Senin, Oktober 14, 2019

Liburan Bawa Bayi Tanpa Ribet Bersama Traveloka Xperience



Sebagai full-time IRT, aku paling senang ketika Pak Suami kirim pesan WhatsApp yang isinya jadwal cuti. Artinya aroma liburan sudah tercium. He he he.

Maklum, semenjak hamil Faraz kerjaku diam di rumah saja. Sempat ada rencana Babymoon ala-ala ketika usia kandungan sudah agak kuat. Tapi kenyataan berkata lain. Aku malah disuruh bedrest karena satu dan lain hal. Gagal deh pergi liburan.

Syukurnya, Doi masih mengingat rencana itu. Kemudian terealisasi lah liburan pertama kami bersama seorang bayi.



Baca:

MERENCANAKAN BACKPACKER DARI PALEMBANG KE BELITUNG



Rasanya senaaaang sekali. Meskipun bersama rasa suka cita itu ada terselip perasaan khawatir. Takut ribet bawa bayi, takut repot dalam perjalanan, takut ini, takut itu, baaanyaaaak sekali.


"Bukankah kita tidak pernah tahu kalau belum mencoba?"


Akhirnya, aku kembali bersemangat dengan bekal kalimat lawas itu. Tak ada salahnya mencoba kan?

Perasaan takut ribet itu akhirnya dipatahkan. Aku kan punya akun Traveloka, urusan tiket sudah jelas aman tanpa ribet deh. Urusan hotel? Aaaamaaan. Segitu aku sudah sangat terbantu. Apalagi sekarang ada fitur terbarunya, yaitu Traveloka Xperience.



Ada banyak sekali kategori yang bisa dipilih melalui fitur baru ini. #Xperienceseru yang sungguh sayang untuk dilewatkan. Ada promo deal yang bikin aku geleng-geleng kepala. Bayangkan kalau liburan cuti kemarin sudah tersedia fitur Traveloka Xperience ini? Pasti untung banyak deh aku.

Ceritanya, 3 bulan yang lalu kami memilih Kota Batu sebagai destinasi liburan kedua kalinya bersama bayi kami. Teman-teman pasti tahu, ke Batu belum seru kalau tidak ke Jatim Park, Museum Angkut, dan Agrowisatanya toh?



Nah, kami pun menjajal tempat-tempat itu. Kami membeli tiket masuk on the spot saja waktu itu. Ngenesnya, ketika ada Traveloka Xperience ini aku langsung cek ketersediaan tiket ke tempat rekreasi itu. Astaga, seandainya oh seandainya liburannya sekarang aja. Untung banyak deeeh. Diskon promonya super kece emang.

Tapi, bukan berarti aku jadi menyesali liburan yang lalu. Toh, semua tiket pesawat dan penginapan semasa ke Batu itu, aku selalu pakai Traveloka juga. Sudah dapat banyak untungnya juga sih. Hehehe...

Dan jelas ga ribet walaupun bepergian liburnya bawa bayi. Karena sudah beres semua pakai Traveloka. Alhamdulillah.

Ada sedikit tips yang bisa kurangkum untuk teman-teman yang punya rencana berlibur bersama bayi dan takut ribet.




Nah, mumpung bulan ini udah masuk lagi jadwal cuti Pak Suami, aku ga mau ketinggalan promo-promo seru yang tersedia dalam fitur terbaru Traveloka Xperience kali ini.

Well, cutinya sih ga lama kaya sebelumnya. Cuma seminggu aja. Jadi, kita memutuskan untuk berlibur di sini aja. Ceritanya mau enjoy Palembang aja. Ehehehe...

Rencana sederhana


Itinerary-nya sederhana tapi tetap harus detail. Maklum, selain karena sudah terbiasa begitu, aku kan pergi berliburnya masih bawa bayi. Jadi, harus meminimalisir kesulitan yang mungkin dihadapi. Salah satunya ya dengan menyiapkan itinerary atau rencana perjalanan-kegiatan yang akan dilakukan.

Walaupun hanya pergi berlibur ke ibukota provinsi yang hanya 5 jam dari kota domisiliku, rencana tetap harus tertata rapi ya, Teman-teman. Ini adalah salah satu kunci untuk tips seru berlibur dengan bayi tanpa ribet.


"Tidak ada yang dapat menggantikan tindakan yang didukung oleh rencana yang matang." (Greg S. Reid)


Walaupun tetap saja: Manusia berencana, Tuhan yang menentukan.

Minimal sudah ada usaha toh? 

Ini aku coba bagikan tips liburan seru tanpa ribet bersama bayi. Ini berdasarkan pengalamanku aja ya. Hal-hal pentingnya sudah tersedia dalam gambar di atas.

Berikut beberapa hal esensial yang perlu diperhatikan:


1. Menentukan Destinasi

Setelah dapat informasi jadwal cuti, aku dan suami merencanakan kegiatan apa yang ingin kami lakukan. Apakah stay di rumah atau bepergian?

Seperti yang sudah kuceritakan tadi, libur cuti kali ini hanya seminggu. Kami ini mencari suasana yang berbeda dari biasanya, sehingga direncanakan untuk ke Palembang saja selama 2 hari. Lumayan lah buat cuci mata.


2. Memilih Transportasi dan Akomodasi

Untuk urusan transportasi dan akomodasi, aku selalu memercayakan layanan dari Traveloka sejak dulu. Selain fiturnya memudahkan, setiap transaksi akan mendapatkan poin. Nantinya poin-poin ini bisa ditukarkan dengan beragam voucher. Untung banyak deh pokoknya!

Dari tempat tinggalku saat ini, lebih nyaman menggunakan moda kereta api. Karena bebas macet, jadi bisa tiba di Palembang lebih cepat daripada naik mobil atau bus DAMRI.

Sayangnya, hanya ada dua pilihan jam keberangkatan kereta ini. Siang atau malam. Dengan beberapa pertimbangan, kami berencana menggunakan kereta siang kelas ekonomi. Hanya itu yang tersedia.

Untuk akomodasinya, aku masih menggunakan fitur hotel dari Traveloka. Tinggal masukkan saja kota tujuan, maka akan tersusun pilihan hotel dan penginapan yang bisa dipilih sesuka hati dan sesuai budget.


3. Memilih Kegiatan

Selama berlibur, ini adalah bagian yang tak kalah penting. Apa yang akan kita lakukan di destinasi liburan tadi? Apakah akan menikmati hari dengan layanan hotel alias staycation? Atau ada agenda khusus yang ingin dilakukan?

Baca:

HOTEL DI PALEMBANG BUAT STAYCATION: HADIAH ULTAH DARI SUAMI



Aku berencana untuk mengajak bayiku main di playground. Melihat aksinya yang semakin aktif, aku tertarik untuk mencoba mengajaknya ke Kidzooona. Sebelumnya aku pernah ke sana mengajak dua keponakanku, sementara bayiku belum terlalu pas untuk main di sana, jadi hanya menunggu di luar saja saat itu. Nah, kali ini aku mau ajak dia main sepuasnya dan bereksplorasi di sana.

Ada promo Traveloka Xperience. Asyik!!!

Mumpung nih, ada best deal price #Xperienceseru senangnya hari mamak. Liburan hemat, untung berlipat!


4. Pilih Tempat Makan

Saat berlibur, penting banget semuanya sudah dipersiapkan. Termasuk pilihan tempat makan. Kenapa? Karena waktu liburan itu harus dimaksimalkan. 

dok. Dapurkenhomemade


Biasanya aku sudah mencari tahu dari akun-akun informasi jajan. Jadi, aku sudah ada bayangan mau makan apa saja selama berada di tempat liburan. Seperti di Palembang ini, aku ingin sekali makan pindang telok ikan gabus. Nyaaaam...


5. Perlengkapan Perjalanan

Ini istilah yang kupakai sih. Maksudnya adalah bawa keperluan secukupnya selama perjalanan. Misal keperluan bayi seperti popok, susu, dan cemilan tidak perlu bawa banyak. Bawa saja yang untuk dalam perjalanan. Nanti di tempat tujuan bisa beli sesuai kebutuhan berapa lama di sana. Jadi, ga makan tempat.

Dengan catatan, kita sudah kenal medan ya. Seperti rencana liburan ke Palembang ini, aku sudah tahu bahwa keperluan itu tersedia dan mudah diperoleh nantinya.

Oya, belajar dari pengalaman liburan pertama dengan bayi ke Belitung itu, aku mau pesan: ga usah bawa stroller.

Alasannya karena makan tempat, susah bawanya, dan ga terlalu dipakai. Saat ini ada banyak jasa sewa stroller kok kalo memang diperlukan. Daripada ribet, apalagi yang model liburannya semi-backpacker kayanya emang kurang pas.

Aku masih bawa gendongan. Untuk jaga-jaga saat bayi mulai ngantuk dan capek jalan. Ini lebih ringkas menurutku.



Intinya, persiapkan segala sesuatunya dengan matang ya. Urusan tiket-tiket perjalanan, wisata, ataupun booking penginapan selesaikan sebelum berangkat. Biar ga ribet!!!

Urusannya serahkan pada Traveloka aja yaaa... Asli no ribet, hampir semua layanan tersedia. Baik untuk layanan dan jasa dalam negeri maupun luar negeri.

Itulah cerita dan sedikit tips berlibur seru dengan bayi tanpa ribet bersama Traveloka Xperience dari aku. 

Selamat berlibur yaaa...

47 komentar:

  1. Sekarang gak ada alasan untuk gak jalan2 kalau ada bayi ya.. Segala keribetan jadi kemudahan..

    BalasHapus
  2. Wayahe wayahe..
    Wayahe cutii..Traveloka dulu

    BalasHapus
  3. Yeayy! Aku juga cinta banget sama fitur terbaru dari Traveloka ini, mbak. Bener-bener memudahkan liburan ya. Bawa bayi pun ga masalah karena udah dibantu semua-muanya sama Traveloka Xperience. Lovee!

    BalasHapus
  4. Perjalanan jauh ku bareng si kecil tuh pas mudik ke jatim. Wah bayinya seneng dan ceria, akunya yang pegel hahaha
    Alhamdulillah walau punya anak, tetep bisa hepi ya kan mbak, walau jalan sebentar aja

    BalasHapus
  5. Traveloka Xperince ini emang mempermudah kerja emak-emak banget ya mbak. Asyik bener nih liburannya. Semoga bisa menag ya biar hadiahnya buat modal jalan-jalan bareng traveloka lagi. Hehehe... salam anak merenem ^^

    BalasHapus
  6. Setuju banget sih Selain kita menyiapkan keperluan untuk liburan, kita juga harus merencanakan liburan nya mau kemana dan nginap dimana. Pakai Xperience liburan Jadi lebih mudah dan happy

    BalasHapus
  7. waw bisa main di Kidzoona juga ya pakai Traveloka Xperience ini, seru ya bisa pilih tempat liburan yang indoor maupun outdoor

    BalasHapus
  8. Paket lengkap banget ya Traveloka Xperience ini semua ada mulai dari kebutuhan travel sama lifestyle.

    BalasHapus
  9. Kerenn liburan sambil bawa bayi... tapi sepakat sih, klo sudah direncanakan, kita jadi lebih siap secara mental. Aku juga sangat perencana hehehe i feel you

    BalasHapus
  10. Praktis banget yaa pake traveloka untuk liburan, nyaman pergi sama keluarga hihi, gak ribet soalnya

    BalasHapus
  11. Pakai traveloka xperience lengkap semuanya satu aplikasi bisa semuanya praktis akupun kmarin dah coba nonton dn bli camilan

    BalasHapus
  12. Betul juga ya. Kalau traveling sama bayi kudu menghindari antre. Pake traveloka xperience ini jawabannya

    BalasHapus
  13. Dulu baby masih kecil belum ada nih aplikasi hahahaha sekarang udah gedean ya selalu always nggak pernah never deh dengan Traveloka . Enjoy kak

    BalasHapus
  14. Semakin mudah dan praktis pake traveloka. Rencana januari aku mau ke malang kayanya udah bulet deh uplek uplek akomodasi sm transportasinya pake traveloka haha

    BalasHapus
  15. ongan bayinya cakep. Saya jadi pengen jika nanti dikasih izin Allah untuk hamil lagi, hi hi. Pernah liburan ke Bandung dengan tujuan Tadjimalela, Baladewa, Binong, dan Riung Bandung untuk mengunjungi saudara suami dan saya. Gendongan bayi belum saya temukan yang nyaman kayak punya Kak Alma. Jadinya kasihan Palung juga karena mamah kerap tidak nyaman gendong bayi dalam perjalanan yang ada jalan kakinya juga.
    Penting banget untuk punya gendongan bayi kualitas bagus agar mama dan bayinya sama senang dan nyaman.
    Traveloka Xperience memudahkan orang tua yang ingin liburan bareng bayi mereka. Membantu banget karena bikin kita bisa merencanakan dengan detail.

    BalasHapus
  16. Traveloka experience memang top deh.. semakin lengkap semua feature yang ada. Apalagi kalo ditambah ada promo, untung besar deh jadinya.

    BalasHapus
  17. Pasti ashek tuh liburan bisa bawa dede bayinya ya..

    BalasHapus
  18. Waah iya juga ya pesen dari Traveloka Xperience tiket wisata Kota Batu-nya. Kebetulan nih mba ada rencana ke sana. Enaklah sekarang ngga perlu ribet antri beli tiket on the spot. Btw selalu salut sama pasutri yang liburan bawa bayi. Kalian luar biasaaa!

    BalasHapus
  19. Emak hepi, bayi hepiii
    Beneran Traveloka Xperience ini juaraaakkk

    BalasHapus
  20. Aku kalau bawa bayi biasanya milih banget di urusan transportasi dan Hotel. Nyari yang nyaman dan fasilitas nya memadai

    BalasHapus
  21. Mateng bangeet itu persiapan liburan nya kak. Sama kayak aku kalau traveling bawa bocah 2 duh pasti seru karna semua udah tersusun rapi dalam list . Termasuk traveloka list paling atas kalau aku mau traveling karna semua nya pesan di traveloka .

    BalasHapus
  22. Ahaa..iya mba, via traveloka xperience tuh harganya lebih hemat
    Aku suka fitur ini lengkap berbagai layanan pun tersedia

    BalasHapus
  23. Dengan adanya TRaveloka Xperience ini semakin memanjakan urusan travelling dan lifestyle ya, Mbak Alma. Soalnya komplit. Dari pesan tiketnya, tujuan wisata, lalu pas wisata pegal, tinggal ke spa, lapar tinggal pilih tempat makan. Apalagi tidak hanya di Indonesia, tapi Asia Tenggara juga. Mantap... kalau begini, penginnya liburan terus hahaha.

    BalasHapus
  24. Menyenangkan sekali ya dengan adanya Traveloka Xperience ini membuat semuanya jadi lebih mudah

    BalasHapus
  25. Ketolong banget ya sama Traveloka xperience...kita tinggal cuzzz aja wes gak perlu mikir tiket macem2..apalagi mikir antrian dsb...bhayy

    BalasHapus
  26. Yess bener banget mom, liburan bawa bayi mesti diperhitungkan dan di prepare secara matang . Biar kita para mom tidak kelumpungan / repot sama tingkah laku bayi yang di luar dugaan 😊

    BalasHapus
  27. Asli bikin tanpa ribet ya, apalagi banyaknya diskon yang bertebaran bikin kantong nyaman dan aman

    BalasHapus
  28. Lewat Traveloka xperience mudah buat persen tiketnya nggak pakai ngantri, dan pembayarannya juga simple

    BalasHapus
  29. Beneran no ribet liburan bareng traveloka ya Mbak...Bahkan sambil ajak bayi seklaipun. Bisa kita kondisikan dan tiket pun sudah siap dipilih dan dipesan. Mudah dan murah. Tips yang oke liburan bersama bayi nih. Lengkaap sekali!!

    BalasHapus
  30. Keten banget emang sekarang Traveloka udah kumplit, semua di borong. Aku pengalaman selain booking tiket n hotel, aku pernah pesan tiket bioskop itu juga jadi lebih murah.

    BalasHapus
  31. Wah, ga diragukan lagi ya mbak, Traveloka Xperience emang membantu banget buat reservasi tike tempat wisata buat dapetin experience baru hehehehe

    BalasHapus
  32. Sebentar lagi aku ke Jogjaaa dan fix banget mau pake traveloka! udah pesen tiket di traveloka, sekarang saatnya cari pengalaman di traveloka experience hihi

    BalasHapus
  33. Seru nih kalau udah pake Traveloka Experience, bisa banyak informasi yang diperoleh. Jadi pengen liburan.

    BalasHapus
  34. Ada Traveloka Xperience bikin liburan gak ribet ya mbak. Lebih mudah nyiapin tiket dan serba gampang pembayarannya. Duh jadi pengen cebet-cepet liburan, hehehe.

    BalasHapus
  35. Punya pengalaman serupa. Kemarin bawa keluarga liburan ke Penang Malaysia. Ternyata anak yang masih 2 tahun tidak tahan kena panas matahari dan kemudian menjadi rewel, jadinya kebanyakan di hotel saja.

    BalasHapus
  36. Paket komplit Traveloka sekarang ya. Apalagi sekarang tersedia layanan Traveloka Xperience, liburan dan hiburan jadi lebih menyenangkan.

    BalasHapus
  37. Dengan adanya fitur terbaru dari traveloka xperience ini semakin memudahkan ya dalam pembelian tiket apapun

    BalasHapus
  38. Terimakasih sudah berbagi info dan pengalamannya,.

    BalasHapus
  39. Travelika xperience membantu banget ya mbak apalgi buat orang yamg baru perta kali melakukan perjalanan

    BalasHapus
  40. Memang kalau banyak liburan jadi makin cerah ceria cantik yaa, kak...
    Aku uda lama banget gak ngerasain kerempongan liburan sejak pakai apps Traveloka.
    Selalu dapet best-deal.

    BalasHapus
  41. Fitur terbaru dari traveloka xperience ini sangat membantu, kmrn aq pas ke Bali rencananya beli tiket tari kecak on the spot pas aq liat aplikasi ada langsung bayar hehee

    BalasHapus
  42. terobosan baru dari traveloka menghadirkan aplikasi atau layanan tambahan yang wow sekali, yaitu traveloka experinece.

    BalasHapus
  43. saya belum pernah pergi liburan dengan baby
    pernah sekali tapi itu mudik..berdua dengan anak usia 2 tahun
    sedang aktif aktifnya hehehe

    sekarang udah gede dia,8 tahun
    pengin bawa liburan ke luar kota
    sepertinya menggunakan traveloka xperience asyik nih

    BalasHapus
  44. Aku suka banget make traveloka xperience. Soalnya memudahkan dan menyenangkan.

    BalasHapus
  45. Pengen ajak fatih jalan" karna baca tulisan ini, haha
    Enaknya emang pengen juga, biar sama" menguntungkan 😅😅

    BalasHapus
  46. Saya juga ngerasain sangat terbantu dengan adanya traveloka xperience. Dan lebih seneng lagi banyak diskonnya ya ..

    BalasHapus
  47. saya belom pernah bawa bayi liburan
    apalagi keluar kota
    paling jalan dalam kota
    paling waktu anak umur 2 tahun bawa mudik
    cuma berdua dan lumayan rempong ya
    karena sekarang udah gede 8 thn dibawa liburan udah asyik nih
    jadi bisa gunakan traveloka xperience

    BalasHapus

Halo!
Terima kasih sudah membaca. Ayo tinggalkan jejaknya di kolom komentar yaaa...

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES