Selasa, Desember 20, 2016

Belajar dari Instagram Ibuknya Kirana: Indonesian yang Lagi Stay di Muscat, Oman

Kirana Instagram akun Retno Hening


Hola- Halo, Teman semua!
Sehat? Insyaallah sehat yaaaa...

Jika ada yang sedang sakit, semoga dipulihkan dan digugurkan dosa- dosanya. Aaaamin.

Saya mau ngobrol tentang Kirana, nih! Hari ini tepat berumur 3 tahun si do'i *kiss
By the way, kenal ga sama Kirana?


Baca kalimat di atas harus senada sama kalimat di berikut yaaa:

"Sayang ga sama Kiwrana?" *Ini adalah potongan kalimat si imut Kirana yang ngegemesin banget*

Kalo belum tahu, liat deh videonya ini.



Hahahhaaa...

Ini baru opening aja loooh...

Bagi yang mengikuti akun Instagram Ibuk Retno Hening mungkin sudah pernah menonton video yang ada kalimat tadi. Ini adalah salah satu potongan kalimat lucu nan menggemaskan dari Kirana.
Melalui akun ibuk Retno Hening ini, kita bisa banyak belajar (saya pribadi merasa begitu).

***

KENALAN SAMA KIRANA, YUK!


Kirana yang nama lengkapnya adalah Mayesa Hafsah Kirana, merupakan putri dari pasang Ibuk dan Ayahnya (Lho? Yaiyalaaah... ). Dari akun Instagram ibunya @RetnoHening, aku kenal Kirana.

Pertama kali kenal (tahu, red) Kirana itu sebenernya pas temenku suka posting di Facebook-nya. Akhirnya nonton langsung ke akun ibuknya alias Mbak Retno. Alhamdulillah, aku pribadi banyak belajar dari akunnya ibuk ini. Ujug- ujug langsung mendeklarasikan diri kalo aku suka sama Kirana dan follow akunnya sang ibuk ini. Waktu itu pengikutnya sudah banyak tapi belum sebanyak sekarang. Dan pastinya akan bertambah lagi dan lagi setiap hari.

Di Duri, Riau, 20 Desember2013 lalu baby 'cat' Kirana lahir. Hari ini tepat usainya 3 tahun loooh!
Barakallah Kirana sayang. Semoga jadi anak sholeha. Aaaamiiin.

Selain video, ada banyak postingan foto kegiatan Kirana juga informasi bermanfaat dari ibuk di akun resmi Instagramnya ini. Saya sendiri mungkin termasuk yang telat kenal Kirana. LOL.

Alhasil, terlanjur jatuh cinta saya pernah nontonin video Kirana dalam semalam saja. Maraton, Gaes! Hahahaa...

Ini video yang membuatku jatuh cinta pada pandangan pertama:



Video ini bukan yang pertama kulihat. Ada beberapa video unggahan ibuk Retno yang dibagikan temanku di akun Facebook-nya. Nah, video- video itu adalah jalan akhirnya aku mampir ke akunnya Ibuk.

Tapi, video yang di atas ini, yang kutonton saat maraton dalam semalam itu, ialah video yang membuatku jatuh cinta dan jadi sayang sama Kirana serta ibunya.

Aku terharu ngeliat video ini.

Seorang anak kecil. Bahkan belum masuk kategori balita, masih baby Kirana kalo bahasanya dia.
Udah ngerti diminta sabar. Ah, dari sana aku jadi penasaran gimana cara ibuk berinteraksi dan mengajarkan nilai pada anak ini.

Baca juga tulisan mba Laila tentang Kirana di sini:
http://www.khoirurosida.com/2016/08/kirana-sang-artis-di-instagram-ibu.html

***

UNGGAHAN FOTO DAN VIDEO KIRANA


Menurut penjelasan dari Mbak Retno sendiri, dalam berbagai kesempatan, unggahan video maupun foto- foto Kirana ini ditujukan sebagai media komunikasinya dengan keluarga di Indonesia; untuk bulek- buleknya Kirana, Mbah Uti (Nenek) serta kakeknya, juga keluarga besar lainnya.

Loh? Memangnya Kirana di mana?

Pertanyaan ini sering banget ditanyain di kolom komentar, lantaran semakin hari pengikut akun resmi Mbak Retno ini teru bertambah. Pengikut lama tentu sudah banyak yang tahu jawabannya. Apalagi kalo penggemarnya, yang juga maraton nontonin/ ngeliatin semua unggahan Mbak Retno dari yang paling pertama beliau unggah. Hhahahaa...

Iya.
Aslinya.

Itu saya begitu. Saya yakin juga bahwa saya nggak sendiri yang heboh ngulik ngepoin semua unggahan akun itu. *pembelaan

Jadi, Kirana emangnya di mana sih?

OK. Buat yang belum tahu, saya bantu jawab yaaaa... (ala- ala akun #bantujawab)
Kirana sekarang ini berdomisili di Muscat, sebuah kota di Oman.

Nah, karena seringnya pertanyaan ini dilontarkan, Ibuk Retno pun mengupdate info di kolom biodata akun IG-nya itu. Biar lebih efisien ya, Buk. *Claps

Magnetnya Kirana dari unggahan- unggahan di akun tersebut membuat banyak pengikut serba ingin tahu tentang Kirana. Udah tahu di mana dia tinggal, gantian nanya: Oman itu di mana?

Padahal kan tinggal googling aja yak? *Ups

Sabaaar. Kirana aja bisa sabar, Al. Hehheee...

Mbak Retno pun dengan baik hati memberikan informasi lebih tentang itu dalam sebuah video singkat tentang Oman ini:




Udah tau kan sekarang??? Muscat itu di Oman ternyata.
Yeay!
Kita belajar lagi^^
Ilmu lagi!

Thank you, Ibook.

BERBAGI INFO BERMANFAAT


Selain mengunggah foto dan video Kirana sebagai obat rindu keluarga serta para fansnya ini, Ibuk Retno juga sering berbagi info bermanfaat. Mulai dari info tentang perintilan barang bayi dan batita seperti buku- buku Kirana belinya di mana. Juga resep- resep rumahan yang sukses bikin aku laper pas lagi ngintip akunnya tengah malah. Hehehe...

Ini contohnya, bekerja sama dengan aplikasi pembelajaran, Bahaso ibuk Retno bagi- bagi voucher buat belajar bahasa Inggris. Sangat bermanfaat ya!

Saya langsung unduh aplikasi Bahaso ini dan melihat user interface-nya lumayan menarik. Setelah melihat menu- menu lainnya, saya langsung ajak adek- adek dan siswa untuk unduh dan dapetin beasiswa dari Kirana dan Bahaso ini. Anak- anak dan siswa senang. belajar Bahasa Inggris pake aplikasi ini menarik, katanya. Terima kasih lagi, Ibok. *hug

Hanya untuk 1000 pendaftar pertama! @retnohening dan @bahasodotcom mau bagi-bagi beasiswa belajar Bahasa Inggris online selama 3 bulan. Caranya : 1. Follow Instagram @bahasodotcom. 2. Download Aplikasi ‘Bahaso’ di Play Store atau App Store atau buka www.bahaso.com. 3. Lakukan Pendaftaran. Setelah kamu sudah punya Akun Bahaso, Cari menu ‘Scholarship’ dan masukan kode: KIR4N4EL 4. Setelah berhasil kamu bisa langsung belajar Bahasa Inggris GRATIS di Bahaso dan akan mendapatkan sertifikat resmi dari Universitas Indonesia (jika sudah lulus semua level). Ayo daftar sekarang! Kode ini hanya berlaku sampai 31 Oktober 2016 untuk 1000 orang pendaftar pertama, jangan sampai keduluan yang lain. Mau tau info lebih lanjut? Langsung aja Send Message/DM ke @bahasodotcom atau email ke info@bahaso.com. @retnohening bersama Kirana siap menghadapi globalisasi dengan penguasaan bahasa asing!
A photo posted by @retnohening on


ADDDUUUUUH!


Ini video "addduuuh". Hihihiii.
Maaf itu aku kasih sendiri namanya. Video Kirana yang ini sukses bikin pak suami jadi ikut nontonin batita pintar ini. Karena Kirana and famz suka bola, jadi sejalan sama hobinya orang rumah. Gotcha!

Belajar dari Kirana, pak suami jadi ketularan ngegemesin deh. #Eh
Soalnya tiap kali aku ada salah dikit, ngelakuin hal yang dianggapnya konyol, atau ngambekan, pasti langsung acting gini dia. Kan jadi gemes yak? Hahahaa...

Makasih baby Kirana, Pakde ini jadi romantis. Hahhahaaa...




JUJUR


Bermain sambil belajar. Ini yang dilakukan oleh mbak Retno dalam mengasuh Kirana. Permainan edukatif dari flash card banyak digunakan saat bermain. Ini bisa dilihat dari salah satu video ini. Kirana lagi main pake flash card tentang kendaraan. Dikelompokan antara kendaraan darat, laut, dan udara. Saat main, ada beberap jenis kendaraan laut dan semuanya disebut 'boat'. Betul juga!

Lalu dengan polosnya Kirana nanya ke ibuk dan dengan jujur ibuk bilang ga tau. Hehehe.

Kalo moms zaman sekarang kayanya memang udah pada aware ya soal bermain sambil belajar, and stuffs. Bahkan ada yang menggunakan banyak pendekatan parenting yang bisa memaksimalkan potensi anak. Alhamdulillah makin bagus generasi bangsa kita. Memang ibu adalah sekolah pertamanya anak ya. Ini nih, salah satu berkah era global, bisa banyak belajar dari mana saja kapan saja. Juga pendekatan mendidik yang seperti ini misalnya; ga ragu bilang ga tau, agar mencontohkan nilai kejujuran pada anak.




EKSPRESIKAN DIRI!


A photo posted by @retnohening on

Saya kurang tahu sejak kapan ibuk Retno ini mengenalkan ballet ke Kirana. Yang pasti ada video pas dia baby banget, Kirana itu nari ballet gitu--- dengan rok ini juga. Gemes deh liatnya!^^

Kirana itu ekspresif banget. Dia sudah biasa mengomunikasikannya secara verbal dan gerakan. Ini saya lihat dari unggahan di akun IG itu. Info dari mbak Retno sendiri waktu wawancara di Radio PPI waktu itu, Kirana sudah diajak ngobrol bahkan dari dia belum bisa ngomong, babling, sampai sepatah- dua patah kata.

A video posted by @retnohening on
Juga nampak bahwa mbak Retno ingin mengajarkan tentang feeling, misalnya dia suka nanya: Kirana suka? Happy, Kirana? Sedih ya? dan bentuk perasaan lainnya.

Tentu saja tak semua bisa dipahami, tapi minimal anak sudah tau tentang perasaannya.
Ada cerita lucu dari buleknya Kirana, mbak Hana dalam tulisan di tumblr-nya (saya juga suka bacain tulisan bulek ini ^^). Kurang lebih tentang Kirana yang belum tahu apa itu rindu. Ada momen saat ibuk Retno berangkat haji dan ada hari Kirana melow, lalu menangis. Kirana rindu mamak.

Ah, inget video itu rasanya makin sayang sama kamu, Nak.
Memang perasaan itu abstrak sih, tapi mbak Retno berhasil mengenalkan serta mengajarkannya. Alhasil Kirana jadi anak yang penuh empati.

"Buk, jangan kena kaca lagi ya ibuuk."


Bagaimana pun Kirana tetaplah anak- anak. Sama kok, suka begini juga kalo lagi jalan keluar. Alhamdulillah, anaknya pengertian banget begini. Masyaallah, Nak.

A video posted by @retnohening on

Seiring bertambahnya umur Kirana, tante ikut ngedoain yaaa semoga kamu jadi anak sholeha, terus membacakan doa ini seperti harapan ibuk dan ayahmu. Semoga Kirana sehat selalu, semoga alerginya bisa reda dan ga muncul- muncul lagi. Juga jadi anak cerdas-- pintar yang bermanfaat bagi agama, bangsa, dan negara.

We love you, Kirana :*

A video posted by @retnohening on

Hari ini juga ibuk Retno berbagi ilmu tentang beragam jenis kecerdasan serta mengingatkan kita tentang keistimewaan masing- masing individu. Mbak Retno berterima kasih pada semua yang sayang sama Kirana (*sama- sama, Mbak).

Selain itu juga mengajak kita untuk jadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.
Terima kasih untuk pembelajaran dan pengingatnya, Mbak.
Barakallah buat sekeluarga besar yaaa...

Bismillah... Saya dikenalkan tentang multiple intelligences ditempat saya mengajar dulu. Dimana kecerdasan tidak hanya dinilai dari sebuah ranking diskolah atau angka dalam hasil test IQ..tetapi kecerdasan dipandang dengan lebih luas...menurut teorinya, howard gardner membagi kecerdasan menjadi 9 : -Kecerdasan bahasa ( linguistic intelligence) - Kecerdasan visual spatial ( visual spatial intelligence) - Kecerdasan kinestetik ( kinesthetic intelligence) - Kecerdasan intrapersonal ( intrapersonal intelligence) - Kecerdasan interpersonal ( interpersonal intelligence) -Kecerdasan naturalis ( naturalist intelligence) - Kecerdasan eksistensial. - Logic math intelligence - Musical intelligence Jadi..pada dasarnya setiap anak itu cerdas..memiliki 9 kecerdasan tersebut..hanya saja berbeda pada tiap bidangnya...misalnya kirana memang lancar berbicara dan pandai mengolah kata..mungkin dia unggul pada kecerdasan linguistik..atau dia berempati dengan orang lain..mungkin dia memiliki kecerdadan interpersonal yang baik..tetapi kirana susah utk melakukan kegiatan2 fisik..susah diajarkan bersepeda atau bermain scooter..mungkin kirana lemah pada kecerdasan kinestetik..setiap anak memiliki kekurangan dan kelebihannya masing2..mereka smua cerdas..semua anak pintar..dibidangnya masing2.. Maka menurut saya rasanya tidak cocok jika membanding2kan anak..karena merka memiliki kecerdasan masing2..dan setiap mereka unik..betul? - Saya masih membaca ada kalimat yang membanding2kan meskipun mengunggulkan kirana..tapi saya bacanya sedih..saya tau om dan tante sayang kirana..tapi dengan begitu bisa menyakiti org lain yang dibanding2kan dengan kirana yang diunggulkan.. :( jangan lagi ya..please..please... Terimaksih banyakkk udah sayang,mendukung dan perhatian sama kirana.. Tapi mari kita merespon segala sesuatu dengan lebih positif..agar tidak ada hati yang tersakiti... Makasi banyak.atas perhatiannya... Saya bukan bermaksud ngomel lho...tapi ngomel dikit..tapi ngomel krn sayang... Hehehe Ini dibawah sini jangan pada ribut...jewer nanti! 😣Trrimakasih smua yang udah dukung dan sayang kirana dengan segala macam caranya.. 😘😘😘 *om tante yg psikolog silahkan diperbaiki penjelasan yg salah
A photo posted by @retnohening on

Saya pribadi banyak belajar dari Instagram Ibuknya Kirana: Indonesian yang Lagi Stay di Muscat, Oman ini. Makasih yaaa, ibooook.

Salam sayang dari sini.


Bandung, 20 Desember 2016


Love and Share!
almawahdie

26 komentar:

  1. Duh lucuuuuu banget Kirana. Apalagi pas nanya sayang ga sama Kirana? Dia bisa kepikiran ya nanya gitu. Laff hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...
      Ngegemesin banget kan mbak ya? 😍

      Hapus
  2. Aku sering liat videonya karena ada di feed igku ahahaha gemes banget emang ini anaknya. Rambut sama bibirnya itu loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak Put.
      Bibirnya bikin gemes hahaha

      Hapus
  3. kirana nih selebgram ngehits...lucuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hits bingiiit. Dia tau 'om telolet om' juga loooh. Ahaha

      Hapus
  4. Lucu banget Kirana. Sepertinya dulu pernah nyasar ke akun IG-nya itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo nyasar lagi. Mbak.
      Ada2 aja tingkah lucunya 😍

      Hapus
  5. Haduh ngegemesin banget yaa Kirana niy, pengen njiwel pipinya.
    Itu yang tari balet lucuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo.. Teh nchie pengen punya roknya nih pastiii.
      Ahhaha

      Hapus
  6. Barusan cari di Instagram, ternyata emang lucu banget ya Kirana..dan ibunya juga smart banget sedetail itu ngerekam detik detik perkembangan kirana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, Mbak. Pas aja momennya direkam itu 😁

      Hapus
  7. Aku awal tau Kirana dari Leli, dong. Hahaha.
    Ibuk ini berarti dulunya ngajar ya Mba? *baca di caption terakhir yg Mba Alma share*

    Aku banyak berkaca nih dari Ibuknya Kirana, apalagi anakku udah dua.
    Semangat^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak.
      Ibuknya ini pernah ngajar Paud gitu di jogja.

      Aah, senangnyaaa jadi ibuk 😘😘😘

      Hapus
  8. Lucu bangeeet yaa...ngegemesin deh. Lagi pinter-pinternya ngomong, ceriwis...pengen meluuuk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini mbak peluk aku aja. Licu juga kok. Wkwkwk.
      Habisnya kirana jauh sih, yg deket aja dulu yaaa

      Hapus
  9. aduhh kirana.. aduh ibu Hening. kenapa baru tahu akun ini sekarnag. thank mba ALma... Trims banget sharingnya. Langsung stalking dan follow akunnya Mama Kirana. Oh Kirana dirimu kecil2 cabe rawit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak Ira sayang 😘
      Emang bikin gemes, pengen dipeluk 😍

      Hapus
  10. gemes ya mbak ma kirana...jauh banget ya kerjanya papahnya di oman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Jauh huhuhu.
      Lebaran setahun sekali ceritanya, baru bisa mudik. Hikss

      Hapus
  11. Suka banget aku sama Kirana, gemeezzz. Apalagi kalau pas pakai topi chef atau kacamata hitam, lucuuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbaaak.
      Asli kece banget kalo udah ootd pake kacamata item. Hihihi.
      Kalah fashion kita πŸ™ˆ

      Hapus
  12. Aih, anaknya lucu banget sih. Jadi gemesss..

    BalasHapus

Hai! Terima kasih sudah mampir yaaa...
Mari tinggalkan jejak biar aku tahu kalau kamu udah ke sini ;)
Mana tau nanti aku mau main juga ke tempatmu!^^

COPYRIGHT © 2017 ALMA WAHDIE | THEME BY RUMAH ES