Cara Memasang Plugin pada Tema Twenty Sixteen WP #NanyaDong

Alma Wahdie | Monday, September 12, 2016 |
cara memasang plugin pada tema twenty sixteen wp

Selamat malam, Teman- teman.
Saya mau berbagi nih, tapi maaf ya kali ini malah mau berbagi kebingungan. *sad*
Iya, soalnya saya lagi kebingungan nih sama tema twenty sixteen WP. Kalo kamu juga sama awamnya kaya aku, pasti kamu ngerasa asing sama istilah "WP" itu.

Hhaaa. Sama.


Jadi, kebanyakan penulis di blog dengan platform wordpress atau para webmaster sering menyebut wordpress dengan singkatannya, WP. Udah ngerti kan sekarang kita mau ngomongin apa?
Iya. Kita ngomongin soal blog ya hari ini. Soal gimana sih cara memasang plugin untuk tema twenty sixteen WP alias wordpress.

Sebagai pengguna blogspot dari jaman alay dulu (padahal masih alay dikit sih LOL), saya sedikit kesulitan ketika harus mengacak- acak tampilan di WP ini. Jujur sih emang lebih clean loh laman operator alias adminnya. Udah user friendly banget malah sebenernya. Cuma, ya itu tadi. Karena aku belum biasa jadinya meraba- raba. Agak jauh lumayan lah, sedikit demi sedikit mulai seirama nih. Seirama antara aku yang pelan- pelan memahami dan WP-nya juga mulai membuka diri. Akhirnya kami menjadi semakin dekat lagi ~~ hahaha... kaya PDKT aja ya.

Iya. Mulai dari ngatur layoutnya, masang widgetnya, sampe bikin logonya.
Aku pernah cerita kan, kalo aku demen banget urusan ngulik alias kustomisasi ini. Sampe ada sejarah perjalanan blogku dari semi alay- alay- akhirnya mulai insyaf.

Baca di sini: Generasi GoBlog Part 2

Di WP alias wordpress ini tuh ada fitur yang kalo di sini belum pernah aku oprek. Yaitu fitur thumbnail. Ituloh logo kecil yang suka muncul di samping judul dan deskripsi blog kita kalo di tab judul browser (alaaah.. ribet banget aku nunjukinnya ya? haaa...). Yang di sini nih:

favicon thumbnail
Ini nih, yang aku kasih tanda kotak merah. Yang atas lambang default dari blogspot. Yang bawah wp aku.
Kalo di blogspot sendiri, aku liat di layout namanya favicon. Cuma aku belum pernah ngulik itu sih (nanti lah). Nah, karena tampilah di WP itu mudah banget, jadi gampang diikutin. Tinggal pilih gambar, trus upload dan jadi deh. Tadaaaa. Tuh liat udah gambar buku hehe. Itu kecil sih, jadi gak keliatan bahwa ada tulisan di atas buku itu (ga penting banget yak? LOL).

Intinya, WP masih bisa kuikutin sejauh ini.

tema twenty sixteen WP
Tampilan rumah baru buat kita belajar bareng nanti (masih persiapan^^)
Tapiiiiii...............
Aku ga bisa nemuin laman semacam edit html gitu di sana. Aku bingung ini di mana semua bahasa pemogramannya di simpen? Karena aku ngerasa ga ciamik gitu lho, kalo temen- temen nanti mampir kan yah. Terus pas lagi baca- baca tulisan ala- ala aku yang masih belajar banget di sana, dan ngeklik tautan buat donlot misalnya. FYI, di rumah yang sana itu aku rencananya buat belajar bareng dan ada fasilitas buat yang lagi belajar sama aku bisa donlot materi, dll. Balik lagi keurusan ngeKLIK.
Nanti, tiba- tiba keluar dari laman yang dibaca kan jadi ga asyik *sad. Aku pengen atur, itu widget tautannya bisa di klik dan open in the new tab gitu. Mau edit nyari laman html-nya belom nemu :( Mungkin di WP pake istilah dan cara yang beda. Dan itu, aku belum ngerti. Anyone?

Selanjutnya, aku mau pasang kode ads aku di sana. Tapi ga bisa karena ada plugin yang harus aku install, katanya. Aku udah nyari tulisan kakak blogger SEO tentang cara memasang plugin pada tema twenty sixteen WP. Akhirnya, aku nemu caranya. Kuikuti instruksinya.

Etapiiii... ternyata di tema yang aku terapkan itu ga bisa add plugin. Aku tanya ke kakak- kakak tentang keawamanku yang bua aku gemes sendiri ini. Beberapa bilang kalau biar bisa dipasangin plugin, domain wp aku harus yg TLD. Sayangnya itu domain sub dari institusi. Yaaah, gimana dong? Sementara dari screenshot step by step di artikel yang aku ikutin itu sama looh. Si kakak juga pake tema twenty sixteen. Walaupun aku ga tau dan belum nanya juga apakah punya si kakak udah yang TLD. Atau temanya beda versi? Atau... Anyone?

Jadi, itulah kegalauanku selama nyari tau cara masang plugin di tema twenty sixteen WP ini.
Agak gemes karena belum dapet caranya. Gini nih, kalo udah penasaran akunya :D
So, kutulis artikel ini demi mendapat pencerahan dari kakak blogger semua yang sudah berpengalaman. Semoga ada yang mampir dan bisa ngajarin aku. Biar ga galau dan gemes sama wp. Hahaha...

Makasih ya, udah mau dengerin curhatku. :*
Kalo ada yang tau jawabannya atau yang mau respon buat nambah khazanah pemahamanku tentang wp ini monggo tulis di komentar ya. I really appreciate it. Love you!

Love and Share.

18 comments:

  1. semola lega setelah curhat ya. udah saya baca dengan seksama dan bahagia

    ReplyDelete
  2. Huwaaa..aku ngga ngerti soal beginian. Udah coba googling mba? Pan katanya semua jawaban ada disana. Aduh maaf yak komennya malah jd ngga penting gini. Soalnya akun wp ku cuma dibikin biar bisa komen di blog wp lainnya.. Huhuhu.. Dan aku taunya ngeblog ya baru sekedar nulis doang. Maafkeun yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii. Iya nih, Mba. Mbah gugel emang T.O.P
      Siaap! Akan segera berseluncur ria lagi buat nyari jawabannya.

      Delete
  3. Agak nggak mudeng bacanya Mba,maafkaaan, wkwkwk. Mungkin karena udah malem jadi udah ngantuk. Saranku, tanya ke ahlinya WP. Ada Mba Almazia. Namanya sama2 Alma xD. Maaf ya belum bisa bantu banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang agak ke mana- mana isi tulisanku ini, Mba T.T
      efek curhatnya lagi geregetan. Haaa...
      Makasih udah ngasih referensi ke Mba Almazia. Akan coba kontak aah...
      :)

      Delete
  4. Wah, aku tidak bisa membantu Mbk, aku pakai blogspot, semoga menemukan solusi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Ora po po, Mba. Makasih udah nyempetin mampir, Yak :*

      Delete
  5. Wah, aku dulu suka usaha sendiri juga utak atik theme wordpress. Lama2 kesel dan minta tolong ahlinya aja. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa, lama- lama bikin geregetan ya, Mba.
      Mau dong nanya ke ahlinya jugaa

      Delete
  6. Ha..add plugin di wordpress TLD gak sulit Alma...coba masuk ke dapur / Dashboard wordpress webnya Alma...di situ ada menu Plugin - Add Plugin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. Ini dia master wp. Kok sampe ngelewatin nanyo ke Pak Wid ya? hihii.
      Ini pak, tapi yang di alma itu dak ado tombol add pluginnyo. Trus ado tulisan "tema ini dak biso add plugin" :(
      Help, Pak.

      Delete
  7. Aku udah cinta blogspot sih. Jadinya gaptek bangey dengan wp. Hihihi... Susyah, mak. Pdhl punya juga blog wp. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, Mak.
      Udah biasa di blogspot kita. Aku dulu juga punya wp buat bisa ikut komen ke artikel di sana. Sekarang akhirnya make juga deh :)

      Delete
  8. WP-ku basic banget, belum ku utak-atik. Help!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaak, basic tapi enakeun lohtampilan wp mba.

      Delete
  9. aku kurang paham utak atik plugin hehe, btw ini bisa jadi referensi ku mbak :)

    ReplyDelete

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR