Jumat, April 26, 2019

Honda PCX dan Yamaha NMax Pilih Mana nih Wong Palembang?


Pilih mana hayooo... Honda PCX apa Yamaha NMax? Ecieeee... Aromanya mau punya motor baru nih. Pasti pada ngegodain gitu kaaan???

Emangnya kamu ga punya kendaraan di rumah, Al?

Well, selama ini sih kami punya motor buat mobilitas sehari-hari. Eh, akhir-akhir ini motornya mulai sering ngasih kode. Kode lem biru alias lempar beli baru. Ha Ha Ha.

Kode-kode itu akhirnya menyadarkanku kalo kami butuh motor baru loooh. Bukan cuma karena nih motor udah agak sakit. Tapi, sebenernya kita tuh ga punya motor.

Lah? Trus itu motor sakit yang ngasih kode punya siapa? Kan keluargamu yang pake katanya tadi?

Ehm,,, iya emang ada motor. Tapi ini tuh motor pinjeman doang. Punya babeh. Hihihi...

Awalnya sih karena ga sengaja. Kebetulan pas suamiku pindah kerja di sini, ada motor nganggur di rumah ayahku. Katanya daripada rusak ga dipake, mending dipake sama kami sambilan dirawat gitu kan.

Deal!

Toh, sebenernya mobilitas kami ga terlalu tinggi sih. Untuk ke lokasi kerjanya, suamiku ada bus antar-jemput. Dan aku sendiri paling juga pergi ke pasar doang. Selama ini masarnya juga dianter suami pas off atau aku naik ojek deh.

Apa karena aku ga bisa motoran? Bukan. Karena motor yang ada itu motor cowok. Motor sport. Selain ga bisa karena pake 'gigi'. Jelas juga kakiku ga nyampe, boook. Ha Ha Ha.

Ini nih motornya. Ga bisalah aku wkwk

So far, motor ini kepake buat suamiku berangkat kerja. Tapi cuma buat jarak pendek dari rumah ke titik penjemputan bus. Ga sampe 5 menit dari rumah. Malah kadang suamiku suka sepedaan aja. Sambil olahraga katanya. Pernah juga jalan kaki doang. Intinya, jarak tempuh motor itu super dekat.

Yah, sesekali pas hari off kami jalan agak jauh dikit. Ke rumah makcikku misalnya. Atau main ke Tanjung Enim sana, duduk santai di taman sambil kulineran. Ga rutin juga sih. Memang motornya udah sampai umurnya kali. Jadi aja ngasih kode sekarang.

In short, motor pinjeman yang kami pake sudah mulai usang. Sudah waktunya dikembalikan juga. Artinya kami ga punya kendaraan lagi buat dipake nanti. Agak kasihan ya...

Walaupun ga terlalu urgent untuk punya kendaraan, kalo ditilik dari mobilitas kami yang santai itu. Aku tetap pengen punya motor sendiri. Biar tetap bisa main agak jauhan dikit pas hari off kerja suami. Ehehehe...

***

Naksir Yamaha NMax


Trus, aku mulai nyari tau motor-motor yang oke saat ini. Jujur aja, aku juga emang ga pernah beli motor sendiri. Ga sering juga ngurusin atau nemenin orang/keluarga beli-beli motor.

Jadi, aku agak kudet soal motor ini. Baik soal model ataupun harganya.

Tapi, ada satu motor yang sempat mencuri perhatianku. Kubaca di sisi tempat duduknya itu ada tulisan NMax.

Kok bisa?

Nah, kebetulan tetangga depan rumah kontrakan kami dulu pakenya motor itu. Menurutku nih, bentuknya bagus. Gagah tapi bukan berarti macho khas cowok aja. Bisa kok dipake cewek juga. Seingatku motor NMax tetanggaku tuh warnanya gini:

src: yamaha-motor.co.id

Warnanya kombinasi antara hitam, abu tua, dan abu muda. Bagus banget dilihatnya. Pertama liat trus langsung naksir. Duuuh, gimana nih?

Kalo bilang ke suami, pasti doi akan tanya perihal spesifikasi dan juga harga pastinya.

Ga mau ketauan sekedar naksor, akupun nyari tahu lebih banyak lagi soal NMax. Eh, pas lagi riset gitu aku nemu info soal Honda PCX. Katanya sih ini satu level gitu sama Yamaha NMax.

Nah looohh...
Pilih mana? Bagus mana Honda PCX sama Yamaha NMax?

Aku ga bisa jawab karena emang aku belum pernah pake keduanya. Test drive palagi. Well, berbekal kecanggihan jaman now aku pun riset dari berbagai sumber. Kubaca dari kedua website resmi motor-motor tadi.


Pilih Honda PCX atau Yamaha NMax?


Memang banyak godaan ketika kita naksir sesuatu. Makanya harus segera dihalalkan sebelum ditikung duluan. Eh, ngomong apa yak? Ahhahaha...

Singkat cerita aku mulai bingung dengan beragam istilah otomotif yang asing bagiku. Ngebacain daftar spesifikasi motor ternyata lebih membingungkan daripada baca daftar specs HP. Yah, karena ga biasa sih. Kalo HP kan sudah banyak istilah yang disebut-sebut jadi lumayan paham.

Jadilah agak makan waktu menghadapi daftar spesifikasi kedua motor ini. Karena aku ga terlalu paham soal otomotif, kalian langsung liat gambar ini deh. Barangkali kalian ga terlalu asing.

Spesifikasi mesin PCX 150 CBS

Spesifikasi Yamaha NMax 155x

Oya, sebelumnya aku mau kasih tau dulu batasannya. Honda PCX sendiri ada
3 jenis. Yaitu PCX 150 CBS, PCX 150 ABS, dan PCX Hybrid. Sementara Yamaha NMax juga ada varian lainnya. Yaitu Yamaha NMax 155 (standard), NMax 155x, dan Yamaha NMax ABS. Ini yang kudapat dari kedua web resmi masing-masing ya.

Nah, yang sedang aku cari tau perbadingannya adalah Honda PCX 150 ABS dan Yamaha NMax 155x. Karena kayanya mereka satu kelas dengan range harga di tengah-tengah.

Kalo kalian mau baca spesifikasi lengkapnya sila langsung ke web-nya aja ya...

Apa yang kudapat dari daftar specs itu tadi? Sedikit banyak ada laaah...

Aku ngerti ketika dia bilang soal cc mesin. Dimana yang kupahami dari info suamiku (yang memang orang otomotif), NMax menang banyak. Lebih enak tarikannya, gitu katanya. Secara kecepatannya lebih bagus dan oke.

Selain ngeliat dari data spesifikasi, aku juga riset dengan liat review yang test drive langsung yang mendukung soal tarikan enak tadi. NMax terbukti lebih unggul.

src: YouTube Channel Otomotif TV

Untuk pilihan warna sangat bervariasi keduanya ini. Tapi, mohon maaf aku idah naksir Yamaha NMax dari pertama karena perpaduan warna yang punya tetanggaku itu. So, bagiku NMax oke.

Yamaha NMax ini sporty baik dari desainnya maulun mesinnya. Jadi, cocok buat pak suami nih. Jalan jauh misalnya, ga bikin capek kurasa.

Dari review yang kulihat juga, Yamaha NMax dudukannya lebih empuk. Jadi emang cocok kalo dipake motoran lama. Muara Enim ke Tanjung lumayanlaah. Berarti enak lagi pas Muara Enim ke Lahat. Hohoho.

Apalagi ya???

Ah, soal ukuran. Yamaha NMax ini lebih panjang dan tinggi bodinya. Sementara si PCX lebih lebar. Nah, aku sih suka yang ramping. Berarti milihnya NMax nih yaaa ...

Kemudian muncul masalah (selain budget), kalo posturnya tinggi khawatir aku ga nyampe juga dong motorannya. Hahahahaa...

Tak apa lah.
Toh, selama ini juga sukanya dibonceng daripada ngebonceng. Biar aja pak suami yang anterin kemana-mana. Yang jelas kalo pake NMax kayanya lebih nyaman deh!

Lagian, belum tentu lah aku ga nyampe kakinya. Tunggu sampe NMax-nya kucobain langsung. Mana tau sampe kaaan? *Ngarep

Langkah selanjutnya sekarang adalah 'propose' pak suami buat ke dealer. Sebelum motor pinjaman kami ngadat parah trus jadi marah-marah ga bisa nyantai parah. Yihaaaa!!!

Dah, soal lainnya bisa dipertimbangkan sesuai selera masing-masing nih. Misalnya soal fitur, desain, ukuran, yang gitu-gitu

Kalo aku pribadi milihnya Yahama NMax karena kenyamanan berkendara yang disajikan. Soal tarikan yang luwes, dudukan yang enak, gitu deh.

Semiga segera dapet rejeki biar punya NMax. Aaaamiiin. Gaees, jangan lupa bilang aaaamiiin juga yaaa...

Makasih 😘

3 komentar:

Halo!
Terima kasih sudah membaca. Ayo tinggalkan jejaknya di kolom komentar yaaa...

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES