Jumat, Mei 31, 2019

10 Manfaat Keju Bagi Kesehatan Tubuh


Siapa yang suka keju? Hayooo... Apakah kamu termasuk tim doyan keju atau malah sebaliknya? Kalau aku pribadi sih masuknya ke tim doyan keju. Karena selain rasanya yang enak menurutku, ada banyak manfaat keju yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ada banyak sekali jenis keju di dunia ini. Jujur, belum semuanya pernah aku rasain. Paling banter sih keju cheddar dan mozzarella. Pernah juga sih ngerasain keju edam tapi udah dalam campuran kue hahhaa...

Jelas pas nonton video Kids Try yang kayanya nikmat banget cocol-cocol buah dan beragam makanan lainnya ke keju leleh (cheese fondue), aku ngiler abis deh.

Apa sih keju tuh?


"Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet."(https://id.m.wikipedia.org/wiki/Keju)

Keju adalah salah satu produk olahan susu. Nah, dengan proses fermentasi seperti yang dijelaskan di atas, maka jadilah keju.


Asal Mula Keju



Dari literatur yang kubaca, bangsa Romawi lah yang pertama kali melakukan proses fermentasi juga penyimpanan keju ini.

Jenis-jenis keju yang dihasilkan akan berbeda sesuai dengan bahan dasar susunya. Jadi tipe susu memiliki pengaruh juga dalam proses pembuatan keju. Termasuk metode pengentalannya, suhu dan temperaturnya, metode pematangan, pemotongan, bahkan metode penyimpanannya.

Canggih yaaa... 
Segitu detailnya semua faktor memengaruhi proses pembuatan keju. 


Manfaat Makan Keju



Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi panganan dengan bahan keju. 10 manfaat keju bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai berikut.

🔑 Menguatkan Tulang
Kandungan kalsium yang terdapat pada keju sebagai produk olahan susu, menyumbang pada kekuatan tulang pengonsumsinya. Sangat bagus memang dikonsumsi sehari-hari.

🔑 Menyehatkan Gigi
Begitu pula untuk kesehatan gigi. Kalsium yang terdapat dalam keju inilah yang membuat gigi menjadi sehat dan kuat. Selain kalsium, keju mengandung zat antikariogenik yang mampu mencegah gigi berlubang. Bagus sekali untuk anak-anak dimasa pertumbuhannya mengonsumsi keju ini. Syukurnya Farazku doyan keju juga hehe...

🔑 Meningkatkan Kolesterol Baik
Lemak jenuh alami yang dikandung keju sebagai produk olahan susu lebih baik daripada lemak trans pada makanan kemasan. Sehingga menyumbang kolesterol baik bagi tubuh kita.

🔑 Mencegah Diabetes
Keju mengandung asam lemak yang mampu mengatasi resistensi hormon insulin. Sehingga bisa mencegah diabetes tipe 2.

🔑 Menjaga Kesehatan Jantung
Rutin memgonsumsi keju dengan porsi yang sewajarnya diklaim mampu menjaga kesehatan jantung  Karena ada senyawa yang sangat bagus yang merelaksasi pembuluh darah.

🔑 Mengontrol Hormon Insulin
Seperti kemampuannya mencegah diabetes. Kandungan pada keju mampu mengontrol hormon insulin  Sehingga tubuh sentiasa sehat

🔑 Mencegah Kanker
Tak banyak yang tahu soal ini. Tapi, kandungan asam linoleat terkonjugasi dan Sphingolipid pada keju berperan penting untuk pencegahan berkembangnya sel kanker pada tubuh. Vitamin B-nya juga mengaktifkan fungsi-fungsi lain pada tubuh agar tak mudah terjangkit penyakit.

🔑 Menjaga Berat Badan Ideal
Asal jangan berlebihan, makan keju justeru bisa membantu kita menjaga berat badan agar selalu ideal loooh. Pilih juga keju yang memiliki kadar lemak rendah untuk program diet.

🔑 Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Senyawa pada keju yang bisa merelaksasi pembuluh darah juga berpengaruh lada tekanan darah tubuh. Tekanan darah menjadi rendah dan ini bagus untuk penderita hipertensi.

🔑 Menyehatkan Kulit
Kulit berkilau juga bisa diperoleh dengan cara makan keju. Enak ga tuh? Makan enak trus dapet kulit sehat juga. Ehehhe... Jadi, kandungan vitamin B pada kejulah yang bekerja untuk kesehatan kulit ini.



Nah, udah makin tahu dong manfaat keju bagi kesehatan tubuh? Jangan ragu buat makan keju sekarang yaaa...

Kebetulan aku dan keluarga suka banget sama keju. Emang dasarnya doyan yang gurih gitu sih hehee...

Bikin nasi goreng aja suka dipakein keju cheddar yang dipotong dadu. Ada sensasi nikmat pas makan potongan kejunya dengan nasi hangat itu.

Kita juga bisa banyak berkreasi untuk membuat makanan berbahan keju. Baik sebagai bahan utama maupun sebagai tambahan taburan aja.

Yang pasti, salah satu yang aku impikan adalah makan beragam jenis keju di negara asalnya di Italia sana. Mumpung Ramadhan kan diucapin aja ya. Siapa tau banyak yang mengaminkan trus kesampean deh.



Bahan Bacaan: 
halodoc.com
doktersehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halo!
Terima kasih sudah membaca. Ayo tinggalkan jejaknya di kolom komentar yaaa...

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES