Rabu, November 21, 2018

Tema Blog yang Suka Kubaca dan yang Suka Kutulis


Masuk hari kedua tantangan Menulis 30 Hari. Aku bakal ngobrolin soal tema blog yang kusukai. Tulisan ini akan kubagi menjadi dua. Yaitu tentang tema blog yang suka kubaca dan tema blog yang suka kutulis.

Lah? Kenapa beda?
Aku juga nggak tahu kenapa tema blog saat aku menulis dan membaca terbagi begitu.

Daripada bingung, aku langsung sharing aja ya...


Tema Blog yang Suka Kubaca

Membaca itu hobi dari duluuu banget. Sampai aku SMA masih sering dipanggil kutu buku. Mau itu buku pelajaran, koran, bahkan majalah trubus juga aku lahap habis.

Waktu SMA aku bersekolah di sekolah asrama. Setiap Sabtu aku pulang ke rumah tante. Biasanya aku suka duduk di warung kelontong miliknya. Sambil jaga warung nih ceritanya, aku baca semua koran yang ada di sana. Kebetulan Om-ku berlangganan. Kadang, kalau habis semua pernah kubaca, aku cari buku pelajaran sekolah adik sepupuku.

Biasanya buku PPKn, buku Bahasa Indonesia dan buku Agama yang sering jadi sasaranku. Soalnya banyak paragrafnya. Kan ga lucu baca buku Matematika yang penuh rumus toh? LOL

Nah, setelah melewati masa gagap teknologi akupun mulai membaca media online. Apa-apa carinya di Google. Dan akhirnya sering mendarat ke artikel dari web personal alias blog.

Kecuali untuk artikel resmi pemerintahan atau berita resmi, aku lebih memilih baca blog. Karena sisi personalnya itu membuat aku lebih percaya. Nah, tema-tema blog yang suka kubaca adalah tentang:

💚 Tema Parenting/Family. Aku senang membaca beragam informasi dari pengalaman yang dituliskan di blog tentang tema ini jauh sejak sebelum menikah. Rasanya semacam membaca panduan penting nan serius tapi dikemas secara pribadi.


Untuk blog tema ini, aku paling suka berlama-lama membacanya di Diary Mamii Ubii. Ini blog-nya Mbak Gesi. Selain cerita keseharian tentang dia bermain dan momong anak-anaknya, aku suka Mbak Gesi rajin berbagi materi bermainnya juga. Jadi, pembaca bisa unduh printable yang dia pake untuk main sama anaknya juga. Bisa langsung praktek gitu loh.

Terus juga ada cerita tentang kehidupan berkeluarga baik dari sisi Mbak Gesinya sendiri bahkan ada dari sisi suaminya, Mas Adit. Dan aku suka banget sama cara berbagi mereka melalui tulisan itu. Saaaangat personal dan mudah dicerna. Aku ya berharap juga tulisanku mudah dicerna kaya gitu. Hehehe...

💚 Tema Keuangan Rumah Tangga. Ada banyak sekali artikel tentang finansial. Tapi, yang paling suka kubaca adalah tulisannya Mbak Rinda di Rumah Barang Tinggalan. Bahasan yang njelimet dipaparkan sangat detail dengan upaya agar pembaca bisa paham. Itu yang kutangkap dari pembawaan tulisannya Mbak Rinda ini. Dan tujuannya ini berhasil telak.

Pertama kali baca salah satu artikelnya, aku maraton baca artikelnya yang lain juga. Bisa berlama-lama 'nongkrong' di blog ini. Isinya ilmu semua.

Blognya Mbak Rinda ini mengupas tuntas. Pokoknya jangan heran kalo isinya rata-rata lebih dari 1000 kata. Bahkan ga sungkan langsung menyarikan hasil bacaannya dengan bahasa praktis yang beliau sudah uji cobakan sendiri. Betul-betul personal dan terasa bahwa ini loooh emang udah dicoba langsung.

💚 Tema Travelling. Nah, kalau ini aku suka baca karena pengen tau cerita tentang suatu tempat. Blog yang kubaca yang mana? Mostly random aja. Jadi, ketika aku mau pergi ke suatu tempat, aku googling dulu. Kemudian milih artikel yang dari blog.

Sejauh ini, travel blogger yang selalu update aku tau Koh Deddy Huang, Kak Yayan 'Omnduttt'. Yang lainnya you name it, Ok? ^^



Tema Blog yang Suka Kutulis

Saat menuliskan tentang Tema Blog yang Disukai ini, aku baru sadar satu hal. Bahwa tema yang sering dan suka kubaca bukanlah niche blog-ku. Hahahaha...

Justeru, di blog Love & Share ini aku lebih suka dan lebih banyak menulis tentang:

💓 Tema Daily. Kebanyakan tulisanku berada dalam kategori 'sharing' yang kubuat. Isinya cerita pergi kesana-kesink, cerita berkumpul dengan teman-teman di acara ini-itu, dan beragam cerita hari-hari lainnya.

Loh? Itu mah masuknya ke travelling kali, Al.

Entahlah. Aku ga bisa serta-merta masukin tulisanku tentang pergi ke suatu tempat wisata lalu bilang itu adalah traveling. Karena bagiku ya itu cuma cerita kebetulan hari itu aku sedang pergi ke sana.

Jadi, bukan seperti travel yang disiapkan dengan seksama ke tempat yang jauh. Walaupun ada juga ceritaku main agak jauh sedikit ke pulau seberang. Tetap saja aku masukkan ke kategori sharing itu.

Karena ceritaku bukan tipikal yang traveller banget, melainkan cerita dari sisi keseharian saja. Ini aku yang kurang PD atau gimana ya? Hahaha...

💓 Tema Beauty. Tepatnya ketika aku mulai serius belajar menulis yang baik di blog, yaitu tahun 2016. Aku menulis tentang beauty stuff. Suka kecantikan gitu sudah dari dulu kok. Cuma, di tahun itu aku mulai semacam serius. Mulai melengkapi alat tempur per-beauty-an dan jajan ke toko kosmetik.

Baca:

TOKO MAHMUD BANDUNG BUAT YANG NYARI KOSMETIK DAN MAKE UP KIT MURAH!



Lalu, mulailah aku berbagi tentang produk-produk yang kupakai di blog ini. Ditambah lagi, aku pertama bergabung dengan komunitas beauty blogger juga. Beautiesquad namanya. Pertama kali aku memberanikan diri ikut challenge dandan. Wohoooo!!!

Saat itu aku sadar bahwa aku suka!


Fun Facts.

☺ Aku suka baca tema keuangan, tapi aku jarang tulis tentang keuangan. Alasannya karena aku merasa bukan speciality-ku di sana. Kecuali untuk materi yang aku pernah atau sudah dengar dari suatu seminar, sudah kubaca, sudah kupelajarilah intinya, barulah aku berani tuliskan.

Baca:

ASURASI BRILLIANCE HASANAH MAXIMA AJAK KITA BERWAKAF


Tapi, jatuhnya hanya sebagai review. Karena aku tidak sepenuhnya menuliskan hal praktis yang kujalani. Karena itu aku tidak percaya diri menulis tentang itu.

Bukan bagianku.


☺ Tema parenting sudah kubaca sejak gadis. Jatuhnya sebagai bekal untukku terapkan. Selama ini tidak menuliskan tentang parenting secara khusus karena alasan yang sama: belum praktek.

Nah, setelah menjadi orang tua dan mengalami berbagai hal berkaitan pengasuhan dan kehidupan berkeluarga, sedikit banyak aku sudah punya bahan untuk diceritakan. Siapa tahu membawa manfaat. Niatnya aku tuliskan di blog khusus agar tak membuat blog ini makin gado-gado. Hahahaha...

Makanya aku sudah buat blog Celoteh Mamak. Sayangnya, manajemen waktuku harus diperbaiki lagi. Masih bertumpuk draft di sana yang belum kusentuh lagi.


☺ Walaupun aku suka tema beauty, secara intensitas aku tidak pernah berlama-lama membaca artikel blog tentang beauty ini. Itulah sebabnya tak masuk dalam daftar tema blog yang suka kubaca di atas tadi.

Alasannya adalah karena aku lebih suka menonton video tentang beauty. Ada banyak sharing per-beauty-an di channel YouTube. Bahkan hampir semua beauty blogger saat ini telah melengkapi tulisannya dengan video baik di YouTube maupun di akun Instagram mereka.

Nah, alih-alih membaca tulisannya, aku lebih suka menonton langsung video mereka. Baik itu tentang review produk ataupun tutorial. Kenapa? Karena di video lebih ekspresif dan terasa personal.

Entah menurutku, ini menurutku loh yaaaa... Hampir semua artikel beauty di blog itu template-nya seragam. Sedikit menjelaskan produknya (bahkan sering over sampai ke sejarahnya yang jauuuuuh sekali bahasannya), dilanjutkan dengan informasi harga, bahan baku, dll dengan bentuk daftar atau ceklis.

Ini membuatku bosan. Terasa kurang bernyawa saja tulisannya. Tapi, dari sana aku jadi belajar untuk tidak menulis dengan template seragam yang standar seperti itu.

Baca:

REVIEW X2 SOFTLENS KOKO BLACK BY EXOTICON


Aku berharap pembaca blog-ku di kategori beauty ini tidak merasa bosan saat membaca ulasan dan ceritaku. Juga tetap bisa merasakan sisi personalku. Itukan yang membedakan blog dengan web resmi?

Jangan sampai kehilangan nyawa dalam setiap tulisan. Itu yang selalu kucoba untuk pertahankan. Karena aku menulis untuk berbagi ceritaku. Artinya dengan caraku.


Nah, kalau kamu Suka Tema Blog apa?

#BPN30DayChallenge2018
#bloggerperempuan
#Day2

6 komentar:

  1. Nyatanya Beauty jadi salah satu tema yang sangat dicari banyak orang sekaligus menginspirasi orng2 macam saya yng kudet sama beauty😅 hehe.

    Mantab mbak..

    BalasHapus
  2. Aku suka review alma deteil banget

    BalasHapus
  3. Kalo saya paling suka nulis dgn tema traveling, karrna pada dasarnya saya senang jalan2.. Menulis tema traveling sangat asyik karena berdasarkan pengalaman pribadi, sehingga saya lancar menuangkannya dalam bentuk tulisan..

    BalasHapus
  4. Kalo aku suka traveling sama food...hahaha ga jauh-jauh urusan perut

    BalasHapus
  5. aku masih belajar untuk menulis seperti koh deddy, hahahaha keren banget dah... artikel ini bagus, penyampaiannya bener-bener nyambung ke pikiran, jadi kedepannya kita harus bisa semakin potensial ya mbak.... #jejakbiru

    BalasHapus
  6. Saya dulu sering main ke blog mami Ubii, kalau mba Rinda lebih sering ikutin story nya :D
    Kalau traveling, saya suka nulisnya tapi kurang greget kalau bacanya hahaha.
    Mending kuliner

    Kalau saya lebih suka menulis apapun yang saya alami dan ketahui dalam hidup, semua saya tuangkan di blog, campur aduk deh kayak gado-gado haha

    Tapi, demi terlihat rapi saya bikin sub tema harian.
    sayangnya sekarang lagi ikutan challenge BPN, jadinya tema hariannya kacau :D

    BalasHapus

Halo!
Terima kasih sudah membaca. Ayo tinggalkan jejaknya di kolom komentar yaaa...

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES