedikit pijatan di punggung dan leher bagian belakang rasanya tuh mujarab banget. Apalagi kalau pakai massage oil dengan aroma yang menenangkan. Ditambah dengan efek menghangatkan, rasanya maknyus!!!

Selanjutnya adalah minuman serbuk jahe. Ini efektif sekali membuat perutku tenang. Ketika lewat melalui tenggorakan pun terasa hangat. Ga pernah absen deh bawa jahe kemasan sejenis itu. Di kantor tinggal kuseduh dengan air hangat. Enaaaaak!


Terakhir adalah permen. Bukan untuk mual sih. Aku butuh permen karena kadang lidahku terasa hambar. Bahkan pernah juga rasanya pahit. Entah kenapa pokoknya, kalau sudah begitu aku butuh permen untuk menetralkannya. Agar makanan lain yang kumakan kelak bisa terasa.


Setiap orang, dalam setiap kesempatan kehamilannya punya kebiasaan tertentu dalam menentukan produk andalannya. Tinggal harus pandai-pandai memilih produk yang aman, sehat, dan terpercaya.

Pregnancy Supplement Pilihan

Untuk suplemen kehamilan, aku biasanya ikut resep dari dokterku. Sebagai tambahannya, seperti minuman kesehatan, aku sudah mengenal produk dari Mama's Choice Supplement Pregnancy.


Aku sudah mengganti minuman serbuk jaheku dengan salah satu produk dari Mama's Choice ini. Kandungannya tidak hanya jahe yang selama ini jadi andalanku untuk menenangkan perut, ada lemonnya juga nih. Ditambah ada vitamin B nya yang penting untuk kesehatan sekaligus mengurasi rasa mual.


Aku ingat waktu baru pertama sadar bahwa sedang hamil, bidan yang kudatangi memberikan pil pengurang rasa mual. Ketika kubaca, vitamin B lah yang terkandung di dalamnya.



Nah, dengan Mama's Choice Supplement Pregnancy ini rasanya udah lengkap. Pengurang mualnya ada, rasa hangat dan segar pun ada. Pantas saja jadi rekomendasi untuk mengatasi morning sickness relief.


Suplemen dari Mama's Choice ini langsung terasa cocok buatku. Mungkin karena aku memang masih di fase serba mual kali ya? Jadi, efeknya sangat terasa.

Aroma jahe yang khas itu langsung membuatku merasa rileks. Apalagi setelah diminum, terasa hangatnya. Ada sensasi asam yang membuatnya makim segar. Karena aku kerja pagi, beberapa sachet sudah aku siapkan di laci meja kerjaku. Buat berjaga siapa tau aku mual kan yaaa…



GAMBAR

Sstttt…

Saking enaknya, teman kerjaku ada yang ikutan icip nih. Katanya emang seger. Well, ga cuma buat bumil kan ya? Inikan minuman sehat, siapa aja bisa minum dong.

Selain suplemen ini, aku juga pakai beberapa produk Mama's Choice lainnya. Seperti massage oil tadi, juga pasta gigi dan mouth wash khusus bumil.
Produk-produknya ini sudah diformulasikan agar membuat para bumil nyaman. 


Siapa yang sangat menghindari bagian sikat gigi di trimester awal???

Aku sih sempat tuh. Setiap mau sikat gigi udah males duluan karena takut muntah. Ternyata kandungan pada pasta gigi biasa itu memang potensial bikin rasa mual.

Nah, pasta gigi dari Mama's Choice sih aman.

Pasta giginya itu tidak mengandung fluoride. Jadi, tidak memancing rasa mual ketika dipakai. Keren kaaan!!!

Pokoknya aku jadi jatuh cinta dengan produk-produk Mama's Choice ini. Sangat membantu #KurangiWorry banget lah bagi para bumil dan busui. Karena produknya itu sangat ngertiin kita.
Bahannya aman, teruji, halal, dan juga natural.




Para bumil dan busui yang mau beli produknya ini bisa banget ke official storenya Mama's Choice di Shopee ya.

Ada potongan loh pas belanjanya pake kode voucher 'MAMAFARAZ'


Yuk, sehat dan happy selama hamil bareng!

Solusi Mual Saat Hamil