Selasa, Desember 25, 2018

Hindari Beberapa Hal ini Agar Bibir Tidak Hitam


Kenapa sih para wanita suka pake lipstick??? Menurut kamu apa ya alasannya? Ternyata, ga cuma buat menunjang penampilan biar tetap kece badai, lipstik dipakai para wanita untuk menutupi ketidaksempurnaan. Yaitu untuk menutupi warna bibir yang hitam. Soalnya biasanya hal ini tuh bisa menurunkan kadar PD ye kan? Haha...

Walaupun udah rajin merawat bibir biar ada rona warna alami, pada kenyataannya warna gelap di bibir itu memang sulit dihilangkan.

Eits, ga usah sedih - ga usah gundah yaaaa... Bisa jadi kesalahannya bukan saat perawatan. Bisa jadi karena kebiasaan sehari-hari loooh...

Penyebab bibir hitam bisa aja muncul karena hal yang selama ini diremehkan dalam keseharian.

Nah, biar warna bibir hitam ga jadi makin hitam, coba hindari beberapa hal di bawah ini:


1. Jangan Lupa Bersihkan Lipstik


Ini crusial nih! Kalo kamu sampe lupa ngebersihin lipstick, jangan heran kalo bibir kamu bisa aja jadi hitam. Karena lipstick mengandung partikel kimia yang bisa mengendap di bibir dan membuatnya jadi hitam. 

So, pastiin lipstick kamu udah bersih sebelum istirahat malam ya...


2. Jangan Asal Diet


Diet boleh. Tapi jangan asal diet yaaa... Diet yang ga baik sering bikin tubuh kekurangan asupan gizi dan nutrisi. Salah satunya kurang asupan vitamin C. Padahal nih ya, vitamin C ini adalah faktor penting buat kesehatan bibir.

Nah, biar warna bibir ga gelap, perlu diperhatikan asupan gizi dan nutrisi buat tubuh ya. Konsumsilah buah dan sayur.


3. Jangan Sampai Dehidrasi


Dehidrasi berarti tubuh kekurangan cairan. Kalau sudah begini, semua bagian tubuh termasuk bibir juga akan kehilangan kelembabannya. Efeknya adalah bibir jadi kering, pecah-pecah, dan bisa juga menyebabkan warnanya menjadi gelap.

Biar ga dehidrasi jangan lupa untuk penuhi asupan cairan tubuh dengan cara: minum minimal delapan gelas air putih setiap hari.


4. Jangan Kebanyakan Konsumsi Kafein 



Tentang kafein ini juga perlu di-highlight. Penting banget buat konsumsi minuman berkafein dengan porsi yang seperlunya aja. Kalo porsi yang diminum pas, tentunya berasa manfaat kafein itu. Tapiiii, kalo kelebihan perlu waspada. Alih-alih dapet manfaat sehat, malah bisa juga menyebabkan bibir hitam.

Ini karena kafein adalah salah satu zat diuretik yang bakal sering bikin kita buang air kecil. Jadi, berpotensi dehidrasi juga tuh. Imbasnya adalah bibir bisa jadi gelap juga.


5. Hindari Paparan Sinar Matahari


Karena kandungan sinar matahari yaitu UVA dan UVB-nya, bibir bisa saja mengalami hiperpigmentasi. Ha itu bisa terjadi saat produksi melanin terlampau banyak, sehingga bisa menyebabkan warna bibir menjadi gelap.

Hal itu bisa diakali dengan senantiasa memakai pelembab bibir alias lip balm yang ada kandungan SPF-nya.


6. Jangan Sering Menjilat Bibir



Siapa yang suka kebiasaan menjilat bibir hayooo??? Kadang kan ya kita suka sengaja - ga sengaja jilat bibir. Ternyata itu bisa berdampak buruk untuk kesehatan bibir. Nah loh!!!

Kebiasaan jilat bibir yang sering dianggap remeh ini ternyata memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan bibir. Karena bisa membuat bibir jadi kering dan jika diabaikan dalam kurun waktu yang lama bisa-bisa membuat bibir berubah gelap.

Jadi, mulai sekarang stop kebiasaan suka jilat bibirnya yaaa....


7. Jangan Merokok




Nah, kalo kamu adalah seorang perokok, jangan heran saat mendapati bibir kamu berwarna semakin gelap ya. Untuk mengembalikan warna bibir agar tidak gelap  kamu bisa mulai berhenti dari sekarang. Selain memang terbukti tak baik bagi kesehatan, merokok juga membuat gigi berwarna kusam bahkan kuning. Begitu juga warna bibir yang terkena imbasnya.

Pigmen bibir yang menjadi gelap itu disebabkan oleh kandungan nikotin di dalam rokok. Walaupun sudah dirawat dengan baik, warna bibir akan tetap hitam kalau kamu terus merokok.


8. Jangan Lupa Rawat Bibir


Tak cuma kulit wajah yang pelru dirawat. Bibir pun perlu dirawat loooh. Bahkan dengan perawatan yang ekstra kalau kamu adalah pengguna lipstick.

Biar warna bibir tidak kusam dan berubah menjadi gelap, jangan lupa untuk selalu menggunakan lip balm. Tak cuma itu, perlu juga untuk mengeksfoliasi bibir minimal dua kali dalam seminggu.

Ini dilakukan untuk mencegah penumpukan sisa lipstick pada bibir. Juga untuk mengangkat tumpukan sel kulit matinya agar bibir tetap merona alami.


Itulah beberapa hal yang perlu dihindari agar bibir tidak berubah menjadi hitam. Beberapa hal yang dianggap remeh harus mulai diperhatikan agar terhindar daei bibir hitam ya...

Agar warna bibir merona alami, hindari hal buruk tersebut dan jangan lupa untuk merawatnya setiap hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halo!
Terima kasih sudah membaca. Ayo tinggalkan jejaknya di kolom komentar yaaa...

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES