Jangan Diabaikan, Inilah Ciri – Ciri Demam Berdarah di Fase Awal


Sumber : pexels.com


Di musim hujan, berbagai penyakit muncul, salah satunya yaitu demam berdarah. Penyakit ini bisa dikenali dengan gejala yang terjadi. Namun, karena kurangnya perhatian dan pengetahuan, biasanya gejala yang muncul sering diabaikan dan dianggap sebagai pertanda dari penyakit lain. Sehingga, penanganan bisa saja terlambat jika dibiarkan terlalu lama. Oleh karena itu, mengetahui apa saja tanda dan gejalanya sangatlah penting.

Demam berdarah termasuk penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk tersebut membawa virus dengue yang menjadi penyebab seseorang mengalami infeksi. Ciri – ciri demam berdarah yang dialami oleh seseorang biasanya dimulai setelah empat hingga sepuluh hari setelah penderita mengalami gigitan nyamuk. Bagi anak – anak, gejala yang terjadi biasanya lebih parah daripada orang dewasa. 


Mengenali Gejala Awal Penyakit DBD

Penanganan medis yang tepat harus segera dilakukan saat seseorang mengalami penyakit demam berdarah. Jika tidak, maka akibatnya bisa fatal. Mengenal perbedaan yang muncul dari penyakit ini sangat penting agar bisa segera mengambil tindakan apabila dialami oleh keluarga atau orang terdekat. Di bawah ini adalah beberapa ciri - ciri demam berdarah:

1. Mendadak Demam Tinggi

Demam tinggi menjadi salah satu dari ciri – ciri demam berdarah yang harus diperhatikan. Gejala atau tanda ini menjadi awal dari munculnya gejala yang lain. Mungkin demam dianggap sebagai penyakit biasa yang menjadi pertanda dari penyakit lain. Namun, demam yang terjadi bagi penderita demam berdarah yaitu bisa mencapai 40 derajat celcius! Jika demam ini menjadi pertanda dari penyakit lain, mungkin tidak seperti ini. Penderita demam berdarah biasanya akan mengalami demam selama 2 hingga 7 hari.

2. Nyeri Otot

Ciri – ciri demam berdarah selanjutnya yaitu penderita akan mengalami nyeri otot. Kondisi ini biasanya terjadi setelah gejala demam. Tak hanya nyeri otot, penderita biasanya juga akan menggigil dan berkeringat di waktu tertentu seperti di malam hari. Ciri – ciri ini bisa menjadi pembeda atau tanda lain yang bisa diingat sehingga apabila gejala ini terjadi, penanganan yang tepat bisa segera dilakukan.

3. Sakit Kepala Parah dan Sakit pada Bagian Belakang Mata

Tak hanya demam, penderita demam berdarah biasanya juga akan mengalami sakit kepala parah dan tidak biasa. Rasa sakit ini akan muncul di sekitar dari. Bahkan, rasa sakit ini juga bisa menjalar hingga ke bagian belakang mata. Selain nyeri otot, gejala atau pertanda ini bisa menjadi pembeda dari penyakit lain. Penderita demam berdarah akan mengalami sakit kepala parah dan sakit di bagian belakang mata.

4. Mual dan Muntah

Seseorang yang mengalami masuk angin mungkin juga akan mengalami gejala mual dan muntah. Namun, bagi penderita demam berdarah, gejala ini juga dialami. Masalah pencernaan berupa mual dan muntah juga bisa menjadi ciri – ciri demam berdarah yang perlu diketahui dan tidak boleh diabaikan. Penderita biasanya akan mengalami kondisi ini selama 2 sampai 4 hari.

5. Kelelahan

Setelah mengalami berbagai gejala di atas, gejala yang dialami penderita demam berdarah tidak berhenti sampai disitu. Penderita akan mengalami pertanda lain seperti kelelahan. Alasannya karena masalah pencernaan yang terjadi bisa menurunkan nafsu makan, kondisi ini terus berlanjut hingga membuat tubuh menjadi lelah. Penyebabnya karena asupan makan yang kurang dan sistem imun tubuh yang terus menjadi lemah.

Itulah 5 ciri demam berdarah yang tidak boleh diabaikan. Dengan mengetahui gejala atau tanda tersebut, setidaknya Anda bisa waspada saat sakit dan bisa segera mendapatkan penanganan medis yang tepat apabila memang benar mengalami penyakit demam berdarah.

Jangan Diabaikan, Inilah Ciri – Ciri Demam Berdarah di Fase Awal
  1. Waduuh... harus waspada nih, apalagi kalau gejalanya mirip-mirip sama om corona

    ReplyDelete
  2. Skg pada fokus covid, padahal viris bukan cuma corona.. banyak virus dan bakteri mengancam kesehatan.. pola hiduo sehat salah satu obat paling mujarab drpada obayt shinsee wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang. Intinya kudu jaga kesehatan dimulai dari kebiasaan kebersihan diri yaaa

      Delete
  3. blog nya kereeenn mbak, aku diprivate biar bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkww baru baca akyu mbak. Bisa aja mbak Andhin aah

      Delete