Maksimalkan Masa Penyembuhan, karena Sehat itu Rahmat

Alma Wahdie | Sunday, October 16, 2016 | | |
maksimalkan masa penyembuhan karena sehat itu rahmat

Hola! Assalamualaikum, Teman- teman.
Kemarin itu seharian aku bedrest aja. Nggak ngapa-ngapain (kerjaan ringan only) kecuali ibadah, tidur, dan makan. Hahhaa... ternyata nggak enak ya begitu. Nggak betah, cyint! Biasa melanglang ke sana ke sini eh, harus diem aja di kamar. Asli lah, bosen rasanya! Ada banyak momen penting yang harus direlakan begitu saja.
Hiks. Makanya, aku berusaha biar gimana caranya bisa sehat seperti sedia kala.

Bulan- bulan di akhir tahun itu memang dingin. Udah rahasia umum. Apalagi di Bandung! Ujan mulu deh ahhaa. Mau ngerasain cuaca paling dinginnya itu pas bulan Desember sampe pertengahan Januari. Blass! Dingin banget lah. Mulai akhir bulan September kemarin itu, intensitas hujan mulai terlihat. Nah, beberapa minggu kemarin, hampir setiap hari hujan. Alhasil, jemuran butuh waktu sampe 3 harian untuk kering (lho? hubungannnya sama sakit apa, Al? LOL). Alhamdulillah yaaa... Jadi rajin beberes juga. Ini hikmah lainnya.

Selain soal jemuran dan pernak- pernik rumah lainnya pas musim hujan, kesehatan juga jadi agak terancam nih. Harus ekstra jaga badan agar tetap prima. Aku sendiri adalah orang yang ga gampang sakit (ciyeeee... alhamdulillah), tapi sering terancam sakit. Ahahaa... tepok jidat.

Iya, karena aku ada alergi sama cuaca dingin dan debu serta benda berbulu lainnya. Serta merta bisa bersin ga berkesudahan kalo udah mencium aroma debu. Bahkan aroma tanah basah kalo habis ujan tuh. Menurutku, ada yang berbau debu. Yaelaaah... Kalo soal dingin, entahlah apa asal mulanya. Cuaca dingin Bandung di musim ujan gini, sukses buat aku selalu bersin dan sibuk ngurusi idung meler setiap pagi (iuuhhh...). Tenang, biasanya ilang kalo udah dibawa ke luar jam 9an gitu, berasa kena hangat- hangat matahari (itu juga kalo ga mendung, sih). Intinya, aku sudah familiar dengan gejala flu. Inilah yang membuatku sering terancam sakit. Soalnya, kalo ga cepat- cepat diurusin bisa- bisa makin jadi dan flu beneran tuh. Ini yang kejadian kemarin itu. Telat dikit jadi demam ujungnya. Vitamin C saja ternyata tidak cukup kalo sudah sampe masa penyembuhan. Tubuh kita butuh lebih dari itu. Okelah, untuk pencegahan, kita memang dianjurkan konsumsi Vit C tiap hari. Tapi, kalo udah sakit? beda lagi kebutuhannya.

Ialah sakit yang ringan tapi ga bisa dan ga boleh disepelein: FLU.
Yes, Flu. Ini tuh semacam penyakit yang ga pernah absen bagi hampir semua orang. Menurut info yang kuperoleh tentang flu, ngga ada obat yang benar- benar bisa memberantas habis sumber penyakit flu ini. Karena, flu disebabkan oleh virus. Karakteristik virus itu tidak bisa mati, melainkan hanya "tertidur"= tidak aktif untuk sementara waktu. Selain itu, virus flu ini juga ada baaaaaanyaaaaak banget jenisnya. Makanya, jangan heran kalau kita sering terserang flu lagi dan lagi padahal sebelumnya udah pernah terjangkit. Hal ini kemungkinan karena virus flu yang menyerang kita kali ini, berbeda dengan yang sebelumnya. Wuihhh, ribet juga ya? LOL

Anda biasanya tidak membutuhkan penanganan medis karena penyakit ini [flu] umumnya sembuh sendiri. Beberapa langkah pengobatan yang bisa dilakukan adalah istirahat yang cukup, banyak minum, serta menjaga tubuh agar tetap hangat.

Sumber: alodokter.com

Dari sumber yang saya kutip di atas itu, menjaga agar sistem imun tubuh tidak turun adalah kunci utama dari penyembuhan penyakit flu ini. Selain itu, karena saat sakit ada banyak zat penting dalam tubuh yang berkurang, kita perlu asupan vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Dengan begitu, proses penyembuhan akan jauh lebih cepat. Jadi ngga perlu lama- lama bedrest dan merasa bosan lagi deh! Intinya, kita tidak bisa membunuh virus yang ada di dalam tubuh kita. Tapi menjaganya agar bisa tetap tertidur lelap bisa dong. Gimana caranya?

Jaga Asupan Makan dan Minum

Dalam kondisi sehat aja, kita sangat tidak dianjurkan untuk skip meal. Jamnya makan siang, ya makan. Jamnya makan malam, ya makan. Apalagi kalo lagi sakit? Jangan sekali- kali lewatkan jadwal makan. Pertama, karena habis makan biasanya kita akan minum obat juga vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan. Kedua, karena kalau kita ga makan, nanti si virus- virus tadi makin lama tidurnya. Hayooo... pilih mana?


Cukup Istirahat

Buat kamu yang telah terbiasa beraktivitas, bagian ini mungkin akan menjadi bagian yang cukup membosankan. Yeah, it is! Sebel banget rasanya pas aku sadar kalo aku udah mulai kena gejala flu. Setelah makan malam dan banyak minum air, aku putuskan juga untuk minum obat flu (ini aku putuskan karena hidungku udah meler ga karuan. Mengganggu sekali, terlebih pas mata rasanya panas dan berair). Bayangin, Alma tidur awal. Seperti sholat idul adha dan idul fitri, intensitas dilakukannya ya bisa diitung jari aja. Sementara aku itu biasanya ngalong. Lha, akhirnya tidur cepat karena mau istirahat dan pengaruh obat juga, jadinya aku bangun- bangun terus deh pas tengah malam.

Pertama bangun jam 00:30, setiap 1 jam berselang aku bangun- bangun lagi. Karena idung mampet iya, karena bosan tidur iya juga. Pokoknya, ngga betah banget! Tapi, aku sadar kalo aku harus banyak istirahat. Fine!

Konsumsi Vitamin

Dengan mengkonsumsi vitamin tambahan, artinya kita tengah menjaga sistem imunitas tubuh kita agar selalu siap sedia. Jangan sampai daya tahan tubuh kita terus turun jauh dari ambang batas semestinya. Mudahnya kita terserang penyakit, disebabkan juga lantaran sistem imun atau daya tahan tubuh kita sedang lemah. Akhirnya, dengan gampang si virus- virus jahil ini berlarian di dalam tubuh. Hiiiyyyy!!! 

Jum'at siang aku mulai ngerasain gejala flu. Malamnya aku langsung ikhtiarkan biar ga menjalar ke mana- mana. Langsung hap! Makan yang banyak (*padahal emang selalu makan banyak kok hahaa). Trus, minum yang banyak dan istirahat yang cukup. Ngga pergi ke luar karena udara masih dingin dan langit mendung terus. Sabtu siang, udah mulai enakan nih. Mata udah ga panas lagi. Kepala juga udah ga terlalu pusing. Udah cengharlah! Tapi lidah masih rada kebas kaya semua makanan rasanya sama. Hahaha. Tipikal ciri mau demam. Ternyata benar aja. Sabtu sore gitu, badan mulai hangat. Ini antara mau sembuh atau bahkan bisa makin buruk. Dari pada terlambat, aku dopping deh pake vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Aku minum Theragran-M.

Theragran- M ini diresepin sama dokter sebagai suplemen vitamin dan mineral tambahan buat tubuh pasca sakit. Sadar karena tubuh masih lemah mungkin ya? Ibarat nih ya, setelah badan enakan tuh, posisi kita ada di tengah- tengah. Kalo ngga ditanganin dengan optimal, bisa- bisa malah drop turun lagi atau bisa juga langsung sehat. Aku pilih mau langsung sehat pastinya.

manfaat theragran-M
Cukup 1 kapsul per hari atau sesuai resep dokter

Minum ini 1 kapsul, dan voila! Ya, ngga langsung berasa sih efeknya. Ya kali, pil ajaib Doraemon. Hehehe... Aku minum ini sejak badanku udah berasa enakan; sejak idung udah ngga meler, mata udah ga panas berair, dan kepala udah ga berat lagi. Ditambah dengan vitamin C yang biasa kuminum sehari- hari juga. Semakin hari berasa prima. Mantap buat lanjut aktivitas pas Senin besok. Insyaallah.

Vitamin masa penyembuhan theragran M
Ini nih, kandungan yang ada dalam vitamin ini
Dari daftar komposisinya, ada kandungan beragam vitamin yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita semasa pemulihan. Ditambah lagi dengan zat mineral seperti; iodium, besi, sulfat, karbonat, dan lain sebagainya dengan takaran pas bagi kesehatan tubuh kita. Dari info yang saya baca, tidak ada kontraindikasi dari mengkonsumsi vitamin ini. Juga aman bagi ibu hamil maupun ibu menyusui. Namun, keadaan tiap individu tentu saja berbeda, bagi ibu hami dan ibu yang tengah menyusui akan lebih baik jika tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokternya mengenai konsumsi obat apapun. Barangkali ada alergi terhadap suatu zat yang terkandung dan lain sebagainya.

Ya, sehat itu adalah rahmat. Bahkan sesederhana flu (yang aslinya juga ga sederhana amat) kita jadi makin sadar bahwa penting banget menjaga kesehatan tubuh. Antisipasi dan maksimalkan masa penyembuhan pasca sakit. Ga ada yang mau sakit kok, semuanya juga sudah takdirnya. Kadang udah antisipasi bagaimanapun kalo kata Allah waktunya sakit, ya sakit aja. Udah ada bagiannya masing- masing.

Kalo kata pak suami semalem. "ini lagi dikasih Allah waktu buat berdoa. Insyaallah doa orang sakit termasuk yang diijabah. Aamiiin. Waktunya doa minta diampuni dosa- dosanya." Eaaaa... makin cepet sembuh nih, kalo yang ngejagainnya model beliau. Adem banget omongannya. Suara lembutku :* Syafakallah buat yang sedang sakit.

Jangan lupa ikhtiarnya yaaa...
Minum obatnya dan vitamin yang bagus untuk masa pemulihan yaaa...
Get well soon, Dear! *buat siapapun yang lagi ga fit



Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho


42 comments:

  1. Paling suka kalimat yg ini: "Jamnya makan siang, ya makan. Jamnya makan malam, ya makan."
    Thanks Alma artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Hehehe. Makasih Teh Wulan :*

      Delete
  2. ho.oh badan kalau terlalu banyak aktvitas juga butuh vitamin, apalagi musim hujan gini. Minum Vitamin ini juga sangat perlu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujua, Mba. Buat jaga- jaga biar ga collapse.

      Delete
  3. saya juga cocok minum multivitamin ini, nih, mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! sama dong kita^^
      Alhamdulillah ya...

      Delete
  4. Baca artikel ini ngingetin masa-masa di Bandung jadi anak kos... Cuaca yg kadang ekstrim, lelah, dan banyak pikiran ditambaaah nafsu makan berkurang bikin kita gampang bgt keserang penyakit.. So betul betul betul.. Harus ttp makan teratur dan minum suplemen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan teh Uti. HIhihi... :*
      makasih ya dah mampir. Barakallah, manten baluuu :*

      Delete
  5. The Ragran M ini penting sekali ya utk jaga kesehatan. Banyak yg ulas, aku jd pingin beli

    ReplyDelete
  6. Mba alma bener banget. Masa pemulihan itu walau kelihatan sepele sbetulnya penting banget ya biar sakitnya ga mudah menyerang lagi. Semoga kita selalu sehat ya..

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah saya juga cocok dengan Theragran ini. Minggu kemaren gak enak badan. Dan setelah minum vitamin ini, badan kembali fit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.
      Semoga sehat selalu ya, Mba^^

      Delete
  8. aku juga sering flu, mba alma. makanya kadang kalo udah kambuh harus cepet2 istirahat total biar ga makin sakit, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Untung udah paham sama kondisi badan masing- masing ya.
      Semoga sehat selalu, Mba Ila.

      Delete
  9. Bandung emang dingin ya mba, apalagi sekarang ujan terus. Semoga pulih dan jangan sakit-sakit ya mba. hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamin. Makasih, Mba Zia. Alhamdulillah udah sehat kembali ;)

      Delete
  10. saya juga alergi dingin Mba, tapi alergi dingin yang saya rasakan itu akan muncul bentol-bentol di seluruh badan yang gatalnya naudzubillah mindzalik deh dan itu nyiksa banget euy :( :(

    saat akan terkena flu karena kedinginan beberapa waktu yg lalu saya juga minum multivitamin ini loh dan alhamdulillah kondisi tubuh saya menjadi lebih baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh, di kampung saya bilangnya itu :kaligato. Hhehehe...
      Alhamdulillah ya, Mbak udah mendingan. Sehat terus ya, Mba Ira^^

      Delete
  11. Jaga kondisi penting banget, apalagi ditegah cuaca yang kayak gini. Semoga kita selalu sehat ya mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, Mbak.
      Aaaamiiin. Insyaallah, Mbak.

      Delete
  12. Lagi rame postingan lomba ya ^_^ good luck mba alma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. Iya ya, Mba. Aaamin.
      Makasih doanya, Mba Shona :* N

      Delete
  13. Wah..sama mbak. Aku juga barusan kena flu berat juga. Dan masa pemulihannya jd lbh cpt krn minum theragran m juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ngebantu banget ya, Mbak. Terpenuhi kebutuhan vitamin n mineral tubuh yang kurang dan hilang- hilang sebelumnya ^^

      Delete
  14. Pas tepar beberapa waktu lalu aku minum vitamin ini mbak untuk pemulihan

    ReplyDelete
  15. Butuh vitamin kyk gini nih. Yang bisa menemani aktivitas sehari2. Thanks sharingnya Alma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh. Masuk stock belanja nih ;)
      Sama- sama, Teh Tian.

      Delete
  16. mudah2an sekarang udah pulih lagi ya ^_^

    ReplyDelete
  17. Makan tidurternyata mmg ngak enak, mesti ada aktifitas yang menantang hehehe

    ReplyDelete
  18. Mba Alma, masa pemulihan itu memang harus benar2 istirahat :)

    ReplyDelete
  19. lebih baik mencegah ya daripada mengobati

    ReplyDelete
  20. setuju istirahat terasa menyebalkan jika kita banyak aktivitas

    ReplyDelete
  21. get well soon ya mbak! good luck untuk lomba theragrannyaaa

    ReplyDelete
  22. Get well soon mba... aku kalau habis sakit, juga sama banyakin tiduran di kasur alias bedrest. Terus ditambah suplemen vitamin. Theragran-M bisa jadi salah satunya.

    ReplyDelete
  23. Iya, Mba :*
    Alhamdulillah udah baikan ^^

    ReplyDelete

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR