Rabu, Juli 17, 2019

Borong Tahu Langsung ke Pabrik Tahu Muara Enim

Pabrik tahu muara enim

Siapa yang doyan makan tahu???
Aku adalah penggemar tahu dalam berbagai variannya. Tahu putih doyan banget. Tahu kuning (yang di-marinated pale kunyit) suka juga. Tahu goreng (yang buat tahu isi) juga doyan. Pokoknya tahu is my favorite!

Dasar emang rejeki sih. Dua tahun tinggal di kota Muara Enim ini akhirnya berkesempatan ke pabrik tahu langsung. Ceritanya sangat kebetulan.

Jadi, pas lagi jalan jajan baso di suatu malam (*eaaaa). Aku jumpa dengan adik kelasku jaman SD. Kebayang ga? Adik kelas pas SD loh yaaa...

Akunya emang kurang hapal kalo sekali lewat. Apalagi adikku itu rasanya udah manglingi banget deh. Kalo ga dia yang nyapain dan ngonfirmasiin duluan, mungkin aku akan nyelonong aja lewat.

Aku udah selesai makan baso dan jalan menuju meja kasir. Nah, Dek Ima ini baru pesan basonya. Duduknya dekat sekali dengam meja kasir itu.

Antar terdengar dan nggak, dia nanya ke aku: Mbak, mbak ini mbak uci kan?

Jarang banget ada yang tau nama panggilanku di rumah. Kalo ga teman SD, tetangga dekat rumah, dan keluarga rasanya hampir jarang sekali. Sejak SMP para guru memanggil nama depanku, Alma. Sejak itu nama uci hanya terdengar di rumah.

Akhirnya kami pun ngobrol dan bertukar nomor HP. Sejak saat itu komunikasi mulai terjalin kembali. Dek Ima ini sudah lama menetap di Muara Enim sini. Sudah 8 tahun katanya.

Wuiiih, dah tau dong seluk beluk daerah sini, batinku. Eaaalaah ternyata malah punya usaha produksi tahu dia.

Awalnya aku nggak ngeuh waktu dia bilang rumahnya di Muara lawai. Pesannya adalah sebut aja pabrik tahu. Kupikir rumahnya dekat pabrik tahu. Ternyata justru pabrik tahu itu adalah usaha keluarganya.

Aku baru tahu ketika suatu hari aku bikin status WhatsApp kepengen bikin tahu isi. Sementara tahu di pasar udah pada kosong. Ani, adiknya Ima membalas statusku itu: Sini mbak. Ada banyak tahunya.

Serius dong aku respon mau nitip beli. Aku masih belum tahu alias belum sadar kalo yang dimaksud ya di pabriknya itu. Hahaha...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halo!
Terima kasih sudah membaca. Ayo tinggalkan jejaknya di kolom komentar yaaa...

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES