Sabtu, Desember 09, 2017

Kontur untuk Mempertegas Garis Wajah [BS Makeup Collaboration]



Assalamualaikum, Teman- teman.
Setelah sebelumnya aku ikut makeup collaboration perdana dalam rangka merayakan ulang tahun Beautiesquad (BS) lalu, ini adalah kolaborasi keduaku.

"Akhirnya, pecah telor!" 

Itu ungkapan khas orang Palembang ketika berhasil melakukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Harapannya, aku bisa terus ikut berkontribusi di agenda-agenda kece BS ini.

Nah, untuk kolaborasi makeup bulan Desember ini, temanya adalah: Makeup adalah Hak KamiTema ini diangkat dalam rangka memperingati hari HAM (Hak Asasi Manusia) yang jatuh pada tanggal 10 Desember.




IDE KONSEP MAKEUP
Untuk tampian make up dalam kolaborasi ini, saya fokus ke sesuatu yang sangat ingin saya lakukan dari dulu. Yaitu  fokus di garis wajah. Idenya lebih ke menampilkan garis wajah dan mata. Harapannya final look: Tegas dan Dewasa.

Kenapa?

Soalnya saya selalu dikira anak SMP. Hahahaaha...
Selain itu, kontur dan makeup mata merupakan hal yang selalu membuat saya takjub. Saat sedang melihat menonton video tutorial, saya lebih suka memperhatikan bagian makeup mata dan kontur garis wajah. Rasanya fresh dan enak dilihat ketika garis-garis wajah itu dibuat tegas.

Bahkan tak jarang membuat tampilan sebelum dan sesudah makeup sangat berbeda alias bikin pangling. Pengaplikasian kontur di garis wajah dengan tepat bisa membuat hasil akhir makeup mengesankan. Begitu kesannya menurutku.

Tapi, aku sendiri tidak terlalu percaya diri untuk mengaplikasikannya di seluruh garis wajahku. Pengaplikasian kontur paling standar yang kulakukan adalah di bagian tulang hidung.
Should I try it this time?

Sedangkan make up mata, adalah sesuatu yang hingga saat ini masih menjadi PR besar.
Bentuk mataku yang asimetris; yang satu lumayan terbuka dengan garis kelopaknya, tapi yang satunya tanpa garis kelopak dan cenderung lebih slanted.
Keadaannya ini membuat pengaplikasian makeup mata lebih tricky. Aku belum menemukan makeup mata yang seperti apa yang kurasa cocok.
Jadi, sepanjang waktu ini lebih ke trial and error. Padahal, aku sangat penasaran dan ingin sekali mencoba make up mata smokey. Can I?

Nah, dalam rangka memperingati hari HAM (Hak Asasi Manusia) ini, aku akan mencoba sesuatu yang baru. Semoga tidak menjadi bulan-bulanan karena hasilnya yang 'yaaaah... begitulah' LOL
Karena MAKE UP ADALAH HAK KAMI!!!

Yeayyy!!!

Misi:
1. Menegaskan garis wajah dengan mengaplikasikan kontur
2. Membuat make up smokey eyes

Wish me luck!


STEP BY STEP MAKEUP APPLICATION
Tahapan pengaplikasian makeup-ku kali ini sama seperti biasa. Diawali dengan skincare sebelum pengaplikasian makeup. Berikut tahapannya:

💜SKINCARE
Skincare ini penting sekali bagiku. Karena kalau ingat riwayat kulitku sebelumnya, aku tidak mau melewatkan tahapan penting ini.

Sebelum berkreasi dan asyik menggambar di wajah, aku membersihkannya terlebih dahulu. Pertama, aku cuci muka dan mengaplikasikan toner setelahnya. Skincare yang kupakai adalah rangkaian daily set Jafra untuk jenis kulit kombinasi berminyakku.

💜💜PRIMER
Setelah skincare wajib itu, aku menggunakan Make Over Hydration Serum sebagai Primer. Cukup sekali pump dan kuratakn ke seluruh permukaan wajah sambil ditepuk-tepuk setelahnya.

💜💜💜FOUNDATION + SET BEDAK
Ketika primer telah meresap, saatnya menggunakan foundation. Sebenarnya riwayat perjalanan kulitku menyikan beberapa scars berbentuk bopeng yang lumayan dalam. Ada yang bekas jerawat dulu, ada juga bekas cacar yang kudapat saat SMP. Bagian ini masih menjadi PR.

Foundation tak bisa serta merta menghalaunya. Walaupun menyisakan lubang bopeng yang agak dalam, untungnya kecil saja alias tak melebar. Jadi, masih aman setelah pengaplikasian foundation. Aku menggunakan Wardah Exluive Liquid Foundation Shade 03 (Sandy Beige).
Sebenarnya foundation ini agak sedikit gelap untuk tone kulitku. Aku sengaja menggunakannya karena ingin membuat kesan tegas di wajah saat full countour nanti.

Selain liquid foundation wardah, aku juga menggunakan PIXY BB Cream Bright Fix yang agak lebih terang dibanding wardah tadi sebagai concealer di bawah mata, dagu, dan bagian tengah dahi.
Baik foundie maupun concealernya kubaurkan dengan menggunakan brush agar hasil covernya bisa merata menutupi scars tadi. Menggunakan brush juga memudahkanku untuk build up coverage-nya tanpa takut terlalu tebal hasilnya.
Selesai meratakan foundie, aku pun membubuhkan bedak untuk membuatnya set di wajah. Bedak yang kupakai adalah PIXY UV Whitening Two Way Cake Cover Smooth Shade 04 (Natural Peach). Pengaplikasiannya sangat tipis menggunakan kabuki brush.

💜💜💜💜EYE MAKEUP + ALIS
Selanjutnya, aku beralih ke makeup mata. Ini yang lumayan menghabiskan waktu. Karena membuat smokey eyes look dengan modal berani nekad ini cukup challenging.
Aku mengaplikasikan Automatic Eyeliner Skincare Makeup CARING by BIOKOS di seluruh kelopak mata.

Literally, seluruh permukaan kelopak. Lalu kubaurkan dengan brush dan membubuhkan PIXY Eye Shadow (05) yang warna terangnya di bagian tengah kelopak. Kubaurkan kembali hingga memberikan warna abu-abu. Bagian bawah mata kuberikan warna coklat dari eye show tadi, juga warna hitam dan dibaurkan kembali.

Masih menggunakan eyeline Caring, aku menegaskan eye line bawah. Untuk line atas, kugunakan liquid liner My Darling karena mudah digunakan untuk pemula sepertiku. Juga cepat kering sehingga tidak takut merusak makeup sebelumnya.

Bentuk eye line atas kubuat sedikit bersayap. Honestly, aku merasa wing eye liner tidak pernah cocok untukku. Tapi kali ini aku ingin mencoba apa yang aku inginkan. *wink

Lanjut dengan white lining di line bawah mata menggunakan PIXY Line & Shadow putih. Juga di bagian sudut dalam mata kububuhkan warna putih ini. Akhirnya bagian akhir untuk make up mata ini adalah maskara.

Well, hampir seluruh rangkaian makeup mata ini sulit bagiku. Maskara salah satunya. Bulu mataku awalnya pendek, tapi aku coba treat dengan Petroleum Jelly dan lumayan membantu. Meskipun begitu tidak bisa serta-merta membuat pekerjaan eye makeup-ku jadi mudah. Tetap saja perjuangan. Hahahaha...

Kujepit dulu bulu matanya, dan kemudian kuaplikasikan Waterproof Mascara dari SILKYGIRL Eye Opener. Beberapa lapis untuk bulu mata atas, dan hanya selapis untuk bulu mata bawah.
Hasilnya mungkin tak terlalu mencolok. Selain karena aku tak menggunakan bulu mata palsu, aku juga kerepotan menggunakan maskara ini. Untung saja eye shadow gelap untuk mata tadi sedikit membantu.

Harusnya kalau aku ada stok bulu mata yang dramatis, akan lebih memuaskan kehendakku. Tak apalah! Untuk percobaan pertama, hasil ini sudah cukup mewakili tampilan smokey eyes yang kuinginkan.

Kemudian untuk alis, masih jadi kesukaanku pensil alisnya SULAMIT yang brown. Garis alisnya hanya mengikuti bentuk alisku saja. Seperti biasa aku membuat bingkai dari ujung alis ke depan. Lalu mengisi warnanya hingga setengah saja. Disikat dengan sikat alis menuju bagian luar agar tercipta gradasi dan tidak membuat alis jadi kaku berbentuk kotak simetris.

💜💜💜💜💜CONTOUR
Ini dia bagian lain yang menjadi misi kali ini!
Saya memulai dengan kontur tulang pipi, dilanjutkan ke dahi dan rahang, lalu sedikit di garis dagu juga hidung pastinya.

Menggunakan PIXY Highlight & Shading Perfecting Face Shape, bagian tulang pelipis, puncak hidung, dan atas bibir juga kuberi highlight untuk mendukung kontur tadi.

Kontur dan highlight dari PIXY ini bentuknya powder, jadi sangat mudah dibaurkan menggunakan kuas agak besar. Untuk shade konturnya aku suka. Warnanya pas dan sangat pigmented. Jadi, pakai sedikit sudah bagus hasilnya. Tapi, untuk highlight-nya kurang cetar. Perlu beberapa kali aplikasi barulah nampak shining.^^

💜💜💜💜💜💜LIPSTICK
Saat mengalikasikan primer di awal tadi, aku telah membubuhkan NIVEA lip butter aroma raspberry rose di bibir. Karena dari awal aku berencana akan menggunakan matte lipstick. Hasilnya akan lebih bagus saat bibir sudah lembab menurutku.

Untuk tampilan dengan kesan tegas ini, aku menggunakan Me Now Kiss Proof Matte Lipstick no.12 full di permukaan bibir. Agar hasilnya bold, karena shade Me Now yang ini warnanya coklat bibir (ah, gimana penjelasannya ini? LOL). Intinya hasilnya akan mendukung final look nanti menurutku. Let's see!

💜💜💜💜💜💜💜MAKEUP SPRAY
Biasanya aku pakai spray ini agar hasilnya tahan lama. Tapi, kali ini aku skip.
So, tidak ada makeup spray yang kugunakan untuk look ini.


Tadaaaaaa!!!
Inilah hasil akhir makeup yang selama ini sangat ingin kucoba.

Kesan tegas dan dewasa yang ingin kutampilkan ini kira-kira tersampaikan tidak ya?



Aku menggunakan jilbab paris warna merah agar kontras dengan eye makeup-ku. Ditambah dengan aksesoris di atasnya berupa rangkaian manik-manik berwarna silver dan biru.
Ini sebenarnya adalah belt. Hehehehe...

Tadinya aku hendak menggunakan bros bunga tepat di dahi.
Tapi kesannya kok jadi manis ala artis Indiahe, kan aku inginnya kesan tegas.^^
Akhirnya, belt ini jadi pilihan!

Bagaimana menurutmu?
Tercapaikah kedua misiku soal percobaan kontur dan smokey eyes itu?
Apakah konsep tampil tegas dan dewasa tercermin di hasil akhir makeup ini?

Hehehehe...
Please kindly share your opinion in the comment column below! *kiss

Terima kasih sudah mampir membaca yaaaa...
Teman-teman juga bisa ikut berkreasi menyalurkan hobi dan ikut beragam kolaborasi makeup bersama Beautiesquad loh! Cuss, kepoin akun sosial media BS agar tak ketinggalan info kece lainnya.

Lihat juga hasil makeup Sani untuk kolaborasi bulan ini ya.
Keren kan hasilnya?


Lihat juga kolaborasi teman BS lainnya di akun sosial media Beautiesquad.
Ini dia kolase fotonya!



26 komentar:

  1. Aku masih belum bisa pake kontur :(


    -www.kembanggularoom.com-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg masih coba-coba teh ahhahaa

      Hapus
  2. Bagusss banget kak makeupnya soft bangeeet

    BalasHapus
  3. Ternyata warna lipsticknya bagus ya yg shade itu ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yg ini mayan jadi andalan. Buat sehari2 juga bagus

      Hapus
  4. penasaran sm eyelinernya biokos =D

    www.lucyanaliu.com

    BalasHapus
  5. Keren. Senada sama aksesoris nyaa

    BalasHapus
  6. Waaa, sama-sama perdana ikut makeup collab ya? Aku juga masih belum bisa contouring nih. Harus sering-sering latihan, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih masih newbie. Ini yg kedua tepatnya ;)

      Hapus
  7. Contour kit nya pixy cucok meyong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes. Bagus konturnya. Cuma highlightnya aja yg kurang blink hehe

      Hapus
  8. pengen cobain eyeliner dari caring by biokos deh ..

    ranisandra.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. Warna lipen nya cakep, yess..

    BalasHapus
  10. Kamu dikatain anak SMP? Ya ampun, gapapa. Awet muda. Ambil positifnya, sisi lain bisa pakai makeup "tua" tanpa dikira sudah tua kan? <3

    www.vinasaysbeauty.com

    BalasHapus
  11. Punya wajah terlihat lebih muda kadang malah bikin kita tertarik mencoba makeup gaya lain ya :)

    BalasHapus
  12. Aku juga beberapa kali pakai pixy highlight dan shading, kalau highlight kadang aku blend sama eye shadow warna putih 😁. Udah tegas nih tulang pipinya

    BalasHapus
  13. Bagian wajah yg dikontur kece banget, aku jg suka dgn kontur yg tegas walaupun wajahku sudah kurus hihi

    BalasHapus
  14. Suka warna bibirnyaaa ♡. Teracunii.

    www.etherealpotato.com

    BalasHapus
  15. masih amburadul buat berkontur kontur klo aku

    BalasHapus
  16. Bagus sekali mba hasilnya, sukaa...

    BalasHapus

Hai! Terima kasih sudah mampir yaaa...
Mari tinggalkan jejak biar aku tahu kalau kamu udah ke sini ;)
Mana tau nanti aku mau main juga ke tempatmu!^^

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES