Cara Mendapatkan Sewa Kamar Kos Murah

Alma Wahdie | Saturday, September 17, 2016 | |
Yang pernah kos mana suaranya????
Kamu pernah ngekos? ngontrak? nyewa? Kalo jawabannya pernah, artinya kamu lagi baca artikel yang pas banget. Hohoho...
Kenapa? Karena di tulisan kali ini, aku mau ngasih tauin tentang cara mendapatkan sewa kamar kos murah. *Yeay

Sekedar flashback ke masa pertama kali aku ngekos. Waktu itu aku baru masuk kuliah undergraduate. Itu pertama kalinya aku harus nyari kamar sewa alias kamar kos. Da ga akan nyari kontrakan juga, karena aku cuma butuh tempat buat tidur dan istirahat aja sementara siangnya bakal lebih sering di luar (gitu sih mikirnya...). Makanya matok budget juga ga mau yang terlalu mahal. Lha, tapi mahal nggaknya belum paham juga. Secara urusan properti kan suka berubah-ubah.


Nyari kamar kos itu susah- susah gampang. Ayahku sampe turun tangan buat nyari kosku saat itu. Karena beliau tau kalo aku belum ada pengalaman buat nyari kamar kos sendiri. Selain itu, doi juga mau memastikan kalo anak gadisnya ini bakal tinggal di tempat yang aman pastinya. Secara waktu sekolah menengah, aku itu anak asrama. Di mana keamanan terjamin banget karena keluar aja kudu pake ijin tertulis. LOL. Selain itu juga sekalian survey harga pasaran pastinya, jadi bisa nyesuaiin sama budget kita juga.

Nah, waktu itu tahun 2008an, harga kamar kos di kotaku itu udah sekitar 5jutaan lebih. Mahilll bingiiiit! Buatku pribadi, ngeluarin duit segitu rasanya gimanaaa gitu. Tapi, ternyata itu udah yang lumayan murah dibanding yang lainnya. Ya udah deh, kita ambil. Nah, kebetulan waktu itu temennya ayahku punya anak yang kuliah di kampus yang sama denganku. Uwak (gitu aku manggilnya) ngajakin berdua aja kitanya. Anaknya (yang kemudian yang my bestie, ayuk Lindaku) belum dapet kos juga. Boleh deh, pikirku. Ternyata lumayan loooh, walupun harga berdua jadinya beda (dinaikin dikit sama bapak kos untuk uang air dan listrik). Minimal ga bulet di 5 ke atas tadi kalo aku sendirian. Alhamdulillah yaa... Niat kita berdua sekolah jadi sama- sama ngerasa terbantu^^ Bisa meminimalisir biaya dan juga bisa dapet temen sekamar! Jadi ga kesepian deh!

Biar bisa ngedapetin harga kos yang murah, kamu bisa praktekin 2 hal ini:

1. SURVEY. 

Yup! Ini kayanya selalu dilakuin oleh banyak orang sebelum ngelakuin sesuatu (lha, kok njelimet ya bahasaku? x_x maffkan). Nah, buat nyari kamar kos yang murah, kamu juga perlu survey. Cari tau kira- kira di mana tempat yang enak buat kamu tinggal. Apakah itu urusan jarak ke tempat kerja, kampus dan lainnya, atau urusan kemudahan akses. Akses ke jalan raya, akses ke angkutan umum, akses beli makan, dll. keamanan dan kenyamanan tempat juga perlu diperhatiin. Hal- hal ini biasanya akan mempengaruhi harga sewa juga. Kosku yang 5an itu mungkin karena lokasinya strategis sih. Intinya cari tau lebih banyak. Pastinya akan ada banyak pilihan yang kamu temui. Selanjutnya, sila pilih yang sesuai budget kamu deh!

2. CARI TEMAN SEKAMAR. 

Kalo kamu suka berbagi dalam artian tidak terganggu untuk sekamar berdua, ini adalah cara yang worth to try. Pengalaman aku banget deh! Bayangin yang seharusnya kamu bayar 5 kalo sendiri. Lalu kalo berdua jadinya 6. Nah, yang perlu kamu bayar cuma 3 aja, karena 3 -nya lagi adalah bagian temen sekamar kamu. Coba... 5 sama 3 mana yang lebih murah? *wink* Oya, pastiin kamu pilih teman sekamarmu yang bisa nyaman sama kamu alias ga akan bikin cek-cok yaaa. Ini mah cocok-cocokan sih. Asal bisa saling memahami, memaklumi dan menghargai aja kalu aku mah. (Hal yang berhubungan dengan prinsip,dll pertimbangkan sendiri yaaa...)

Itu sih rejeki aku saat itu. Bisa langsung dapet temen sekamar. Aku sih percaya aja, karena anak temennya ayah. Terus juga karena kita lumayan saling berusaha beradaptasi, akhirnya jadi bestie loh! Coba bayangin kalo harus sendiri dan masih anak baru. Haduuh, belum tentu bisa langsung dapet temen buat sharing kamar kan? Ahhahaa... itu 8 tahun silam, Guys! Sekarang jaman udah makin canggih. Anak- anak muda makin kreatif. Segala jadi lebih gampang deh.

Buat kamu yang bingung, gimana mau nyari temen sekamar, dan berfikir: "Siapa tau ga ada yang lagi nyari temen sekamar kaya aku?" Hellooo... percaya deh, 7 dari 10 orang juga pasti mikir buat bisa sehemat mungkin. Ada kok yang sama berpikiran pengen punya temen sekamar- pengen sharing biar bisa nyesuaiin budget. Hayooo... Positive thinking dulu yaa.

Nah, secara kita udah generasi goBlog, generasi yang sering wara- wiri pake internet, ini ada website yang bakal ngebantu kamu yang bingung mikir ada/ nggak orang yang juga lagi nyari temen sekamar. Ternyata ada looh. Sebuah web yang bernama serumah.com memfasilitasinya.

Cuss langsung ke websiten yang tampilan berandanya tuh gini:

Cara mendapatkan harga Sewa Kamar Kos Murah
Gini nih tampilan beranda website serumah.com
Kamu bisa lakuin 2 hal yang aku saranin tadi; cara mendapatkan sewa kamar kos murah.
Kamu bisa survey lokasi dan ketersediaan tempat untuk kamu sewa berikut batasan harga yang sesuai dengan budget kamu di sini. Websitenya ini punya tampilan yang user friendly banget menurutku. Temen- temen pasti udah ga asing sama sistem booking akomodasi atau transportasi secara online kan? Atau sistem di web belanja online deh. Nah, kurang lebih fitur- fitur yang tersedia di sini tuh begitu. Kamu tinggal klik aja ke menu yang tersedia. Mau cari kamar, cari teman sekamar, atau mau pasang iklan ada kamar? Gampang deh makenya! Tersedia dengan bahasa Indonesia juga bahasa Inggris. Bisa nih direkomendasiin buat temen kita yang mahasiswa fellowship. *yuhuu

Cara mendapatkan harga Sewa Kamar Kos Murah
Ini tampilan pas kamu mau coba cari temen sekamar di lokasi yang kamu pengenin. Ada filter lainnya yang bisa kamu pilih.

Di tulisan biru di atas itu, "Opsi Pencarian Lebih Lengkap", kamu bisa pilih filter yang lebih komplit lagi, sesuai dengan kebutuhan kamu tentang hal yang kamu inginkan dari calon teman sekamar kamu. Misalnya, pilih apakah yang merokok atau tidak, yang membawa hewan peliharaan atau tidak, dan banyak lagi lainnya. Sila dipilih aja sesuai kebutuhan.

Dari aku sih, ini sudah lumayan bagus ya. Cuma, kalo boleh memberi masukan ke tim serumah.com, kayanya boleh diatur sistemnya untuk tampilan foto profil. Hmmm... karena untuk urusan milih teman yang bakal sekamar kita, dan mungkin nanti kita juga mau bikin akun sebagai pencari teman sekamar, kayanya privasi tetap harus dijaga deh. Boleh dibikin semacam keharusan untuk member only yang bisa liat foto para pencari teman sekamar dan sebaliknya. Ini SS-ku yang langsung nyobain webnya aja. Padahal belum daftar jadi member, tapi aku bisa liat foto beberapa orang yang sedang mencari teman sekamar. Takutnya niih, banyak scammer yang suka asal comot foto jadi ya gitu deh.

Cara mendapatkan harga Sewa Kamar Kos Murah
Ini ketika aku klik "opsi pencarian lebih lengkap"
Nah, di gambar atas ini aku udah klik opsi pencarian lebih lengkapnya. Begini tampilannya. Filternya sudah lebih lengkap dan lumayan membantu untuk mengeliminasi yang ga sesuai sama kriteria kita. So far so good. Mungkin di bagian pilihan rentang harga dan rentang umurnya bisa diatur ke menu ketik manual aja kali ya. Soalnya rada susah buat ngepasin ke pilihan budget kita dengan mode slide kanan- kiri gitu. Apalagi range maksimalnya lumayan gede, sampe 15jt. Jadi, pas mau atur ke budget minimal agak kesulitan karena ya karena sulit gesernya ke yang pas. Hehhee...

Ditambah juga, kebanyakan kita berselancar pake smartphone. Kebayang kan susahnya buat slide rentang harga dan rentang umur dengan mode yang sekarang itu. kalo jarinya jempol semua kaya aku kan kasiaaan... :( LOL. Intinya, lebih nyantai kalo bisa diketik manual. Lebih efisien.
Cara mendapatkan harga Sewa Kamar Kos Murah
Perhatiin bagian filter yang mode slide itu. Kebayang kalo harus geser dengan jarak sesempit itu demi dapetin pilihan budget kamu tapi pake jari yang jempol semua ini? Susah booo. Ini aja pake mouse masih ribet. *tears*

Di website serumah.com ini kamu bisa survey dan pilih sendiri teman sekamar kamu. Enak kan? *Yeay

Website keren ini memfasilitasi para perantaudan profesional muda yang sedang dinas kerja jauh dari tempat tinggal asalnya seperti kita- kita ini (yang ngerasa aja yaa... hahaha). Bikin nyari tempat kos lebih gampang sekaligus bisa dapet temen sharing biar bisa lebih murah juga. Buruan cobain serumah.com dan langsung aja daftar sebagai member biar kamu ga ketinggalan infonya juga.

Dan buat kamu yang punya properti buat disewain, bisa ikut gabung di sini. Iklanin aja properti kamu di web asyik ini! Gimana? tertarik buat nyobain fitur- fiturnya? Cuss, langsung meluncur aja ke webitenya ini. Di sana kamu bisa cari tahu lebih banyak lagi tentang serumah.com dan langsung berselancar nyari kamar murah sesuai budget kamu pastinya.


Disclaimer: Aku sih udah nyobain berselancar di webnya buat search kamar di lokasi tertentu dan nyari teman sekamar juga. That's what my review based on as you can see from the Ss above. Tapi ga "dijadiin" sampe booking atau apa. Soalnya aku lagi ga cari sewaan sekarang :D So, I dunno if it'll work well until you settle down.

17 comments:

  1. Aku kemarin ngekos cuma sebulan doang. Selanjutnya tinggal di rumah sendiri dan sendirian hahaah *anak kosan juga kan?* *malah curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, anak kos juga, Mba. Masih masuk kategori pernah ahahha.

      Delete
  2. Wuooow, tahun 2008 ada sekamar udah 5jutaan? Gimana sekarang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya loh, Mba Ning. 2013 pertama kali aku stay di Bandung ini aja ada yg 14jt waktu itu. Yah, lokasi dan bangunan juga ngaruh, Mba ;)

      Delete
  3. Makin gampang ya cari kosan. Dulu tuh survey dari pintu ke pintu, hehe.
    Kalau yang teman sekamar dapat di dunia online aku kok masih insecure ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli, Mba. Dari pintu ke pintu banget. Trus pake acara lanjut ke besoknya.
      Hmmmm... iya sih soal itu, Mba. Jadi PR juga buat semua pihak.

      Delete
  4. Eh, sekarang ada serumah.com ya? Bagus juga, digunakan untuk mencari teman ngekos. Jadi inget waktu zaman kuliah dulu, ngekosnya cari temen. Supaya bayarnya bisa duaan. Lebih irit he he he

    ReplyDelete
  5. Zaman uda semakin canggih yaa...
    Jadi semakin mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tersedia dalam genggaman ya. Asal smartphone-nya ada kuota internet pastinya LOL

      Delete
  6. Inget jaman perjuangan mantan pacar (suami) yg dulu juga kuliah luar kota.perjuangan luar biasa hidup dalam kos kosan hehehe.

    ReplyDelete
  7. Wah asyik, bisa direferensiin ke adik-adik yg lg cari kost nih. Dulu waktu nyari kost blm nemu yg ky gini, jd masih manual survey keliling2 hihi..

    ReplyDelete
  8. Enaknya ada web kayak Serumah ini selain dapat teman, bisa sekalian survey, ya.

    ReplyDelete
  9. aku malesnya kalo temen sekamar ga bersihan gitu lho Mba :(
    soalnya aku juga anak kost ahhahah, selisihnya cuma kepaut 50

    ReplyDelete

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR