Minggu, Mei 05, 2019

Menghasilkan Pundi-Pundi Rupiah dari Blog


Selamat Ramadhan !!! Sebelum aku ceritakan tentang cara menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog, aku mau mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi yang menjalankan.

Insyaallah ini hari pertama para umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Selain fokus dan berlomba dalam beribadah serta melakukan hal baik lainnya, pekerjaan sehari-hari jangan sampai terbengkalai yaa...

Kan biasa nih, perubahan pola saat Ramadhan seringkali mempengaruhi ritme rutinitas juga. Hal ini ikut-ikutan jadi pemantik latihan sabar.

Baca:

9 HAL YANG MEMBUATMU MELATIH KESABARAN SAAT BULAN RAMADHAN


Nah, walaupun dalam keadaan berpuasa, aktivitas ngeblogku juga akan tetap berjalan seperti biasa. Seperti yang kubilang tadi, bahwa puasa bukan alasan walaupun ada ritme yang sedang beradaptasi. 

Artikel blogku kali ini akan membahas tentang tips blogging. Tepatnya adalah menjadikan hobi menulis (di blog) sebagai sumber penghasilan. Itulah yang kumaksud dengan menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog pada judul di atas.

Cung, siapa yang suka nulis? Atau mau mencoba menulis di blog mungkin?

Kamu semua bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog, kalau kamu mau tentunya. Sebelum kita bahas lebih jauh, aku akan bikin disclaimer dulu. 😉

Diclaimer: Hal-hal yang aku bagikan dalam artikel ini terkait tips blogging yang didasarkan pada pengalamanku. Aku bukan belum bisa disebut blogger profesional dan menghasilkan uang dalam jumlah yang WOW. Tapi semoga tips ini berkenaan dan bisa menjadi titik mulaimu


Katakanlah baru 3 tahun belakangan ini aku serius menekuni blog sebagai sumber penghasilan. Sebelumnya aku hanya menggunakannya sebagai media diary online. Alias tempatku menuliskan apa saja baik itu curhat belaka, cerita jalan-jalan, acara-acara yang sempat kuhadiri. Apapun.

Ternyata beberapa artikel sharingku itu mendatangkan trafik kunjungan yang tinggi pada blog ini. Dan hal itu berujung dengan sebuah email cinta berisi tawaran kerjasama dari sebuah brand ternama. Jadi, ada banyak sekali alasan menulis di blog/ ngeblog. Bisa sebagai media penyalur hobi, arsip tulisan akademis, tempat berlatih menulis juga, bahkan bisa menghasilkan pundi rupiah.

src: instagram.com/naqiyyahsyam

Beberapa blogger profesional yang kukenal di media sosial, karena jaringan blogger ada yang bisa mendapatkan uang dengan jumlah yang fantastis. Contohnya, para blogger tapis ini. Bisa menghasilkan hingga 50juta/bulan looh. Cuss baca di timeline IG Mbak Naqi @naqiyyahsyam kece kaaaan??? 😍

Aku juga alhamdulillah sudah merasakan penghasilan dari blog walaupun belom sampai 50juta/bulan sih. Semoga nanti sampai rejekinya juga. Aaamin.

Jadikan semangat yaaa...

Nominal yang lumayan banget dan cukup buat sesekali aku jajanin adik-adikku juga ini, membuatku ingin berbagi lebih jauh tentang cara membuat blog dengan mudah. Akhirnya, aku memulai kelas pemula dari grup WhatsApp. Alhamdulillah pesertanya ada sekitar 18 orang.

Selain dasar dan tutorial membuat hingga menerbitkan tulisan dari blog, aku juga memotivasi teman-teman di grup belajar itu tentang blog yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Nah, aku jabarkan poin-poin pentingnya melalui artikel ini.

Untuk menghasilkan pundi rupiah dari blog, berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan:

Merencanakan Blog



Saat merencakan sebuah blog yang akan kamu bangun dan kamu asuh, menurutku penting untuk merumuskan 3 hal ini. Yaitu tujuan, niche, lalu judul blogmu.

Kenapa?

Dari tujuan menulis di blog, kita bisa memetakan apa saja artikel yang akan kita terbitkan dalam blog itu. Kemudian judul blog memberikan semacam ringkasan atau hint tentang isi blog tadi.

Kalau aku, blogku kugunakan sebagai tempat berlatih menulis dan berbagi informasi positif. Sebagian besar akan berisi segala kegiatanku. Baik keseharian, hobi, maupun kegiatan yang kulakukan di luar agenda, misal liburan, hadir undangan acara, dll. Judul blogku adalah Love and Share! FYI, niche blog ini masuk dalam kategori Lifestyle.

Kalau kamu sukanya dandan dan mencoba membuat ulang bentuk riasan-riasan tertentu, lalu ingin menuliskannya di blogmu. Maka niche-nya masuk dalam kategori beauty. Judulnya bebas asal memberikan hint tentang tema besar isi artikel dalam blogmu. Contoh nih ya: Brush me up! Atau Dandan ala ... (namamu), dan lain sebagainya.

Setelah itu apa lagi?


Membuat Akun Blog



Ada banyak sekali platform penyedia blogging gratis. Misalnya yang google punya ada blogger (blogspot), ada juga WordPress, Kompasiana, Tumblr, dan banyak lagi. Coba dicari sendiri yaaa...

Sebagian besar blogger di Indonesia yang kutahu, menggunakan empat platform yang kusebut tadi. Nah, 2 yang paling laris adalah blogspot dan WordPress. Semua ada kelebiham dan kekurangannya masing-masing. Berhubung aku mainnya di blogspot dan menimbang hampir semua orang saat ini punya akun Gmail toh? Minimal untuk akun smartphone nih. Alhasil, kuputuskan tutorial blogspot yang akan kubagikan di grup WA tadi.


Menentukan Domain



Berikutnya adalah menentukan domain. Menurutku, setelah kamu selesai membuat sebuah akun blog di salah satu paltform yang kamu pilih, langsung saya berlangganan domain.

Domain apaan sih? Gampangnya, domain itu adalah alamat blogmu. Seperti blogku yang sedang kamu kunjungi ini. Domain alias alamatnya adalah www.almawahdie.id

Nah, kamu bisa bikin domain atau alamat blog sesukamu. Misalnya namamu.com asal jangan akuchayankkkamucellaallu.com yaaa... (wkwkwkw... Ketauan umur dari guyonnya)

Trus, kenapa harus segera bikin dan berlangganan domain?

Karena umur blog TLD (Top Level Domain) memberikan sumbangsih pada nilai DA (Domain Authority) atau umur kepemilikan domain itu.

Gunanya apa? Nah, untuk menghasilkan pundi-pundi uang, artinya kita mulai memonetisasi blog kita. Biasanya klien akan memberikan nilai dengan melihat faktor nilai DA itu. Walaupun ya tetap saja CONTENT IS THE KING! Isi blog alias artikel yang kita tulislah yang paling utama.

Jadi, segera tentukan domain blogmu dan belilah di layanan web hosting terbaik yang kamu percayakan.


***

Udah? Itu aja???

Untuk sementara dicukupkan dulu. Selanjutnya isi blogmu. Berlatih konsisten dengan memberikan jadwal khusus. Per minggu misalnya, atau bahkan per hari.

Ingat: CONTENT IS THE KING! 

Urusan template, navigasi, kecepatan akses, dan lainnya kita pelajari sambil berjalan.

Kalau kamu udah bikin blog, saatnya untuk menulis! Semangat yaaaa 💪💪💪

34 komentar:

  1. Terimakasih bnyk mbk Alma udh mau berbagi ilmunya dgn cuma2 udh dibuatin grup khusus wa untk belajar blog senengnya bs belajar membuat blog sendiri,smga kedepannya jg bs mnjd penulis sprti mb alma yg bs menghasilkan pundi2 receh dgn nilai jutaan,hehe aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin allahumma aamin.
      Makasih mbak Ade 🥰🥰🥰

      Hapus
  2. Waaa keren, aku juga udah lama punya blog. Tapi baru beberapa bulan ini pake domain TLD. Nulis juga belum konsisten. Hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat nulis. Ingat: konten alias isi tulisan adalah raja! 💪

      Hapus
  3. Trima kasih artikelnya mb alma.. semoga tertular semangat ngeblog ny..😉

    BalasHapus
  4. Tipsnya maknyusss banget Kak Alma :D
    Wah,keren ya kalo ada bloger yg bisa meraup 50 juta/bulan.
    Soale bisa 50 juta/tahun aja udah Alhamdulillah kalo aku sih hihihi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Perlu diteladani konsisten para blogger tapis ini emang. Kereen ya

      Hapus
  5. Makasih mbak Alma ilmunya 😊😊

    BalasHapus
  6. Nice mbak, intinya kalau bisa menghasilkan uang dari hobi, memang menyenangkan banget ya, jadi kita setiap kali menulis merasa senang ria gembira aja. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak. Hal yang menyenangkan adalah hobi yang menghasilkan. Hehehe

      Hapus
  7. Masya Allah, itu mereka dah 50 jeti gitu sebulan? keren abis...................mesti berguru dulu ama mbak Alma dan blogger-blogger Lmapung kalau kayak gini ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli mbak. Bikin mupeng itu Mbak Naqi and friends. Semoga nular ke kita yaak haha

      Hapus
  8. Masya allah tekejud aku... Bisa 50jt sebulan gituh.. Mesti sungkem dulu berguru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus jadi terheran- heeeraaan ga? Hahaa. ..*Autonyanyi

      Hapus
  9. Kalau sudah bicara hal ini memang sangat menarik ya mba Alma, sukses terus semoga rezeki dari blog semakin lapang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin. Semoga terus dilimpahkan rejeki, berkah, dan rahmatNYA ya, Kak.

      Hapus
  10. Aaaa mba alma kereeen semoga aku bisa mengikuti jejakmu mbaaak😘

    BalasHapus
  11. Wow banget ya 50juta/bulan . Hahaha aku udah kebayang buat kontrakan hahaha makasih sharingnya kak. Belajar terus nih ngeblog belum lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss...
      Cita-citaku juga bikin kos-kosan. Hahaha

      Hapus
  12. Masya Allah, bener bener blogger nih. Semoga aku juga bisa istiqomah dalam menulis dan tetap menjadi istri yang soleha. Pengen menimba ilmu lebih banyak lagi nih

    BalasHapus
  13. Tak bisa dipungkiri skrng makin banyak org ngeblog krn peluang ini ya mbak. Tapi emang sih aku maish percaya konten is king, soalnya org pasti akan balik ke blog kita kalau kita senantiasa update konten berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak April. Konten yang memberikan nilai paling tinggi dalam semua aspeknya. Alma jg penganut content is the king 💪

      Hapus
  14. Sekarang menjadi blogger sudah bisa menghasilkan pundi-pundi uang ya

    BalasHapus
  15. Keren banget perbulan 50juta ngalahin kerja kantoran yah Kak? Aq baru banget nyemplung dunia blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Ayo nyemplung lebih dalam lagi 😉😉😉

      Hapus
  16. Nah, kalau hosting ini aku belum ada urus, jadi pengen urus deh biar lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cusss ke penyedia layanan terbaiknya, Kakak 😉😉

      Hapus
  17. ckckck, semangat jadi terlecUt kalau liat angka menggiurkan yang bisa diraup blogger ya. Makasih sharingnya ya mba, perlu banyak belajar dari tulisan dirimu nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak Diah. Alma juga masih belajar 😉

      Hapus

Halo!
Terima kasih sudah membaca. Ayo tinggalkan jejaknya di kolom komentar yaaa...

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES