Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Baju



Aku mau share tentang cara menghilangkan bintik hitam di baju. Soalnya nih ya para emka pasti related banget nih soal bintik-bintik hitam di baju gini ya kaaan???


Sebelumnya aku cerita dulu nih, kenapa akhirnya aku mau nulis tentang cuci-mencuci ini. Ga lain ga bukan karena emang salah satu agenda kerjaan domestikku ya cuci baju.

Entah kenapa juga nih, aku paling suka sama warna putih. Baju-baju Baby F pun paling banyak kubelikan yang warnanya putih. Padahal, nyuci pakaian warna putih tuh sebenernya superrr duperr challenging looh.

Pertama, karena pakaian putih itu mesti dicuci terpisah. Ini urusannya demi warnanya ga nyampur. Jadi, tetap putih bersinar gitu.

Kedua, pakaian putih itu gampang buluk sekalipun sudah dicuci dengan cara dipisah. Ini aku alami langsung sih. Baju-baju putihnya kami sekeluarga itu udah dicuci dengan hati-hati, tapi masih aja warnanya ga seputih awal beli. Cenderung gampang menguning dan ujung-ujungnya jadi buluk. Sebel banget kan tuh!

Dua alasan tadi itu sudah sangat cukuplah bagiku buat menjelaskan betapa challengingnya merawat baju-baju putih ini.

Apalagi nih ya, kalau bajunya sering dipake dan ga rajin digantung, akan ada kejutan yang bikin kita ngedumel. Yaitu, bintik hitam!!!

Semua serat kain sebenarnya rentan terpapar noda bintik-bintik hitam. Tanpa pengecualian warna apapun. Apalagi buat warna putih. Makin nampak jelas jika sudah terpapar noda bintik hitam.

Aku akan share beberapa caraku menghilangkan noda bintik hitam pada baju-bajuku selama ini. Ini berdasarkan pengalamanku yaa...

Nah, untuk itu kita perlu tahu dulu apa saja penyebab noda bintik-bintik hitam itu. Sepanjang pengetahuanku yang modal pengalaman doang ini, bintik-bintik hitam itu muncul karena serat kain kita lembab.

Seringnya aku temukan pada mukenah nih. Kan habis berwudhu, kemudian kita pakai mukenah. Otomatis air sisa wudhu tadi membuat kain mukenah basah. Idealnya, gantung mukenahmu setelah dipakai. Baik menggunakan gantungan baju (hanger) atau dikaitkan di tempat gantungan belakan pintu.

Tujuannya agar kain yang sempat basah tadi bisa terkena angin dan perlahan mengering. Sayangnya, kebiasaan yang ada setelah pakai mukena tidak langsung digantung melainkan dilipat dan digulung dalam sejadah. Betul ga?

Kebiasaan inilah yang berpotensi membuat bintik-bintik hitam pada kain mukenah. Karena kondisi lembab itulah ia muncul. Seperti jamuran.

Pada bajupun demikian. Seringnya, baju sekolah atau seragam yang telah selesai dipakai, tapi belum akan dicuci. Baiknya ya digantung juga. Jangan asal ditumpuk karena bisa menyebabkan lembab seperti kasus mukenah tadi.


Kalau memang sudah terlanjur jadi bintik-bintik hitam, maka lalukan beberapa hal ini untuk menghilangkannya.


  1. Pisahkan baju yang terkena noda bintik-bintik hitan dengan yang masih aman. 
  2. Rendam dengan air hangat.
  3. Kemudian baru dicuci (agak disikat yaaa...)

Semoga bajumu kembali bersih tanpa bintim hitaaam.

Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Baju
  1. Wah, terima kasih Alma atas ilmunya perihal cara menghilangkan bintik hitam di baju. Nanti aku bagi tahu ilmunya ke Emak biar gampang hilangi bintik tersebut yakni pisahkan, rendam dengan air panas dan sikat

    ReplyDelete
  2. wah harus direndam air hangat ya mba, baru tau ini hehe

    ReplyDelete
  3. Makasih tipsnya kak. Cari2 referensi buat ngilangin noda di kemejaku, alhamdulillah ketemu.hehe

    ReplyDelete