Jumat, Desember 30, 2016

Jangan Lakukan 3 Hal ini Saat Marah

jangan lakukan 3 hal ini saat marah

Hola- Halo!
Assalamualaikum, teman- teman!^^
Kali ini saya mau sharing tips dari pengalaman pribadi. Saya membuat sebuah warning sebagai pengingat diri sendiri: Jangan pernah lakukan 3 hal ini saat marah. Kenapa? Karena emosi yang sedang berkumpul saat kita marah merupakan emosi negatif yang dapat memicu hal buruk lainnya.

Sebelum lanjut ke bahasan sharing itu, saya mau cek dulu aaaah...

Ada yang baru nih! 😁
Kalo kalian adalah teman lama dan sering mampir ke blog rumah saya ini, pastinya tau dooong apa yang baru??? *wink

Iya.
New template!
Alhamdulillah.

Love and Share ini masih sering gonta- ganti template. Walaupun kabarnya ga bagus looh sering gonta-ganti gini. Bisa ngaruh ke SEO katanya. Iya kah? Saya juga belum terlalu mastah soal itu.
Share in the comment box below yah gimana pendapat kamu tentang 'ngaruh ke SEO' ini. Asli saya belum paham banget. Hehee...

Tapi, ya udah lah yaaa... Ga apa-apa.
Alhamdulillah ini nemu template yang sesuai dengan keinginan dan style-ku. Pengennya sih punya yang custom design gitu, tapi nanti lah. Soalnya sejauh ini belum nemu ngontak desainer buat custom template atau beli yang premium. Hoho. Doain segera ada rejekinya yaaaa...
Aaamiiin.

Oh ya. Ada sebuah pengumuman lagi: Insyaallah nanti di awal tahun 2017, bakal ada syukuran kecil-kecilan di sini.

mini giveaway alma wahdie

Bakal ada Mini Giveaway 2017 Alma Wahdie!!!  

*yeayyyy


Sebelumnya saya udah pernah nanyain ke teman-teman, dan alhamdulillah sekali banyak yang mendukung serta antusias banget soal mini giveaway ini. Semoga nanti bisa berjalan yaaa...

Jangan lupa buat ikutan juga pastinya! 😘
Mari ramaikan!

OK. Sekian intermezonya. Mari lanjut ke bahasan sharing hari ini.

***

Apakah kamu pernah ngerasa seharian kayak bad day, di mana semua orang rasanya menyebalkan?

atau

Merasa sesuatu yang sebenarnya sepele tapi kok rasanya mengganggu sekali ya?
 
Intinya: baper--- emosian.

Kalo saya pribadi, makin ke sini makin bisa nandain hari-hari khusus yang kadang bikin saya jadi monster.

Yup! Literally, a monster who is really mean. 

Astaghfirullah.

Walaupun suka telat nyadarnya, tapi saya berhasil mengendalikan diri sesegera mungkin saat menyadarinya (sayangnya, sadarnya kadang lola banget).

Ini adalah beberapa momen yang seringkali memicu kemarahan/ emosi yang labil pada diri saya ketika:

- MENSTRUAL PERIOD

Yaitu saat jadwal bulanan wanita yaaa. Wanita punya momennya masing- masing terkait ini. Buat saya, hari yang bisa mengubah saya jadi monster itu adalah H-3 sampai H-1 period time. Itu asli, sayanya suka 'rungsing'. Sumbu pendek banget. Melow juga.

Di momen ini saya sering kali lengah.
Sadarnya suka telat banget dan akhirnya menyesal karena kebanyakan gagal mengendalikan emosi saat marah. *sad

Nggak tau kenapa? Padahal ini adalah siklus bulanan yang bisa diprediksi.
Tapi, gagal mendeteksi penyebab sumbu pendek ini sukses membuat saya frustasi.
Mungkin karena ini murni hormonal, jadi natural banget rasanya. Haduh! Kecolongan!
Pengennya ya bisa sadar secepatnya dan inget bahwa perasaan ga enak (rungsing) itu 'mungkin' karena bulanan. Soalnya kan ga semua orang bisa maklum kalo emosi kita lagi labil karena siklus hormonal ini. Hiks.


- DIBURU-BURUIN

Yash!
Kadang kala, hati ini ikut deg- degan padahal ga ada yang perlu dikhawatirkan. Saya pribadi tipe yang suka nge-block otaknya kalo diburu-buruin atau didesak (dengan berlebihan). Misal nih ya, yang sering kejadian di lingkungan rumah: ketika kita mau pergi sekeluarga misalnya. Kita tuh udah prepare dari malem sebelum berangkat demi menghindari teriakan diburu-buruin. Tapi entah kenapa semacam tradisi keluarga, pasti adaaaaa aja yang ga beres. Huft.

Atau ini nih, pas mau berangkat sholat ied, baik ied adha ataupun ied fitri. Udah disiapin apa- apa yang mau dibawa; tikar (alas), sajadah, bahkan sandal yang mau dipake sudah dijejerin di depan. Tapi, besoknya tetap adaaa aja. Hahhaa... Ada yang masih belum keluar rumah jam setengah 7 udah rame aja diteriakin. Wkwkwkk.

Nah, kalau yang ini aku mulai bisa mengontrol diri.
Pas mau rungsing karena sebel diburu-buruin, bisa diredam dengan istighfar. Insyaallah.
Kalau diburu-buruinnya pas momen kaya di atas itu, yah aku udah men-treatment diri dengan pemikiran: Inilah serunya lebaran ala keluarga kami. Hahahhaa.

Kalau lebaran di rumah, kita sekeluarga itu selalu menradisikan sunah jalan kaki menuju tempat sholat/ lapangan yang dipake buat sholat ied. Walaupun semakin hari semakin jarang orang yang jalan kaki, tapi kami sekeluarga tetap melakukannya. Pernah sih, aku dan adek- adek mikir dan mengenang masa- masa ketika lebaran itu rasanya saaangaast seru. Pas jalan ke tempat sholat ied dan berpapasan dengan teman dan keluarga yang baru pada mudik--- udah lama ga ketemu. Bisa bercengkrama sepanjang jalan. Aaah,,, momen itu kurindukan. Sekarang hampir semua pake motor atau mobil, padahal jaraknya da ga jauh kok :D *Upsss,, malah curhat.


***

Ada beragam momen lainnya yang seringkali membuat pelatuk pertahanan gagal disentuh.
Alhasil, suka marah- marah ga jelas. Huhuhu.

Jangan lakukan 3 hal ini saat marah!

  1. Mengambil Keputusan


    Saat marah, otak kita itu bekerja dengan cepat tanpa memilah dengan teliti. Mengambil keputusan saat marah sangat tidak dianjurkan. Misalnya nih, pernah beberapa tahun lalu, saya jengkel sekali dengan seseorang yang jengkel sama saya. Loh?!!! 😅 Awalnya, dia ga suka saya karena suatu hal dan terus mendesak saya ngajak berantem (jaman masih sekolah). Karena jengkel, akhirnya saya block saja dia (via fb). Sekarang? Kita udah beranjak dewasa sekarang dan jadi teman baik. Dari awal saya juga sudah anggap dia teman sih. Makanya waktu saya kesal dengan tingkahnya, saya ga mau ambil pusing. Block aja langsung biar ga panjang urusannya. Hahaha. Eitsss, sebaiknya memutuskan untuk langsung ngeblock itu bukan solusi. Harusnya tidak serta merta memutuskan hal demikian. Coba untuk tarik nafas, berubah posisi (berdiri jika duduk atau sebaliknya), dan berwudhu. Intinya tenangkan dulu hati agar tak mudah setan membisiki. Untung saja masalah saya itu hanya sebatas block dan mengabaikan. Bayangkan jika kita memutuskan sesuatu saat marah dan keputusan itu bisa mengubah kehidupan kita selanjutnya. Seperti perpisahan atau dendam kesumat misalnya. Amit- amit semoga dijauhkan. Naudzubillah.
  2. Membuka Akun Media Sosial


    Zaman sekarang, hampir semua orang punya akun media sosial. Saat sedang marah jangan buka dulu akun media sosialmu! Kenapa? Karena kita seringkali khilaf membuat masalah kita menjadi konsumsi publik. Di mana hal itu bukanlah sebuah solusi untuk penyaluran emosi. Saya sendiri pernah melakukannya. Sering bahkan saat masih zaman dulu kala. LOL. Setelah diberi pengertian oleh kakak saya, saya jadi belajar mengontrol diri. Selain bagus juga untuk latihan pengendalian emosi diri, tidak membuka akun media sosial saat marah juga mampu meminimalisir masalah lain. Misalnya salah paham. Kadang status di akun medsos yang kita posting ketika marah itu, memancing emosi orang lain. Padahal, hanya ingin menuliskan perasaan saja. Tak ada maksud begitu walaupun ada juga yang melakukannya dengan sengaja. Baik untuk caper (cari perhatian) atau menyindir oknum yang sedang di'kesali'. Apapun alasannya, tak ada manfaat untuk kita, begitu pesan kakak. Ada orang yang mengasihani dan membantu mendoakan masalah kita. Tapi tak menutup juga ada yang terganggu dengan postingan kita atau terbahak menertawakan masalah kita. So, baiknya jangan buru-buru buka akun sosmed dan berbagi perasaan marah, kesal, sedih, atau bad feeling lainnya. Tunggu sejenak, setelah agak reda atau hilang sama sekali rasa marahnya bila memungkinkan.
  3. Pergi ke luar/ Menjauh ke Suatu Tempat


    Saat marah, saya juga pernah memutuskan untuk pergi menjauh. Ga betah di rumah, pokoknya pengen pergi jauh aja sama yang bikin kesel. Tapi, itu bukan solusi. Ada banyak bahaya mengintai ketika kita pergi saat sedang marah. Perasaan yang kalut membuat otak lemah berfikir. Hal ini membuat kemawasdirian kita melemah. Hal ini bisa menjadi peluang bagi oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menarget kita. Hiyyyy... Selain itu, pergi bukan lah solusi. Menjauh tak apa. Pindah saja dari ruang satu ke ruang lain atau ke bagian rumah yang memungkinkan kamu punya waktu menyendiri meluapkan emosi. Tunggu sejenak. Berwudhulah, sholatlah, berdoalah. Lakukan hal positif untuk menenangkan diri pokoknya. Setelah agak reda, pikiran kita akan kembali rasional dan hati mulai bisa memilah dan memilih apa yang selanjutnya harus dilakukan.
Itulah 3 hal untuk dihindari ketika kamu sedang marah.
So, Jangan lakukan 3 hal ini saat marah yaaaa....


Disclaimer:
Tips/ Saran ini merupakan pendapat saya pribadi berdasarkan pengalaman sehari- hari. Mungkin ada kesamaan bagi beberapa orang. Baik yang merasakan atau melakukan hal serupa untuk menghindari hal buruk saat marah. Tidak semua hal bisa digeneralisasikan dalam hal ini. Jika bermanfaat sila bagikan ^^

55 komentar:

  1. Hikss saya kalau lg marah sering buka sosmed mbaak apalagi twitter. Sering melampiaskan lewat quote" gtu. Menenangkan diri niatnya biar ndak begitu sebel. Tp bener jugaa ndak baik mbak yaa. Makasihh sudah diingatkan 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama- sama, Mbak.
      Saling mengingatkan ya kitaa 😘

      Hapus
  2. aku komenin template nya ya mbak :)
    aku buka pake chrome masih agak berantakan loh bagian atasnya, FIY koneksi internetku bagus gak bermasalah. bagian sidebar nya kayak numpuk-numpuk gitu.

    Salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mbak. Aku juga pakai PC. Pas discroll, widget komunitas blog dan widget alexanya numpuk dengan widget artikel terbaru. Tetap semangat ngeblog ya Mbak :)

      Hapus
    2. Salam kenal juga mbak 😘
      Iya, itu sticky widget di badgesnya. Hehhee

      Hapus
    3. Mau ngulik html codenya tp belum meluangkan waktu ahhaa.. Akan segera diberesin. Makasih yaaa mbak Tika n mbak Nadella 😘

      Hapus
    4. Mau ngulik html codenya tp belum meluangkan waktu ahhaa.. Akan segera diberesin. Makasih yaaa mbak Tika n mbak Nadella 😘

      Hapus
  3. waallaikumsallam
    selamat malam, tanda-tanda dan hindarinya bisa diterima, betul adanya agar tidak menimbulkan masalah baru, semoga bisa lebih baik lagi ya
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^^ Iya, Mbak. Mari sama- sama belajar :)

      Hapus
  4. ia sebaiknya klo marah hindari nyetatus, nunggu benar2 reda amarahnya, nanti bisa panjang klo status yg ditulis malah menimbulkan kemarahan bagi orang lain.

    BalasHapus
  5. Hai mbak.. Terimakasih ilmunya ya. Insyaalh saya akan mencoba untuk menahan amarah ya mbak dan memperbanyak istigfar dan mengikuti saran mbak

    Sekali lagi makasi ya mbak salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak. Alahmdulillah bermanfaat ya^^

      Hapus
  6. Yeay selamat atas rumah barunya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Template baru, Mbak Ira. Hehee
      Thanks for always supporting! 😘

      Hapus
  7. tapi kebanyakan kalo lagi punya maslah pengen nya suka pergi jauh, termasuk ekeuu hihi
    makasih sharingnya mba, it's usefull for me ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu, iya suka pengen gitu ya. Lari ke hutan, belok ke pantai. #eh

      Sama-sama, Mbak 😘

      Hapus
  8. Nah, aku sering banget tuh tergoda mau lakukan langkah ke 3...
    Untung saja mampir sini, huuaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks, sama mbak.
      Pengingat diri juga nih. Yuk, be better kita *hug

      Hapus
  9. Jeleknya lagi adalah, penundaan tersebut membentuk kebiasan. Kita bahkan tidak sadar bahwa kita sedang memulai kegagalan untuk diri kita sendiri.

    BalasHapus
  10. Setuju bgt mbak aku juga jarang buka medsos klo sedang marah.bercerita ma temen mungkin bisa membuat hati plong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya Mbak.
      aku juga lebih pilih ceritain ke orang terdekat aja daripada ke medsos :D

      Hapus
  11. Waduh, aku malah sering ngelakuin yg nomor 2 saat marah.
    Ditunggu GA nya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip...
      Siap- siap ikutan GA-nya yaaa^^

      Hapus
  12. diatas itu mah kan 3 hal yang nggak boleh dilakukan ketika marah, dus apa yang kudu dilakuin atuh kalau pas lagi marah teh atuh, supaya tetap nyess...gituh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. biar nyess makan es krim aja Mang Lembu :D

      Hapus
  13. Eh gitu ya? Ku sering banget ngelakuin nomor 1 atau 2 -____-
    Makasih lho infonya mbak. Semoga bisa hati-hati sama diri sendiri ke depannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama- sama, Mbak.
      ini pengingat aku juga sebenarnya ^^
      Yuk, be better! :*

      Hapus
  14. Kalo PMS, uh ampun2an deh pancingan untuk marah. Gak tahu nih, masih saja begitu. MEmang harus mengontrol diri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, sama Mbak.
      Kalo itu penyebabnya aku juga masih sering banget kecolongan.

      Hapus
  15. Betul juga ya, tapi klw marah aku buka sosmed..hehe
    Lihat hiburannya berupa video jadi ceria lagi. :)

    Tapi jarang marah sih.. hehe

    Btw, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalo gitu boleh, Bro. Hehehe

      Hapus
  16. Very nice template mba :).

    Saya pribadi juga suka gemes sendiri uda tau pas period emosi aneh bergejolak tapi sadar2nya terkadang telat hiks... Biasanya saya buka socmednya yg bikin happy aja mba, ig olshop makeup lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you, Mbak Lily :*

      Iya nih kalo PMS udah ga terprediksi banget.
      Siip, buka sosmed gitu enak deh^^

      Hapus
  17. yes, setuju banget, kalo lagi marah jangan abuka medsos, ntar malah curhat or nyinyir, hihihi..

    BalasHapus
  18. Saya kalau marah biasanya tunjukkin aja tampang jutek. Mereka akan nyadar kok. Kalau ada yg dableg mah keluarin satu kalimat terpedas. Kalau ga gitu ga diem2 sih mulutnya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang emang perlu digituin, Mbak.
      Hehehe, aku tipe yang gitu tuh, nyablak aja biar puas dan biar tuh orang ngeuh. Tapi, pas kilas balik kayanya perlu agak calm down dikit hehee..

      Hapus
  19. Iya...sy jg kalau marah ga mau deketin medsos, takut bikin status yang bikin nyesel hehe..

    BalasHapus
  20. Setuju banget dengan tips nomer 2. Sering liat orang menjelek-jelekkan sesuatu di medsos tanpa sadar itu akan terbaca orang lain. Bisa merusak hubungan selamanya. Ngobrol2, asal ga terlalu sering ganti template itu perlu. Supaya orang yang datang berkali-kali ga bosen liatnya. Blogku sampai punya desainer khusus lo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, asyik punya desainer khusus^^
      Nanti japrian yaaah hehee.

      Iya nih, niat awalnya juga buat memuaskan diri sendiri yang nggak betahan sama template yang itu- itu aja. Bener juga ya, buat pengunjung nggak bosen juga ^^

      Hapus
  21. Eh aku malah sering menyepi sendiri kalo lagi marah soalnya kalo ketemu orang takut malah orangnya yang kesemprot padahal nggak tahu apa-apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan jauh- jauh ya, Mbak hehee.

      Hapus
  22. Dulu saya seringg kalau lg emosi curhat di status Fb ehh masalahnya jadi panjang, yang merasa kesindir juga jd banyak -_______-''...pas buat status galau untuk gebetan ehh malah yang merasa orang yang ga saya suka..wkwkwwk. Media sosial memang rentan bikin salah paham, sekarang saya ga mau dikit2 emosi buka medsos..jauh-jauh dari hp deh..mending saya jalan sebentar keliling lingkungan supaya saya lebih tenang..thanks for the tips mbak :)

    http://blueskyandme.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkkk...
      Yang galau gebetan itu ngakak.

      Emang suka banyak yang Ge- eR sampe salah paham ya, Mbak^^

      Thanks udah mampir :*

      Hapus
  23. kalau lagi marah, aku makan. kalau lagi senang, aku makan juga. Lhooo. Eh nunggu giveaway-nya nih...cepetan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks...
      Mbak Helen, giveaway ku berantakan scedulenya. Maaf yak menunggu lama.

      Thanks for always supporting 😘

      Hapus
  24. wah tampilannya cantik, kayak baca situs2 majalah aja... Betul, kl lg marah memang sebaiknya jgn ambil keputusan, jgn buka medsos & kl buat saya jgn dekat2 makanan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhaha...
      Iya sama mbak. Jangan deket sama makanan yaa bisa kalap nanti kita.

      Hapus
  25. kalau aku marah , paling diam aja .. nggak cakapan

    BalasHapus
  26. Yang paling bahaya pas marahan ialah satu diam dan satu nangis. Bisa lama akurnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa...
      Ngga ada yg mau ngalah ya kalo gitu 😁

      Hapus

Hai! Terima kasih sudah mampir yaaa...
Mari tinggalkan jejak biar aku tahu kalau kamu udah ke sini ;)
Mana tau nanti aku mau main juga ke tempatmu!^^

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES