Selasa, Agustus 27, 2019

Resep Pizza No Oven Paling Mudah


Assalamualaikum, Teman-teman.
Kali ini aku mau membagikan sebuah resep pizza no oven yang paling mudah. FYI, aku adalah penggemar roti-rotian. Termasuk lah pizza salah satunya. Nah, aku juga suka sekali bereksperimen di dapur. Beberapa resep pizza yang katanya gampang sudah sering kucoba. Tapi, resep ini yang benar-benar gampang menurutku.

Kalau kita ngomongin gampang atau nggak-nya Pizza, yang kita maksud adalah bikin roti (dough) itu ya. Kalau soal toping mah kan gampang. Tinggal tabur-tabur, oles-oles aja. He He He...


Bagi teman-teman yang bikin roti manual kaya aku alias modal tangan buat nguleninya, jangan sedih. Kamu ga sendiri. Ahahaahhaa...

Tadinya aku ngerasa males bikin rerotian karena kadang capek banget pas nguleni adonan biar kalis sempurna. Nah, semenjak tau salah satu teknik asyiknya, udah ga bermasalah lagi deh bikin roti gitu. Walupun yaaah, kalo pake mixer atau cooper khusus tentu lebih terbantu dan efisien juga dong.

Teknik asyik bikin adonan roti kalis yang aku pake akhir-akhir ini adalah dengan membanting adonan.  Iya. Dibanting. Lempar-lempar aja dari tinggi sampe jatuhnya ke baskom tempat nguleni tuh bunyi bakbuk kaya digebukin, Hahhahaa....

Paling banter 20 kali dibanting gitu udah halus alias kalis adonannya. Bagus kan kalo lagi kesel bikin roti aja. Energi jadi tersalurkan. Ahahhahaaa....

Oya, dari berbagai tutorial (((tutorial))) bikin Pizza yang pernah kutonton di YouTube, ada Pizza garing alias pizza crispy yang aku suka. Dari resepnya channel Hidupku Sebagai Debby. CMIIW.

Mbak Debby itu ngajarin untuk pake alas yang tipis dan dibolongin gitu pas manggang pizza-nya. Atau kalo manggangnya pake teflon, bikin adonannya tipis- tipis aja. Gitu.

So far, resepnya itu suka aku pake juga sih selama ini. Sampai aku nonton resep pizza di channel Puguh Kristanto Kitchen itu. Aku mulai pake resepnya Mas Puguh terus. Super gampang, bahannya sederhana, seadanya, dan ga ribet.

Langsung aja ini aku tuliskan resep Pizza No Oven Paling Gampang ala #PKK (Puguh Kristanto Kitchen) andalanku yaaaa....

Eh, iya nih aku mau kasih tau dulu kala no oven yang dimaksud kali ini juga bukan pake teflon ya. Melaikan pake rice cooker alias mejikom. Jadi super gampang banget tinggal set alarm. Angkat dan jadi deh!

Nah, ini dia Resep Pizza No Oven Paling Mudah




Bahan Roti: 
❥ Tepung Terigu 18 sdm
❥ 1/2 sdt Ragi Instan (Permifan)
❥ 1 sdm Gula Pasir
❥ 1 sdm Minyak Goreng
❥ 7-8 sdm Air
❥ Sejumput Garam

Bahan Isian/ Topping:
❥ Saus Tomat
❥ Saus Sambel
❥ Saus spagheti yang bolognaise
❥ Sayuran (aku pake buncis, pas adanya itu di kulkas)
❥ Paprika hijau, merah, kuning (jika ada. Aku sih ga ada. LOL)
❥ Bawang Bombay
❥ Sosis
❥ Nugget
❥ Keju (Aku pakenya Cheddar, Kalo ada Mozzarella boleh banget. Atau pake yang Quick Melt tp jangan kebanyakan soalnya too salty dan bikin asam)

Intinya, topping sesuka kamu. Sesuai selera. Seadanya apa. Gitu.

❥ margarin buat olesan panci teflon/ mejikom



Cara Membuat: 


Bikin roti dengan cara mencampur bahan-bahannya. Kemudian uleni sampe kalis. Bisa pakai cara asyik yang kubilang tadi tuh. Dibanting aja. Wk.

Perlu diperhatikan agar waktu memasukkan garam jangan didekatkan ragi ya. Biar raginya ga mati. Kalau air 7 sendok makan dirasa kurang, boleh tambah 1 sendok lagi.


Setelah adonan kalis diamkan 30 menit. Setelah itu kempeskan adonan dan langsung digepengin. Caranya adalah dengan digilas. Aku pake botol sirup. Ohohoohhoo.. Gilas tipis sesuai ukuran panci rice cooker atau mejikom kamu.

Lalu, bikin pinggirannya dengan menggulungkan sosis. Jangan lupa juga rotinya ditusuk-tusuk dengan ujung garpu biar ada rongga saat dimasak. Ga menggelembung gitu.

Barulah oleskan saus-saus yang ada. Berhubung aku bikin untuk sekalian makan sama Baby Faraz, jadinya ga pake saus sambel ya. Aku cuma pake saus Bolognaise itu aja. Bagusnya juga, dalam sausnya udah ada cincangan daging kan. Nyaaaaaam.... Mayan nambahin topping.

Kemudian, susun irisa dan topping lainnya. Aku pakai bawang bombay, buncis yang kupotong pendek, sosis yang kupotong bulat tipis, kemudian atasnya kutaburi parutan keju. Dan terakhir adalah mayonaise yang banyak. Simply karena aku suka rasa mayonaise-nya. Kalau di resep PKK sih ga ada ya. Ehehhee...

Setelah siap, olesi panci mejikom dengan m inyak atau mentega atau margarin. Masukkan pizza yang udah dibikin tadi. Dan terakhir adalah nyalakan mejikomnya. Tunggu 40 menit. Angkat dan sajikan.



Trik kalo mejikom kamu yang manual (ga ada mode masak lain yang pakai timer otomatisnya), kamu bisa ganjel cetekan (apa ya bahasa bakunya?) dengan lidi atau tusuk gigi. Intinya, pencetan untuk masaknya itu diganel biar stay di mode masak. Karena kan otomatis kalo enteng dia suka langsung naik. Kalau diganjel gitu, kita yang atur mau dimasak seberapa lama.

Jangan lupa atur alarm kamu di 40 menit yaaaa...
Pas alarm bunyi, baru deh kamu lepasin ganjelannya. Sekalian cabut aja listriknya.
Pizza kamu dah mateng, gaeeeees....


Selamat menikmati!
Faraz doyan loooh...


Berikut video singkat pas aku bikin Pizza ini:



Selamat mencoba yaaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halo!
Terima kasih sudah membaca. Ayo tinggalkan jejaknya di kolom komentar yaaa...

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES