Generasi Go- Blog (PART 2)

Alma Wahdie | Tuesday, September 06, 2016 |


Selamat siang, Teman- teman!
Siang ini saya mau memberi hadiah kecil pada diri saya sendiri. *Yeay!
Kenapa?
Karena Alhamdulillah to- do list yang dibuat semingguan ini berjalan lancar. Satu persatu dicoret, Man! Berasa produktif saya. Hhahhaaa.. Bhay!


Maka, dipertengahan hari ini, disela istirahat ishoma, saya terbitkan tulisan ini. Inilah hadiah kecil buat saya! Yaitu, boleh nulis bentar sebelum lanjut nulis mega project itu (lagi). LOL. Ini adalah tulisan yang masih membahas tentang generasi "Go- Blog" (istilah yang dipakai Profesor kita saat memotivasi kita untuk terus menulis). Kalo belum ngeuh, sila baca cerita awal mula kenapa istilah itu muncul di sini:


Blog. Apa blog itu? Ini pengertian blog versi saya yang mungkin ga bisa diterima semua orang; blog adalah sebuah media untuk menulis dalam versi digital. Simple! Kalo pengertian bakunya silahkan dicari dan dibaca sendiri ya. Begitulah setidaknya saya memaknai blog ini.

Pertama kali menulis di blog itu ya di platform ini; di blogspot. Saya diajarin oleh ibu guru (pustakawati) di sekolah menengah dulu. Nanti saya bagi cerita lengkapnya ya. Singkatnya, blog ini dimulai karena emang saya udah kebiasaan menulis di diary dari jaman SD. Asyik dong, akhirnya dikasih tau ada media yang lebih canggih ~bisa masukin foto ~bisa diatur-atur bentuk tampilannya. Pokoknya lebih menarik lah buat saya saat itu.

Sempat pula saya bereksplorasi di beberapa platform penyedia fasilitas serupa di jaman kenalan sama blog tahun 2009 itu. Hasilnya? Masih ada beberapa blog saya yang mungkin masih terindex mbah gugel sementara itu sudah tidak bisa saya akses lagi gara-gara lupa password; baik dari platform yang sama maupun wordpress. Hahaa... Maaf, waktu itu saya belum terlalu ngerti dan belum bisa atur- atur memori serta belum piawai bikin akun khusus buat sosmed. Seiring berjalannya waktu, semua orang tentu belajar kan? Saya pun demikian. Mulai pilah pilih akun email untuk sosial media, mulai perhatiin keamanan tiap akun sosmednya, mulai belajar rapiin layout-nya biar teman- teman berkunjung ga pada sakit mata *LOL, mulai belajar bikin thumbnail dikit- dikit, bikin logo juga sampe ke sosmed button kemarin, dan mulai rapi bikin catatan masing- masingnya (maklum, gampang lupaan orangnya x_x).

Blog ini sendiri juga salah satu saksi perjalanan menulis saya dalam bentuk digital melalui media internet loh. Segala bentuk betapa stubborn -nya saya, terlihat baik dari gaya tulisan, bahasa, template dan layout blog itu sendiri, pernak- perniknya sampai ke penggunaan bahasanya. Sayang, saya ga kepikiran buat simpen tampilan blog ini dari masa ke masa, tapi untuk postingan, tetap saya biarkan apa adanya buat rekam jejak. Ya Allah, malu deh rasanya.

Saya itu paling suka kustomisasi sesuatu. Ada game yang kita bisa bikin sendiri tampilannya? Yang begitu saya suka sekali. Nah, blog pun juga! Pas tau bisa pasang musik sebagai latar belakang blog, saya pasang widget itu. Pas tau bisa pake cursor lucu yang ada animasi dan blink- blink itu saya juga pernah pasang. Pokoknya sesuai masa banget deh! Kalau diingat ya lucu bin malu, tapi bukan malu yang negatif ya (haduh, gimana pula itu malu yang ga negatif). Maksud saya, Iya saya malu tapi ada campuran rasa bangga walaupun itu malu-maluin. Hahahaa...

Saya bangga aja kalo inget pas suka ngabisin waktu kustomisasi tampilan, widget, dan pernak- pernik lainnya. Karena saya inget usahanya dan gimana akhirnya saya jadi makin akrab dengan coding html. Intinya, semua hal childish nan memalukan itu membuat saya bangga dan mengapresiasi diri saya pribadi. Dari perintilan lucu itulah saya baaaaanyak belajar tentang blog. Jadinya positif toh?^^

Generasi Go- Blog ternyata membawa hal positif ya. Kita bisa terus belajar sambil mencoba hal- hal baru, kita bisa berbagi dan berjejaring dengan teman- teman baru, juga tentunya terus bisa mengikat ilmu. Pesan Alm. Prof. Alwasilah dulu yang kuingat saat kelas matrikulasi adalah bahwa kita harus terus menulis agar ide- ide kita tidak hilang. Ide- ide itu bersayap dan akan seketika terbang jika tidak dituliskan.

Sekarang saya lagi maintain blog pembelajaran yang sudah saya kelola sebelumnya agar bisa segera diakses dan lebih responsif lagi dalam hal tampilan dan konten pastinya. Mudah? Nggak sih. Tapi dikulik aja, nanti bisa sendiri lama- lama. Baru dapet domain dari institusi ceritanya nih, setelah coaching clinic bersama Prof. Didi Sukyadi kemarin langsung deh saya kerjain. Hehehhee...
Karena suka kali yah, jadi langsung dicari tahu. PR-nya sekarang adalah mindahin konten di platform lama ke yang baru. Harusnya sih ada caranya, aku pernah baca kok. Tapi karena blog pembelajaranku di platform yang sudah ada juga belum terlalu banyak kontennya, jadi aku mau fokusin di satu platform aja yang alhamdullillah udah berdomain institusi. *Yeay!

Ga baru juga sih di sana, aku juga pernah punya di platform itu dengan domain gratisnya, tapi belum pernah ngulik kustomisasi dan posting juga. Jadinya sekarang rada cengo' deh ngeliat dashboard dan segala item yang beda dari yang biasa kupakai ini. Ahaha... another gardening effect jangka pendek, nih! Gawat!

Makasih ya, Pak buat ilmu dan infonya.
Go Blog[ging]!!!

20 comments:

  1. Saya banget tuh pake kursor lucu2.. blink2... hujan salju dan kelopak mawar yg berjatuhan hihihi. Seiring pertambahan usia jd malu sendiri krn ternyata blogger2 profesyenel gak pake ituuuu😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemes- gemes gimana gitu ya, Mak pas ingetnya :D

      Delete
  2. Waah....ternyata aku tak sendiri hihihi. Barusan beli domain dan pake template gratisan, biar beda,aku otak-atik htmlnya...alhasil erorr hihihi...akhirnya aplud lagi. Dan itu terulang beberapa kali.....sampe lupa harus bikin tulisan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... aku banget lah itu, Mak.
      Abis BW ke sana- sini akhirnya dapet ide. Eh, pas main html-an jadi ga bisa dibuka. LOL.

      Delete
  3. Hahahaha jaman ngeMPi dulu aku juga suka template yg rame unyu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai masa ya, Mak.
      Aku juga gitu, ganti- ganti template kaya ganti case Hp :D

      Delete
  4. wah sama dong dng saya, blog2 lama udah gak bisa akses juga krn lupa password, padahal pengen diapdet, hehe..

    btw, salam kenal mba Alma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, Mbak Zata.

      Saya mah pengennya ngapus blog lama itu x_x
      Soalnya belum bisa megang banyak-banyak juga sih. Hahaha...

      Delete
  5. Rajinnya Mak, saya mah nyerah, apa yang ada itu yg dipake dan gak ganti2 hahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...
      Penasaran aja gitu, Mak. Kalo udah coba- coba trus ga jadi teh. Hahaha

      Delete
  6. Hhaha..luttuuu bingiitttt cursornya..hii

    ReplyDelete
  7. Jujur, saya itu orangnya gaptek. Jadi suka mengandalkan orang lain. Yang penting nulis saja. Ternyata tidak bisa selamanya seperti itu. Pelan-pelan belajar deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Sama :D
      Tapi perlahan mulai belajar dikit- dikit. Untuk ada komunitas blog yang suka bagi ilmu. Trus ada blogger yang ga pelit ilmu smpe belain bikin tutorial yg gampang diikuti newbie kaya saya ini.
      colek Mas +Syahran Syah

      Delete
  8. selamat buat domain barunya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mas^^
      Aslinya ini lagi galau, Mas. Apakah aku salah pilih domain? Pas baru nemu term TLD dll x_x

      Ada yang bisa bantu jelasin?

      Delete
  9. Emang yah tangan ini gatel buat bikin sentuhan2 ciamik di blog..etapi kadang2 malah membawa petaka,haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhihii, asli banget lah, Mba.
      Tapi jadi belajar deh kitanya^^

      Delete
  10. dua tahun ini aku juga lagi ngebangun blog supaya tampilan lebih menarik termasuk konten yang banyak di perbaiki sehingga pengunjung makin ramai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Keren, Mas.
      Saya baru sedang mulai berbenah nih.
      Nanti mau berguru sama, Mas deh^^

      Delete

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR