Senin, Desember 18, 2017

Menggapai Cita dan Cinta, Ketekunan yang Berbuah Manis

Perjalanan penuh inspirasi astra 2017 menggapai cita cinta

Perjalanan penuh inspirasi.
Mimpi Melanjutkan Sekolah untuk Penghidupan Yang Lebih Baik Itu Pun Terwujud.

Siapa sangka Pilék, begitu panggilannya, berhasil menggapai mimpinya untuk terus belajar- melanjutkan sekolah demi cita-citanya memeroleh penghidupan yang lebih baik.

Namanya Akhmad Firli, seorang pemuda yang ulet dalam setiap pekerjaannya, termasuk belajar di masa sekolahnya. Keinginannya untuk melanjutkan sekolah; untuk belajar sangatlah besar. Untuk itu ia tekun belajar.

Menurutnya, ia bukanlah siswa pandai, melainkan hanya seorang siswa yang fokus dengan apa yang dijalaninya. Tapi bagiku, ia siswa yang cemerlang. Ia adalah bukti nyata sebuah perjalanan penuh inspirasi bagiku.



Langganan Juara 1

Firli adalah temanku semasa SMP (Sekolah Menengah Pertama). Sepanjang pengetahuanku, beliau memang sering direferensikan para guru karena kepintarannya. Sebut saja Pak Supri, guru Matematika sekaligus guru Fisika kami yang kerap menyanjungnya saat sedang menjelaskan materi pelajaran.

Kami berbeda kelas saat itu. Tiap kali siswa di kelasku tak paham materi yang disampaikan oleh Pak Supri, beliau akan menyebut nama Firli dan mereferensikan agar kami belajar darinya. Jelas ini adalah indikasi bahwa Firli memang berbakat terlepas dari pengakuannya soal fokus tadi.

"Dari awal aku yakin kalo mau nguasain sesuatu, kita harus suka dulu," jelasnya padaku saat kutanya bagaimana ia bisa begitu mahir.

Saat ini ia adalah salah satu mekanik alat berat dengan spesialisasi unit khusus. Setamat SMP ia melanjutkan pendidikan ke SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan memilih jurusan otomotif.

Kami sudah tak satu sekolah lagi sejak saat itu. Takdirlah yang kemudian membawaku bertemu ia kembali. Kemudian, aku berkesempatan mengambil banyak pembelajaran dari perjalanan hidupnya yang penuh inspirasi itu.

Selama di SMK kudengar ia semakin melejitkan prestasinya. Juara 1 tiap semester dan tiap kenaikan kelas selalu dikantonginya.

"Firli mah langganan juara!" kata Ijum temanku yang satu sekolah dengannya kala itu.

Kabar tentangnya di masa SMK itu turut menjadi motivasiku dalam belajar. Sejak referensi dari Pak Supri dulu, kami sepakat untuk saling belajar dan menyemangati satu sama lain. Motivasi kami yang sama-sama ingin terus belajar menjadikan hubungan pertemanan ini mengakar walau terbatas jarak.

Perjalanan penuh inspirasi astra 2017 menggapai cita cinta
Wisuda UT-School 2010

Aku pun tak heran ketika akhirnya ia berhasil menyelesaikan pendidikan keterampilan mekanik dari YKB-UT (Yayasan Karya Bakti United Tractor) yang merupakan salah satu program CSR Astra.



Agar berdaya, haruslah terampil!

Fokus yang dimiliki temanku ini memang tak perlu diragukan. Sejak berteman dekat dengannya aku paham satu hal. Bahwa tak ada yang tak mungkin jika memang diperjuangkan.

Hal ini berlaku untuk cita dan cintanya.

Tamat SMK dengan nilai yang bagus, bahkan memeroleh nilai tertinggi se-kabupaten adalah prestasi besar. Namun, pencapaian tersebut tak serta-merta membuka jalan mulus bagi pemuda tanggung dari keluarga sederhana itu.

Keinginan untuk melanjutkan sekolah terpaksa ditahan karena masalah klasik, biaya. Tawaran guru SMK-nya untuk ikut pelatihan otomotif dengan ikatan dinas 9 tahun di kota kembang pun harus ditolaknya dengan tegar.

Dengan penuh keyakinan ia menolak karena harus ada biaya awal sebesar Rp6000.000. Sementara ia paham, saat itu belum memungkinkan untuk menyediakan dana tersebut walaupun gurunya membujuknya untuk berdiskusi dengan keluarga dahulu.

Perjalanan penuh inspirasi catur dharma astra

Beragam cerita tentang kerja di bengkel knalpot hingga menjadi CS sekaligus teller di kantor pos cabang di Kapahiang, Bengkulu ikut menghiasi perjalanan Firli menggapai citanya.

Hingga akhirnya sebuah kesempatan hadir. Guru SMK yang tak lelah mendukungnya, Pak Agus mengabarkan tentang program CSR Astra untuk Indonesia cerdas dan kreatif, sebuah program yang nantinya akan menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas seperti 4 pilar tanggung jawab dalam kontribusi sosial Astra.

sumber: astra.co.id

UT-School (United Tractors School) adalah program CSR Astra dalam naungan Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKB-UT). Berdiri sejak tahun 2008 dengan mengusung visi:

Menjadi lembaga pendidikan keterampilan mekanik dan operator alat-alat berat terbaik di dunia.” Melalui UT School (YKB UT) menjadi wadah pelaksanaan program pendidikan yang secara intensif mempersiapkan operator dan mekanik alat berat yang professional dan terampil sesuai persyaratan internasional.

Setelah melalui beberapa tahapan tes, Firli akhirnya lulus untuk ikut program UT-School. Ketekunannya dalam belajar di masa sekolah mulai menunjukan hasil. Dengan latar belakang jurusan otomatif yang dimilikinya, ia pun terpilih menjadi salah satu siswa UT-School dari 2 orang yang lulus di wilayah tesnya.

"Waktu itu memang masih perlu biaya untuk hidup di Jakarta tentu saja. Namun, melihat kesempatan untuk belajar lagi dan peluang bekerja setelahnya, aku akhirnya mendiskusikan kemungkinan berangkat ke UT-School itu dengan keluarga," ceritanya.

Mekanik teladan UT perjalanan penuh inspirasi

Hambatan klasik soal biaya itu memang selalu ada. Tapi dengan pertimbangannya, Firli memutuskan untuk ikut program Astra itu. Keluarga mendukungnya dengan membekali uang hasil pinjaman untuk biaya hidupnya semasa belajar di Jakarta.

Sebuah kesempataan emas yang mengantarnya melalui banyak kisah lainnya. Termasuk ikut kompetisi Mekanik Teladan United Tractors.



Hadiah Kecil 

Sejak lulus pendidikan UT-School, gaji magang pertamanya sudah ditabungnya. Firli tak mau menyiakan kesempatan sedikit pun dalam menggapai cita-citanya: penghidupan yang lebih baik.

Hingga akhirnya diterima bekerja di salah satu anak perusahaan Astra dan menerima penghasilan lebih dari cukup, ia pun berangan mempersembahkan sedikit hadiah untuk keluarganya.

Sebuah rumah untuk orang tuanya yang dibangun sedikit demi sedikit menjadi hadiah pertamanya. Kemudian, hadiah kecil lainnya untuk saudara perempuannya. Ia bertekad untuk menyekolahkan adiknya ke perguruan tinggi.

Perjalanan penuh inspirasi astra 2017 menggapai cita cinta
Pelatihan Militer UT-School

Alhamdulillah cita cintanya untuk keluarga kini terwujud satu per satu. Betapa sekarang Firli menjadi salah satu SDM profesional yang berhasil mengembangkan diri juga menjadi tulang punggung keluarga yang bertanggung jawab.

Dari salah satu program Astra, yakni UT-School yang digagas oleh YKB-UT ini, ada banyak insan Indonesia yang terbantu ekonominya.

Ada banyak Firli- Firli lain yang telah ikut menikmati manisnya buah ketekunan fasilitas belajar itu. YKB-UT dalam bentuk UT-School ini turut bekerja sama dengan sekolah kejuruan di penjuru Indonesia.

Tak hanya menyelenggarakan program pendidikan pelatihan jangka panjang dan jangka pendek seperti yang diikuti temanku ini saja.

Hal ini dilakukan Astra untuk mendorong peningkatan mutu dan standar industri nasional sebagaimana yang tertera dalam filosofi catur dharmanya dalam mencapai yang terbaik.


Perjalanan takdir memang tak ada yang tahu. Siapa sangka perjalanan penuh inspirasi ini dilalui oleh teman SMPku yang tekun ini. Takdir memang penuh rahasia.

Entah bagaimana cerita alternatif lain yang mungkin dijalani Firli jikalau Astra tak menyelenggarakan program ini.

Mungkin ia akan tetap melanjutkan sekolah pada akhirnya. Namun, entah berapa lama harus menunggu kesempatan itu. Mungkin hadiah-hadiah kecil untuk cintanya tadi belum akan terwujud secepat itu.

Inilah bukti ketekunan yang akhirnya berbuah manis. Mewakili temanku, sahabat baikku, yang karena takdir juga saat ini menjadi suamiku, aku berterima kasih.

Terima kasih pada Allah, juga pada kesempatan yang dibentangkan oleh Astra. Semoga tak henti menyambung asa para insan di Indonesia dengan rangkaian program-program bermanfaatnya.

Salam Satu Indonesia!

Perjalanan penuh inspirasi astra 2017 menggapai cita cinta


21 komentar:

  1. Terharu, suka, dan bangga..
    Semoga selalu bahagia 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin. Makasih dek. Barakallahulaka.
      Semoga kebahagiaan juga selalu buatmu

      Hapus
  2. Keren temannya mbak Alma :D
    Btw saya masih bingung UT Scholl ini lembaga pendidikan ataukah pemberi dana beasiswa gtu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. UT School ini lembaga pendidikan dari salah satu yayasan Astra, Mbak. kerjasama dengan disnaker dan SMK setau alma.

      Hapus
  3. wah keren... salut juga untuk CSR nya ASTRA yang membawa banyak manfaat untuk masyarakat luas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. Alhamdulillah membawa banyak manfaat.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir, Pak dokter :)

      Hapus
  5. di mana ada kemauan di situ ada jalan. keren banget akhirnya bisa mencapai cita-cita. semoga sukses selalu buat temannya mbak dan buat mbak juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbak.
      Siapa yang bersungguh-sungguh maka jadilah ia. Semoga sukses juga buat mbak Grant.

      Hapus
  6. Aku selalu suka sama cerita yang Hepi Ending. Bahagia selalu Alma dan keluarga 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Makasih mbak Nina sayang :)
      Semiga kebahagiaan juga selalu tercurah untuk mbak dan keluarga.

      Hapus
  7. Pasti rasanya ikutan bangga ya mbak, melihat temannya sukses yg secara tak langsung melalui ASTRA. Salam kenal mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak.
      Alhamdulillah. Salam kenal juga ya, Mbak Annisa.

      Hapus
  8. Keren, ikut senang, Teh. Astra memang top.
    Ini semua terjadi atas izin dan ridho Allah Swt..
    Semoga kedepannya juga tetap dimudahkan segala urusannya, doa serta cita-citanya terwujud satu persatu.. aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas.
      Alhamdulillah. Terima kasih banget sama kesempatan dan peluang yang disediakan ASTRA ini. Semoga main banyak juga yang mendapatkan manfaatnya.

      Hapus
  9. Firli:dari gaya fotonya sederhana tapi saya yakin dia punya pribadi yg luar biasa. Good luck..

    BalasHapus
  10. Astra bgtu proaktif akan kebutuhan bangsa ya mbak..... jaya selalu buat astra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alhamdulillah.
      Jaya selalu semoga makin banyak program kebaikan lainnya.

      Hapus

Hai! Terima kasih sudah mampir yaaa...
Mari tinggalkan jejak biar aku tahu kalau kamu udah ke sini ;)
Mana tau nanti aku mau main juga ke tempatmu!^^

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES