Kamis, September 21, 2017

Trik SEO Blog Super Gampang | NGOPI CANTIK #2

Trik SEO Blog Super Gampang


Assalamualaikum!

Aku mau sharing ilmu yang kudapat waktu mengikuti kulwap yang diadain oleh Beautisquad. Ini adalah tulisan yang berisi Trik SEO Blog Super Gampang yang dijelaskan oleh Mbak Shintaries. Sebelum aku jabarin ilmu penting yang kudapatkan selama materi berlangsung, aku tanya dulu nih ya...

Udah pada tau sama Beautisquad kan?
Yup! Bener banget! Beautisquad ini adalah komunitas beauty blogger. Nah, karena aku punya ketertarikan dalam dunia beauty (naluri wanita), aku pun bergabung dengan komunitas positif ini. Selama bergabung di sini, aku jadi menambah banyak teman sehobi lainnya.

Ditambah nih ya, Beautisquad itu punya beragam agenda yang bikin kita terus mengasah kreatifitas dalam hal menulis tentang beauty pastinya. Belum lagi agenda kulwap alias ... Kaya gini nih contohnya.

Kulwap Ngopi Cantik bareng Shintaries!

Ini adalah agenda Ngopi Cantik (Ngopcan) yang kedua. Temanya adalah SEO! Sayang banget kulwap yang pertama aku ketinggalan daftar, jadinya nggak ikutan deh.

Untunglah para beautisquad kece ini selalu update info materi a.k.a ilmu daging yang didapatkan di sesi NgopCan 1 kemarin. Jadi, kita bisa ikut dapet ilmunya deh! Bermanfaat banget kaaaaaan?

NgopCan #2 dengan tema Belajar SEO (Search Engine Optimization) Blog ini disampaikan oleh Mbak Shintaries. Ituloooh, salah satu founder Blogger Perempuan yang emang mumpuni di bidang ini.

Trik SEO super gambang untuk blog

Waktu liat Beautisquad realease info pendaftaran NgopCan 2 ini, aku langsung buru- buru daftar biar nggak ketinggalan. Maklum, peserta terbatas dan aku memang sangat ingin belajar tentang SEO Blog ini.



Materi acara ngopi cantik kita dimulai pada pukul 15:30 WIB pada hari Minggu, 3 September lalu.
Dipandu oleh moderator yang sangat kooperatif, Mbak Ariani, Ngopi Cantik pun berlangsung seru.

Sistemnya seperti biasa, Mbak Shinta menyampaikan materi lalu dilanjutkan dengan tanya jawab. Bahkan setelah ngopcan berakhir, kami masih berdiskusi. Mbak Shinta pun dengan rendah hati menanggapi pertanyaan kami yang beragam itu. Yaaah, kalo ngomongin SEO emang nggak ada habisnya yaaa...

Apalagi ini merupakan salah satu hal wajib yang perlu diketahui saat kita berhubungan dengan konten internet.


Ngomongin Apa Aja, sih?

Karena temanya adalah pengoptimalan SEO, maka yang dibahas tentu saja SEO!
Dimulai dari pengertian SEO itu sendiri, yakni Search Engine Optimization atau Optimasi Mensin Pencari.
Kita perlu mengoptimalkan agar konten yang kita buat dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari.

Trik SEO blog paling mudah


Mesin pencari itu macam- macam yaaa...
Salah satunya mbah gugel nih.

Sebagai blogger, konten yang kita buat adalah tulisan.
Nah, SEO ini penting banget agar kita bisa memastikan bahwa tulisan di blog kita itu nantinya terbaca dan dapat ditemukan saat orang melakukan pencarian di mbak gugel misalnya.

Untuk bisa terindeks alias masuk database mesin pencari, kita harus mengoptimalkan beberapa hal.
Itulah yang dibahas dalam materi kali ini.

"Berbeda dengan konten di web lainnya, konten blog diterbitkan dahulu baru lah dioptimasikan," begitu kata Mbak Shintaries.

Kalau sudah punya niche atau topik khusus yang dibahas dalam blog, tentu akan jadi nilai plus.
Mbak Shintaries bilang, Beautisquad yang isinya adalah blogger yang ngomongin beauty stuffs adalah contoh yang bagus. Tema beauty  yang diusung dalam blognya secara khusus akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari.

Intinya, memiliki SATU tema khusus akan lebih baik daripada gado-gado.
Kalau kamu sudah punya gambaran tentang niche konten kamu, baiknya lanjutkan ya...

Aku? Sepertinya masih jauuuh. Masih gado-gado, dan biar keren aku bilangnya: "ini nichenya Lifestyle!"


***

Well, tapi blogku ini udah ada kemajuan loooh... #eaaa Setelah tahu pentingnya konsistensi dan niche yang istiqamah, aku pun mulai membuat garis besar kategoriku. Minimal ini udah nggak segado-gado kaya dulu. Untungnya gabung di komunitas, jadi bisa menambah ilmu!^^

Alhamdulillah!
Seperti yang Teman-teman lihat, topik utama yang dibahas di Love and Share ini adalah: DAILY, BEAUTY, TRAVEL. Idealnya, kita punya SATU aja. Yang demikian lebih gampang terindeksnya. Begitu kira- kira yang kutangkap dari penjelasan Mbak Shinta.

Blogmu gimana? Niche-nya apa?

Balik lagi ke soal SEO. Jadi apa yang harus kita perhatikan agar blog kita bisa teroptimasi dalam mesin pencarian???

Lanjutkan baca yaaa....



HAL YANG MEMENGARUHI SEO

Agar konten blog kita dapat duduk manis di halaman mesin pencari atau bahkan di halaman pertamanya, perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Topik/Niche
    Seperti yang sudah disenggol tadi, topik khusus dalam sebuah blog menjadi nilai plus.
     
  2. Otoritas Blog 
    Maksudnya adalah kepemilikan blog. Google itu lebih mengutamakan blog yang akunnya jelas atau tidak anonim. Maksud jelas adalah identitas empu-nya blog harus tersedia. Salah satunya bisa dengan mengisi data di halaman 'about  me' (
    https://aboutme.google.com). Sila isi data lengkap di sana berikut info akun media sosial kamu. Data ini menjadi profil kamu sebagai pemilik blog. Pesan Mbak Shinta, isi juga nama domain yang kamu punya dengan email yang sama.

    Otoritas blog lebih dikenal dengan istilah
    Domain Authority (DA) di kalangan blogger. Besarnya nilai DA menunjuknya bahwa domain tersebut sering terindeks di Google. Oleh sebab itu, nilai DA blog yang besar menjadi salah satu acuan Rate Card blogger.
     
  3. Konten
    Sering dengar kalimat ini?

    Content is the king.

    Ya, begitulah kedudukan konten dalam sebuah blog.
    Menurutku pribadi, kualitas konten memang utama. Sebagai penulis yang berdedikasi, tentunya ada kepuasan sendiri saat menyajikan informasi bermanfaat yang berkualitas. Tidak semata mengejar rating atau jumlah klik. Dengan niat itulah Love and Share berusaha memberikan bacaan santai yang harapannya memberi manfaat tanpa mengecewakan pembacanya.
    Mungkin kita sendiri pernah mengalami, ketika mencari info A dan melihat judulnya terasa pas. Namun, ketika dibaca isinya zonk. Tidak ada informasi yang kita cari atau bahkan tidak nyambung sama sekali; penuh iklan! Huh!
    Saya sering. Apalagi kalau lagi cari info tentang penggunaan sebuah aplikasi.
    Cari info gimana cara pakenya, eh yang keluar info cara unduhnya. Padahal di judul tidak demikian.

    Aku di-PHP-in! Hiks!

    Berangkat dari pengalaman itu, sebisa mungkin aku belajar menulis dengan mengutamakan konten.

    Yeaah! Content is the king!

    Ternyata hal ini disukai si mbah loooh...

    Saya pernah baca tentang blogger di luar negeri yang tidak terlalu menguasi SEO, namun dia konsisten memberikan konten yang berkualitas dan rutin update. Ternyata ini membuat kontennya bahkan berada di halaman pertama mesin pencarian.
    Tentu saja bukan berarti kita tidak perlu SEO.
    Minimal mempelajari dasarnya agar dapat membantu kita juga yaaaa...^^


Bagaimana Konten yang Baik itu?
Yang orisinal (tidak copas) dan natural.  Didukung dengan ilustrasi gambar/ video yang baik dan sesuai.
Google senang dengan blog yang rajin update. Kalau bisa SETIAP HARI!


  1. Template
    Carilah template yang loadingnya cepat alias tidak berat
    (Fast- loading Template)!
    Jangan heran kalau banyak yang jual template dengan harga mahal. Mbak Shinta bilang, memang template memegang peranan serius dalam SEO
    (SEO- friendly template). Makanya banyak yang serius berbisnis sebagai jasa penyedia template.

    Blog yang templatenya tidak terlalu banyak
    script, ornamen, musik, dan gambara berukuran besar akan lebih cepat dideteksi. Jika belum memiliki template yang SEO-friendly, bisa juga menggunakan template SEMINIMALIS MUNGKIN.

    Tips lainnya yang kudapat adalah perhatikan ukuran gambar!
    Resize ukuran gambar sebelum di upload. Usahakan maksimal lebar 600px dan berat 300kb.

    Jujur, bagian ini aku masih sering
    missed.Kadang suka gimanaaaa gitu kalo mau edit ukuran dulu. Hehhehee...
    Jadi, solusi lain dariku adalah unduh gambar dengan resolusi terkecilnya. Ini karena aku sering menggunakan gambar gratisan yang menyediakan pilihan ukuran untuk diunduh. Tapi, memang untuk gambar pribadi dari
    gadget kita, masih harus manual resize deh!
     
  2. Mobile Site
    Saat ini sudah menjadi keharusan bagi sebuah blog untuk bisa diakses via mobile site. Artinya, blog kita harus mampu memberikan performa terbaik ketika diakses melalui gawai. Hampir 90% pengunjung blog atau sebuah web menggunakan telepon pintarnya. Jadi, blog kita juga harus ikut update; harus bisa dibaca secara mobile.

  1. Backlink
    Ini adalah poin terakhir. Salah satu bahasan yang paling banyak dicari katanya. Hal ini karena yang paling banyak menentukan posisi dan prestasi adalah BACKLINK. Hohohooo...

    Kabarnya, yang menentukan posisi sebuah blog dalam mesin pencarian adalah banyaknya backlink yang dimiliki oleh blog tersebut. Hal ini juga berpengaruh pada DA yang sempat kita sebut tadi. Blog dengan posisi cantik di mesin pencarian akan memiliki DA yang tinggi. Hal ini juga berpengaruh dari backlink.

    Singkatnya, SEO ADALAH BACKLINK!

Hal paling penting dalam SEO blog


***
Setelah Mbak Shinta menyampai teori SEO ini, agenda kulwap ngopcan pun berlanjut. Biar ga butek jadi ilmunya bertahap nih. Hehheee...

Beneran deh ini ilmu daging banget yang sayang buat dilewatkan atau Cuma disimpen doang. Melalui tulisan ini, semoga kita semua yang baca bisa memaksimalkan blog kita yaaa...

Lanjuuuutttt...


CARA OPTIMASI SEO BLOG

Gimana caranya agar konten- konten yang kita buat itu bisa nangkring di halaman mesin pencari, si mbah dan teman-temannya?

trik seo blog agar di halaman pertama google


Ini adalah pertanyaan yang akan berujung pada lanjutan ngopi cantik kita.
Agar konten yang kita buat bisa duduk manis bahkan di halaman pertama mesin pencari, mari lakukan beberapa cara optimasi SEO blog seperti petuah yang disampaikan pemateri kita.

Pertama-tama, pastikan untuk double check konten atau tulisan kita sebelum diterbitkan.
Untuk itu mari lakukan hal berikut:

  1. TEMPATKAN KATA KUNCI PADA JUDUL
    Jadi misalnya kita mau menggunakan kata kunci 'make-up' dan 'nama brand', maka buatlah judul yang menarik dengan memasukkan 2 kata kunci tadi.

    Contohnya: PIXY Lip Cream Nude Series: Varian Terbaru yang Diluncurkan Di Palembang

    Pada judul itu, PIXY dan Lip Cream Nude Series yang jadi kata kunciku.
    Aku juga pernah baca di artikel yang membahas SEO, bahwa selain menempatkan kata kunci dalam judul, posisikan juga ia di awal. Ini akan lebih potensial untuk dilirik si mbah. Tapi benar atau tidaknya saya juga kurang tau ya...

  1. UBAH PERMALINK
    Secara
    default, dengan contoh judul di atas tadi, permalinknya akan menjadi begini:

    www.namadomain.com/tahun/bulan/PIXY-Lip-Cream-Nude-Series-Varian-Terbaru-yang-Diluncurkan

    Nah, bentuk permalink begini kurang efektif yaaa...
    Saran Mbak Shinta, baiknya ubah permalink dulu dan pastikan diisi dengan kata kunci.

    Misal:
    www.namadomain.com/PIXY-Lip-Cream-Nude-Series

    Cara mengubah permalink ini ada di bagian kanan kalau blogspot dan kalau WP ada di bagian atas biasanya.
    Honestly, urusan SEO WP lebih gampang apalagi kalo pake plugin. Udah ada checklist apa aja yang perlu dicek sebelum terbit.
     
  2. PERHATIKAN JUMLAH KATA
    Perlu diketahu bahwa Google menyukai konten dengan jumlah kata yang banyak. Menurut riset, jumlah kata yang sering terindeks berkisar dari 800-1000 kata. Mbak Shinta sering menyarankan agar menulis minimal 1000 kata. Namun, untuk topik
    beauty 800 kata sudah cukup katanya.
     
  1. OPTIMALKAN GAMBAR
    Tadi sudah disampaikan terkait kecepatan loading sebuah blog. Baiknya gambar yang akan kita gunakan sudah di
    resize terlebih dahulu. Tips lainnya agar SEO adalah dengan rename gambar dengan kata kunci yang kita pakai. Misalnya: PIXY LIP CREAM.jpg

    Nah, jika gambar yang kita gunakan lebih dari satu, sila tambahkan angka di belakangnya.
    Jadinya begini: PIXY LIP CREAM 1.jpg - PIXY LIP CREAM 2.jpg - dan seterusnya.
     
  1. TAMBAHKAN LINK (INTERNAL/ EKSTERNAL)
    Masih ingat hal yang mempengaruhi SEO di atas?
    SEO ADALAH (((BACK)))LINK! Termasuklah internal dan eksternal link.

    Mbak Shinta bilang: "SELALU tambahkan link ke tulisan lain dalam blog kita dan juga link ke blog/web lain sebagai referensi."

    Coba perhatikan, apakah di homepage blog kita sudah ada pembatas 'READ MORE' ?
    Kalau iya, berarti minimal sudah ada internal link. Kalau belum alias masih menampilkan seluruh isi konten di halaman depan, coba kita maksimalkan dengan membuat link read more ini. Karena selain untuk SEO, akan lebih menarik pembaca yang mampir ke blog kita untuk mengklik lanjutannya. Selain itu tampilan blog juga rapi kan?
    Bisa cari caranya di mbah gugel. Ada banyak bertebaran^^

    Oya, ada warning untuk tidak menampilkan blogroll di sidebar blog kita. Karena eksternal linknya dianggap tidak baik alias terlalu banyak link keluar. Begitu yang terbaca oleh google, menurut info dari Mbak Shinta.
     
  2. JANGAN LUPA META DESKRIPSI
    Ini adalah hal yang paling penting katanya. Meta deskripsi harus diaktifkan baik di blog platform manapun. Bisa menggunakan plugin untuk WP. Sementara untuk blogspot bisa di menu setting.

    Meta deskripsi adalah ptotongan atau ringkasan dari konten kita yang akan muncul di hasil pencarian mesin. Ini akan mempengaruhi pembaca untuk mengklik konten kita.
     
  3. BACKLINK DAN BACKLINK
    Udah nggak nanya lagi kan kenapa ini perlu? Kita udah sentil- sentil manja dari awal tadi.
    Nah,
    backlink ini adalah yang paling banyak dicari orang/brand/ dan lainnya.

    Itulah mengapa para brand yang bekerja sama dengan blogger pasti meminta kita untuk memasukan setidaknya satu buah backlink untuknya. Hal ini tentu akan meningkatkan SEO mereka juga. Jangan heran jika banyak yang berlomba mencari backlink ini. Mulai dari kerjasama, beli/ bayar, atau yang paling mudah adalah
    blog walking.
    Kebayang?

    Jadi, sebuah backlink itu mahal looooh...
    Belum lagi kalo yang ngasihnya blog dengan DA tinggi. Peluang SEO-nya juga akan menjadi tinggi.

    Kalau BW alias blog walking dianggap rumit, masih ada jalan menuju Roma! Ups, menuju SEO tinggi maksudnya...
  1. KONSISTEN UPDATE
    Ini adalah cara optimasi SEO blog yang paling mudah.
    Konsisten update konten blog !

    Ya! Jangan lupa bahwa CONTENT IS THE KING!
    Perhatikan juga kaidah konten yang baik agar dilirik si mbah yaaa...

    Update konten blog SETIAP HARI agar bisa mendapatkan SEO tinggi.
    Ingat! Yang google suka adalah
    yang setiap hari update, kontennya orisinal, natural, panjang, edebra- edebere. Intinya bikinlah yang berkualitas!


Sttt...
Konten tentang beauty ini adalah salah satu yang sering dicari loh.
Jadi, gampang untuk SEO oleh google.Nah, peluang nih buat kamu yang suka beauty juga!

Itulah rangkuman materi dari Mbak Shintaries yang mengisi agenda Ngobrol Cantik #2 kami lalu.
Seru kan???


Semoga bermanfaat yaaaa...
Jangan lupa dipraktekan yaaa...

Kamu ada info tambahan tentang SEO Blog lainnya? Share di kolom komentar yuk!

33 komentar:

  1. Lengkap sekali !
    Pengin coba banget..kalau dibaca per poin kelihatan ribet, ya Mbak..hihihi..Semoga aja nggak...Kan ada seribu jalan ke SEO yaaa..
    Makasih banyak, Mbak..Ini membantuku:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Mungkin karena layout di hp ya. Jadi huruuuf semua asa ribet padahal mah nggak loh.

      Yuk dicoba!

      Hapus
  2. Ilmu banget nih buat pemula kayak saya. Seblumnya blog saya pk blogspot udah 17 DA nya ttp sjak pk domain dengan beli. Jadi mulai lagi dri awal ngjar DA pA nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ilmu buat kita semua. Semangat biar DA nya cepet naik yaaaa..

      Hapus
  3. Mbak Shintaries kalau ngasih ilmu emang gak tanggung2, orang jawa bilang "nyoh" semua dikasih. Tinggal mau praktek or not.TFS Mbak Alma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli mbak.
      Semua ilmu dibagikan. Jadi contoh buat kita. Sama-sama, Mbak Damar. Semoga bermanfaat yaaa...

      Hapus
  4. aku mau belajar SEO itu susah bingung ini itunynaaa >.<
    kemaren mau ikutan kelas ini tapi ketinggalan :((
    untunglah pada bikin postingan jadi ketolong huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Ayo dibaca-baca aja ini salah satu literaturnya. Semoga membantu ya...

      Hapus
  5. Trimakasih share ilmunya mbak, sangat bermanfaat, jangan lp kunjungi www.serpihansurgaku.com ya 😊

    BalasHapus
  6. Point yang update setiap hari itu yang paling susah ya mbak. Gilak apa yang mau ditulis coba. Orang coba konsisten 1 minggu 1 kali aja masih bingung apa yang mau ditulis. Wkwkwkw ��
    Salam kenal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...
      Iya mbak yaa...
      Kalo aku kadang suka terlena oleh waktu. Huhuhu...

      Hapus
  7. dimana ni aaranya mbak, tapi kayanya mayoritas cewek semua ni ikut ? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini agendanya Beautisquad, Mas. Kaya yg saya sampaikan di atas. Beautisquad ini komunitas beauty blogger. Hehee iya cewek rata2.

      Agendanya online via WA.

      Hapus
  8. Keren tipsnya, mau dicoba satu satu spy bisa pejwan

    BalasHapus
  9. Waaah, mba Alma triims ya udah nulis ini.. Aku gak ngerti soal SEO jadi melek deh.. Bakal kucoba tips-tipsnya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama- sama, Mbak Dita.
      Semoga bermanfaat yaaa... Selamat mencoba.

      Hapus
  10. Thanks mbakk cantikkk infonya lengkap bangettt, ak jadi tau banyak ttg SEO dehh 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, dekku.
      Mari belajar bersama.

      Hapus
  11. Wah iyaa.. kata teman-teman topik beauty itu emang banyak yang cari.

    BalasHapus
  12. Mbaa, makasih tipsnya. Tapi skalian mau nanya tentang mengubah permalink itu di blogspot ada di sebelah kanan maksudnya kanan sebelah mana ya? :)
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak.
      Iya, ada di sebleah kanan pas kita ngetik konten. Ada Post setting- permalink. Pilih yang custom nanti mbak ketik sendiri untuk permalink alias url artikelnya ^^ jangan lupa agar mengandung keyword ya permalinknya

      Hapus
  13. Mbak, infonya lengkap sekali.. Wuih, makasih infonya mbak, berguna banget nih buat aku yang masih belajar SEO.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bermanfaat. Yuk, belajar bareng, Mbak.

      Hapus
  14. Thanks informasi nya. Ane masih salah perlu ada yg Di perbaiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama- sama, Mpo. Sama, ane juga masih belajar^^

      Hapus
  15. banyak banget yg masih mau aku tanya.. tulisnnya kurang haha klo sial sEO emang ga ada abisnya ya... thanks sharingannyaa.. berguna bangettt..

    oiya btw mau tanya meta deskripsi gmn pakenya klo di blog ya??

    BalasHapus
  16. wah seru banget acaranya...jadi pengen ikut. Kalo ada lagi semoga bisa ada waktu untuk itut. makasih atas informasinya mbak...

    BalasHapus
  17. Thanks share ilmu nya Mbak ^.^
    menambah pengetahuan banget. soalnya buta sama sekali soal SEO. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak Nelly.
      Saya juga gitu aslinya. Akhirnya dapet pencerahan ya kita ^^

      Hapus
  18. Emang iya sih pas udah kurang lebih setengah tahun saya fokus di food, terutama nulis resep masakan. DA-nya naik walau memang bertahap ya. Saya sendiri masih termasuk yg nggak gitu ngejar BW, dalam artian BW puluhan tapi asal2an, haha... Karena saya pun muak kalau ada orang yg begitu di blog saya. Kalau template belum ganti ke yg premium sih, cuma memang mau dan harus upgrade ke yg premium :D

    BalasHapus

Hai! Terima kasih sudah mampir yaaa...
Mari tinggalkan jejak biar aku tahu kalau kamu udah ke sini ;)
Mana tau nanti aku mau main juga ke tempatmu!^^

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES