Rabu, Januari 09, 2019

Cara Mengembalikan Komentar Blog yang Terhapus


Cara Mengembalikan Komentar Blog yang Terhapus - Kenapa tiba-tiba aku mau nulis postingan berbau tips ini? Apakah aku adalah expert? No. Aku bukan expert yaaa...

So, mari kita disclaimer dulu ^^
Ini adalah sharing yang dilatarbelakangi pengalamanku. Aku bukanlah ahli tapi senang berbagi. Love and Share!

---

Kisah dibalik Musibah

Kejadian ini bisa dibilang adalah musibah. Adalah kejadian yang akhirnya membuatku belajar untuk lebih teliti dan tidak terburu-buru.

Selalu ada hikmah dalam setiap kejadian toh? Nah, musibah terhapusnya 100 komentar di blog-ku bulan lalu sukses bikin aku panik plus sedih seharian. Pengennya nangis tapi kerjaan rumah dan baby menunggu. Ya kali mamaknya sibuk nangisin komen. Huhuhuhu...

Kalau kalian adalah blogger, kalian akan tau betapa berharganya sebuah komen. Apapun isinya. Jadi, ga ada penulis blog yang sengaja ngehapus komen di tulisannya apalagi sampai ratusan. Kecuali, komentar spam penjual obat. Udah masuk filter otomatis tuh.

Khusus buat blog ini, aku mengaktifkan fitur moderasi. Itu adalah fitur yang memungkinkan admin blog untuk menyaring komentar yang berpotensi spam.

Tujuannya apa? Tujuannya biar komentar spam itu ga bikin nilai blog jelek. Yang masuk komentar spam versi saringanku sih biasanya (1)mengandung link url, (2)berisi hate speech atau pornografi, (3)iklan judi. Kurang lebih komentar seperti itu yang biasa kusaring.

Fitur moderasi ini memungkinkan kerja admin jadi lebih gampang dan teratur.

Tapiiiiii, salah dan khilaf memang tempatnya manusia, termasuk diriku. Hari itu aku kejar-kejaran dengan deadline lomba yang kuikuti. My bad. Salahku memang karena seringkali kerja di penghujung.

Padahal, untuk lomba itu aku sudah menyiapkan materi sejak jauh hari. Ah, inilah caraNYA mengajariku untuk jadi lebih baik.

Diantara keterburu-buruan, sinyal yang kurang stabil, dan dimensi tampilan layar yang bikin siwer, akupun salah pencet. Niat hati menerbitkan semua komentar di folder moderasi, yang terjadi adalah klik hapus bahkan di folder published.

Urutan kejadiannya begini, aku:

  • Klik tab moderasi dan select all. Otomatis semua komentar diceklis. 
  • Alih-alih klik publish, aku salah klik. Malah terpencet delete.
  • Dan bayangkan??? Ternyata, kombinasi antara jaringan yang tidak stabil malam itu, juga karena aku terburu-buru, ternyata tab moderasi belum terbuka di tahap pertama itu. Masih tab published comments alias komentar yang sudah diterbitkan.
  • Akhirnya bencana itu terjadi. 100 buah komentar baik dari pengunjung maupun balasanku pribadi terhapus permanen.
  • Selanjutnya aku panik dan batal ikut posting lomba. Huhuhuhu

Kenapa 100 komentar yang terhapus? Karena di pengaturan tab itu aku terbiasa mengatur 100 tampilan per halaman. Maka, hari itu aku sedih, panik, kesal, dan bingung.


Mengembalikan Komentar Blog Terhapus


Tak lain tak bukan, frasa inilah yang kuketik di pencarian google: Cara Mengembalikan Komentar Blog yang Terhapus. Ada banyak sekali hasil pencarian yang muncul. Paling atas adalah tentang mengembalikan blog yang terhapus. Tentu bukan informasi yang kucari. Agak bawah masih di halaman pertama, ada sebuah artikel yang cukup membantu dan sesuai dengan info yang kuharapkan.

Bahkan cerita di blog itu pun seperti kejadian yang kualami: tak sengaja terhapus komentar blog yang sudah diterbitkan

Dalam kesempatan ini, aku coba sarikan kembali tahapan cara mengembalikan komentar blog yang sudah tak sengaja terhapus tadi (dengan catatan fitur moderasi aktif dan ini blogspot yaaa):

  1. Log in/ masuk ke email yang didaftarkan fitur moderasi komentar
  2. Cari email pemberitahuan komentar masuk (punyaku masuk di folder sosial)
  3. Copy isi komentar berikut url penulisnya
  4. Pastekan ke kolom komentar sesuai artikel blog yang dikomentari
  5. Lalu klik publish/ terbitkan
  6. Selesai. 

Bagaimana? Nampak mudah untuk mengembalikan komentar blog yang sudah terhapus kan???? Sambil bertanya pada google yang kemudian menuntunku ke artikel itu, aku sudah wara-wiri bertanya ke beberapa support WAG yang kuikuti. Hasilnya belum ada. Itulah sebabnya aku coba tuliskan kembali inti sari dari solusi yang kubaca di artikel tadi. 


Masalah lainnya


Eits, cerita hidup terjadi dengan berjuta pelajaran dan hikmah. Dari sanalah kita belajar dan menjadi semakin dewasa. Termasuk ketika ternyata solusi yang diberikan oleh teman penulis tadi ternyata tidak bisa dilakukan.

Apa sebabnya? Bukankah kondisiku sudah sesuai pra syarat? Yakni blogspot dan sudah mengaktifkan fitur moderasi. Artinya, komentar yang sudah diterbitkan ada pemberitahuan di email-ku.

Sebelum akhirnya aku coba tahapan pengembalian komentar blog yang terhapus tadi, aku sudah lemas duluan. Membayangkan 100 buah komentar yang akan kupulihkan dengan cara manual copy-paste begitu.

Setelah membatalkan keikutsertaan lomba blog yang membuatku khilaf menghapus 100 komentar itu, aku sibuk menenangkan diri. Barulah beberapa minggu setelahnya, solusi itu kuujicobakan.

Hasilnya??? Gagal.

Karena email notifikasiku masuknya di folder sosial dan entah aku lupa atau gimana pengaturannya kubuat, hanya ada 20 email saja. Selebihnya sudah tak ada. Niat yang sudah dibulatkan untuk kuat menyalin isi komen plus url-nya seperti tutorial yang kubaca itu akhirnya runtuh.

Well, daripada pusing kubiarkan saja seperti apa adanya itu.

Jangan heran di beberapa postingan terakhir dalam blog ini komentarnya kosong: tertulis dihapus admin bahkan komentar balasan dariku sendiri. Huhuuhu...

Nah, kalo kamu komen nyinyir bahwa aku sengaja ngapus komen, artinya kamu ga tau kalo komentar itu hal penting buat tulisan blogger. So, mana mungkin sengaja ngapus. Apalagi kalo udah pake fitur moderasi toh? Masa komen yang udah 'dilulusin' publish malah dihapus? Mending dari awal ga dilulusin aja kan?

Jadi, baiknya berpsitif thinking aja ya mbak.

Cheers! 

11 komentar:

  1. Betul masalah komen berkomen balik itu aku juga gak suka dipermasalahkan, ada yang komen kita belum masuk mungkin karena sinyal langsung misuh2 orangnya ada, ada yang baik positif thinking, yang negatif thinking mending dijauhin aja bisi ketularan jadi negatif heuheu

    BalasHapus
  2. Nice info mba.
    Aku malah bingung ngapusin broken link dari komentar. Belum Nemu caranya nih.

    BalasHapus
  3. Belum pernah ngalamin sih komentar hilang ya paling aku yang del kalau ada link hidup aja sih. Makasih infonya kak

    BalasHapus
  4. Pasti bingungnya bukan main ini. Kepeleset jempolnya, eh hilang ratusan komen.

    BalasHapus
  5. Hehehhe....masalah komentar ini kekadang memang bisa jadi masalah, komentar itu penting sekali untuk para blogger, kalau tak bermasalah tak akan dihapus

    BalasHapus
  6. AQ si orangnya santai mba ... Kalau AQ niat komen y komentar aja ga pikir minta balasan hihihi tapi kalau ada yg baik hati ya terimakasih . Terimakasih sharingnya JD tau pentingnya sebuah komen

    BalasHapus
  7. Dulu banget pernah mengalami gak sengaja kehapus komen, tapi yg menghapus suamiku pas lg mindahin artikel apa gtu hahaha. Trus aku mutung wkwkwk. Masalah komen aja bikin gondok suami istri wkwkwk malu pas diinget2. Pas aku waktu itu gk bisa balik, jd yaweslah diikhlaskan :D

    BalasHapus
  8. wah ternyata menghapus komentar di blog juga ada caranya yaa.. bagus nih buat dicatat.. makasih infonya ya Mba.. btw akupun terkadang baru nulis di penghujung jadwal penyetoran artikel, salah satu kelemahanku tuh, soalnya ide kadang munculnya jelang batas waktu pengumpulan sih mba..

    BalasHapus
  9. wah pasti shock banget ya ketika tahu pertamakali
    gemes gemes gimana gitu
    saya dulu pernah mirip kasusnya...ga tahu kenapa blog saya eror
    jadi ga ada kolom komentar
    yang ada kolom tuk G+
    jadi komentar yang pake url ga ada
    akhirnya saya minta teman bantuin perbaiki
    akhirnya bisa

    BalasHapus
  10. Pernah nih kayak gini juga. Niat mau approve komen, malah hapus. Untungnya cuma 1 aja waktu itu, panik doong walau cuma 1, langsung deh colek Mbak Al yg memberi komen, jelasin dan minta tolong buat kembali lagi.
    Huaaa, gak kebayang deh klo sampe 100. Komentar itu bagai nyawa kedua dalam tulisan, klo gak ada komentar gak semangat kitanya, huhuhuh.
    Saya jg pernah hapus komen krna broken link, caranya ya kayak gini juga. Copas si komentar trus masukin link yg benar, jadi seakan2 orangnya sendiri (pemberi komen) yg ngasih komen. Rempong siih. Tp so far tahu cara itu.

    BalasHapus

Halo!
Terima kasih sudah membaca. Ayo tinggalkan jejaknya di kolom komentar yaaa...

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES