Jumat, Januari 20, 2017

Pengalaman Menjahit dan Nge-doodle Pertamaku

Pengalaman menjahit dengan mesin jahit brother

Assalamualaikum.
Aku mau cerita tentang Pengalaman Menjahit dan Nge-doodle Pertamaku.

Ini acaranya seru banget!
Alhamdulillah, bisa ikutan kegiatan workshop yang bikin aku kenalan sama mesin jahit dan doodle.
Thanks to Kriya Indonesia, Brother Indonesia, Stabilo Indonesia, Marlo Kitchen, serta para tutor (Mbak Astri dan Mbak Tanti).

***

AKU & MENJAHIT

 

Pengalaman menjahit dengan mesin jahit brother
Siap- siap belajar jahit pake Brother^^

 

Dari duluuuuu banget, aku pengen bisa menjahit baju sendiri.
Aku tuh suka banget menggambar baju- baju sesuai imajinasiku sendiri.
Model baju yang kugambar biasanya terinspirasi dari beragam hal. Bisa dari liat baju yang dipakai orang, liat baju boneka, atau dari lekuk- lekuk daun. Semuanya!

Sayangnya, aku nggak bisa dong menjadikan baju yang kugambar itu nyata kalo aku nggak menjahitkannya. Aku pun semangat membawa hasil gambaranku tadi beserta beberapa meter bahan kain yang kupilih untuk dijahitkan. Beberapa baju yang kumau berhasil disulap jadi nyata, tapi beberapa juga tidak sesuai dengan keinginanku. 

Aku tahu kalo menjahit itu butuh keahlian. Keahlian itu bisa dipelajari jika tekun. Jadi lah aku berucap ke ibu waktu itu bahwa aku ingin punya mesin jahit dan belajar menjahit.
Kata Ibu waktu itu: "Nggak harus bisa semua keahlian. Jahit baju ke penjahit yang ada aja. Kan banyak kerjaan lain nanti."
Maksud Ibu sih agar aku nggak terbagi- bagi fokusnya. Aku tuh ya sering banget:

Pengen bisa ini. 
Pengen bikin itu.
Pengen punya ini.
Pengen buat itu.

Asli! Nggak fokus banget kan yaaa?
Alhasil, niat pengen menjahit itu 'terlupakan'. Aku sendiri juga punya banyak kegiatan lain yang mampu mengalihkan ketertarikanku belajar menjahit tadi.

***

AKU & DOODLE

 

Cara mudah membuat doodle dengan stabilo indonesia
Yeay! Doodling Time!

Aku suka menggambar. Sangat suka? Tidak juga.
Tapi, aku selalu punya minimal pensil, peraut, penghapus, spidol warna, crayon/ pensil warna.
Suka saja? Nampaknya iya.

Kenapa tidak kubilang sangat suka? Karena aku nggak 'ketergantungan' semacam 'tak terpisahkan' dengan aktivitas menggambar ini. Aku menggambar sesuai suasana hati saja. Kadang mau. Kadang tidak. Sebenarnya mungkin bukan menggambar tapi mewarnai. Aku lebih suka mewarnai nampaknya. Soalnya aku suka sekali mencetak gambar polos yang tersedia di internet untuk aku warnai nantinya. Soooo much fun but sometime could makes me bored. *weird

Aku dan Doodle?
Aku kurang mengenal seni menggambar yang bernama doodle  ini sebelum akhirnya ikut workshop Kriya Indonesia ini. Ya, aku pernah dengar kata 'Doodle'. Pernah juga lihat beberapa bentuknya (karena adekku, Putri dan Ima, pernah membuatnya).  

***

IKUTAN WORKSHOP MENJAHIT DAN DOODLE


Beruntung banget di bulan Januari ini, aku berkesempatan ikut Workshop Kece yaitu Workshop Menjahit dan Doodle. Dari judulnya aja aku udah mesem- mesem mupeng pengen ikutan. Hehhee...

Tau dari mana ada kegiatan workshop keren ini?
Kakak blogger yang juga jadi partner belajarku dalam ngeblog lah yang memberitahuku.
Thanks to Mbak Helenamantra *kiss 

Makasih banyak loh, Mbak Helen^^
Dari awal aku baru mulai serius belajar di blog, Mbak Helen ini adalah salah satu kakak blogger yang senantiasa bantu aku. Baik dengan akunya yang suka japri nanya- nanya atau dari Mbak Helen yang berbaik hati suka bagi-bagi info. Info tentang workshop ini contohnya. Barakallah ya, Mbak^^

In short, jalannya dari Mbak Helen yang ngetag aku tentang info acara ini, aku pun cuss langsung ikutin instruksi buat mendaftarkan diri. Syukurlah, aku akhirnya bisa ikut kegiatan workshop ini.

Mungkin karena ketertarikan untuk belajar menjahit itu selalu ada, aku semangat banget nungguin jadwal kegiatannya. Sampe- sampe aku rewel ngemail Mbak Astri beberapa kali karena ngirain aku ketinggalan jadwal (Kukira Sabtu yang lalu, ternyata Sabtu yang akan datang). Aku lupa belum menandai kalenderku. Ga sabar pengen segera hari Sabtu. ^^ *Ups

Thank God!

***

KESERUAN BERSAMA BROTHER DAN STABILO DI MARLO KITCHEN



Yup!
Tempat berlangsungnya acara Workshop Menjahit dan Doodle ini asyik banget loh!
Di Marlo Kitchen by Chef Norman, Bandung.

Kenapa???
Berasa nggak asing sama nama tempatnya???

Hihihiiii...
Iya. Kamu pasti tahu Magician +abu marlo kan? *Aha!
Betul banget! Jadi ini adalah cafe yang suasananya cozy dan homy punyanya Abu Marlo.
Pas makan siang, aku nyobain menu Nasi Bali. Rasanya aduh, masih kebayang aja.
Enak banget!

Udah direncanakan bakal ke sana lagi ngajak pasukan. Hahhaa...
Penasaran sama beberapa menu lainnya. Di IG-nya kuliat ada dessert yang bikin ngiler tuh! Yum!

*Loh? Kok malah jadi ngomongin makanan aja nih ya?

Maaf yah. Harap maklum. Masih kebayang asyiknya suasana workshop di Marlo Kitchen itu.
Oya, Kang Abu itu ramah banget. Keren lah!
Beliau juga support banget kegiatan workshop ini. Bahkan punya rencana (harapan) semoga bisa mengadakan workshop serupa untuk anak jalanan. Keren banget!!!

***

AYO DIMULAI!


Mbak Astri yang jadi tutor menjahit kita hari itu.
Penjelasannya enak dan asyik cara ngajarinnya. Mbak Astri ini ngebantu kita banget pokoknya.

Pertama, kita dibagikan sewing kit dari Brother Indonesia yang imut banget packagingnya. Juga dikasih kain dan pola untuk dijahit dan dijadikan media nge-doodle-nya nanti. Kita mau bikin outter! Yeaaaay!!!


Kedua, kita semua diajarin Mbak Astri untuk memotong kain sesuai pola tadi. Aku baru tahu ternyata polanya sederhana sekali untuk sebuah outter yang outstanding. Hmmm... kayanya bakal mulai belajar ngejait beneran aah nantiiiii...

Cutting alias memotong bahan itu ternyata ga gampang. Polanya terlihat simple tapi apa iya jadi bikin gampang ke cutting-nya? Ternyata nggak juga, Gaes. Aku sampe ngasih banyak sekali jarum pentul karena khawatir polanya ga lurus alias menclang- mencleng nanti. Sampe- sampe turun ke bawah dan ngegelar kainnya di lantai. LOL



Seru bangetlah pokoknya!

Ketiga, setelah pola ditempel dan dipotong, bakal jadi outter deh! Tinggal kita jahit aja bagian ujungnya dan buat lubang tangan. Kesannya mudah ya? tapi percayalah, aku kesulitan saat menggunakan mesin jahit. Ini adalah pengalaman pertama menjahitku! Juga pengalaman pertama bikin gambar doodle! *I was sooooo excited

Kita dibagi jadi 2 kelompok setelah berhasil memotong bahannya. Silakan pilih mau menjahit dulu atau menggambar dulu. Jadi gantian gitu. Karena bagian mesin jahit sudah penuh, aku akhirnya memulakan dengan menggambar.

So, keempat adalah menggambar doodle pada outter tadi. Jadi nanti gambaran kita itu adalah motif outter kita. Di sini kita bebas berkreasi mau menggambar apapun. Sebelumnya sudah dijelaskan oleh tutor kita, yaitu Mbak Tanti, tentang dasar- dasar gambaran doodle  itu sendiri.


Gambarnya di media kain dengan Stabilo permanent pen. Ada banyak banget pilihan warna.
Stabilo ini banyak banget keunggulannya. Beberapa diantaranya adalah:
  • Nggak beracun
  • Permanen di kain (tidak mudah luncur walau dicuci)
  • Banyak pilihan warna dan tipe
Intinya, pake Stabilo pen buat ngegambar di  media kain ini aman. Soalnya kan ya buat jadi pakaian. Artinya, bakal dipake ke badan. Kalo pake spidol atau alat menggambar dan mewarnai yang beracun, tentu ga bagus buat kesehatan. Salah- salah kalo yang punya kulit sensitif bisa iritasi kulit tuh. Hiyyy...

Lanjut!
Kelima, setelah beres nge-doodle dan sibuk nanya ini-itu ke Mbak Tanti, tutor kami, saatnya menjahit! Buat beberapa teman yang sebelumnya menjahit lebih dulu, maka saatnya menggambar. Gitu aja gantian.

Aku pun duduk di kursi yang di depannya ada mesin jahit canggih dari Brother.
Asli lah! Warnanya kan putih, aku suka banget tuh! Ada lampunya juga loh!
Jadi, di bagian jarum yang akan nempel ke kain yang kita jahit itu udah terang. Enak banget pokoknya! Aku udah mulai nanya- nanya harga aja nih. Hehehe...
Siapa tahu ya ada rejeki bisa beli satu nanti. *kode

Aku sempat pindah- pindah ke beberapa mesin jahit. Soalnya yang pertama itu pas di tengah- tengah, jarum jahitnya patah. Jadi dipasangin dulu sama Mas dari Jaya Mesin (supplier Brother di Bandung). Makasih loh, Mas. Tapi, biar ga lama akunya pindah pake mesin jahit yang lain (kebetulan udah banyak yang kosong hehehee). Itung- itung ngejajal tiap tipe mesin yah!^^ 

Sampe di jahitan akhir, aku minta bantuan teh Lingga. Haahhahaa... 
Jujur hasil jahitan pertamaku ini berantakan banget. Nggak lurus dan asal nempel.
Tapi, lumayan juga laaaah...
Apalagi pas udah jadi dan dipake. Wuiiih... keren banget outter buatanku. Hehehe...

Coba liat nih before dan afternya!


Gimana???
Bagus kan???? *proud

Pokoknya aku seneeeeng banget bisa ikut acara Workshop Menjahit dan Doodle bareng Brother Indonesia dan Stabilo Indonesia di Marlo Kitchen ini. Makasih ya, kakak panitia penyelenggara dan para seksi sibuk yang sukses bikin acara kece gini.

Semoga nanti ada banyak workshop seru lainnya!
Alhamdulillah, ilmunya bermanfaat banget dan mesin jahit berikut produk menggambarnya sukses bikin mupeng. Hahahaa...

Oya, sebelum pulang aku sempat minta gambaran doodle yang dibuat Mbak Tanti sebelum pembukaan kegiatan. Kece banget lah! Sekejap aja udah jadi gambar imut 'Lady Umbrella'.
Kuminta gambarannya itu buat diwarnai di rumah. Hehehee...
Udah aku warnai separuhnya. Gimana menurutmu? Ga menurunkan ke-kece-an gambarnya sebelum diwarnaikan ya???^^

A video posted by Alma Wahdie (@almawahdie) on


Okay.
Segitu dulu ah cerita aku. Nanti aku bagi cerita kegiatan dan acara seru lainnya lagi yaaa...
Makasih sudah mampir^^

Quick Survey:
Kalo kamu lebih suka menggambar atau mewarnai?
Lebih suka menjahit sendiri atau bawa ke penjahit?

13 comments

Wah seru banget ya menjahit terus ngedoodle di baju yang dijahit keren... Mau juga, dan mesin jahit brother kece abis mupeng belajar :D

kegitan cewek banget nih, ih aku pngen ikutan mbaaa

Hi Teh Almaaa,

akhirnya aku ninggalin jejaknya di blognya teteh :*. Maapin aku ya teh *peace*
Teh workshop nya seru banget, aku mupeng tapi tangan aku mah nggak bakat euy buat bikin seni kriya-kriya gitu teh hiks :(

Aku belajar ke teteh aja gitu yak, biar ketularan bisa jait ama gambarnya hehe XD


www.destywidy.com

kira kira kalau ikut workshop begitu ada bayar atau mengajukan proposal mbak ?

keren ya, aku paling ngga bisa ngegambar, apalagi ngedoodle hehehe

Iya teh...
Enak banget kalo punya mesin jait kecenya ini. Hihihi.
Masuk wishlist tahun ini pokoknya hehee

Iya, mbak.
Feminin banget yah, eits tapi cowok juga bisa loooh.

Hai, teeeh...
Aaah, finally ya 😘
Welcome, welcome, hehee..
Aku juga awalnya ga bisa loh teh, dibantuin juga nih sama teh lingga hahaa

Kemarin itu ada infonya dan mendaftar, Kak.
Terus dihubungin panitianya, akhirnya bisa ikutan deh^^

Stabilo lagi keliling beberapa kota nih, coba cek jadwal workshopnya di IG Stabilo Indonesia 😉

Masa' sih masbro?
Bisaaa deh nanti hehehe.
Aduh, aku belum ngintip update tempat jajan lagi nih hahaha...

Ada yg baru lagi kah di sana?

wah, seru ternyata, menjahit bukan aktivitas rumahan ya, jadi dapat inspirasi

aku nggak pintar gambar ... apalagi ngedoodle ini :)

Wah asiknya ya, sayang banget pas acara ini saya ga bisa ikut padahal pengen banget belajar ngejahit deh

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!
EmoticonEmoticon




Protected by Copyscape


Copyrighted.com Registered & Protected  DQQR-VLKQ-BBXB-9TH9