3 Manfaat Menulis di Blog

Alma Wahdie | Tuesday, September 13, 2016 |

manfaat menulis di blog

Seperti yang pernah aku ceritain sebelumnya di sini, bahwa aku nulis dari jaman alay. Jadinya, menulis di blog itu udah jadi semacam rutinitas (mau bilang daily routine tapi ga tiap hari juga update-nya. Masih banyak numpuk di draft x_x). Ya, jadi rutinitas yang kadang harian, kadang mingguan, kadang malah bulanan. Pernah cuma punya satu postingan dalam sebulan. Sekarang mulai belajar teratur demi perbaikan kualitas diri juga, nih.


Setelah dipikir- pikir, ngeblog alias menulis di blog itu membawa manfaat tersendiri bagiku loh. Bahkan untuk para blogger lainnya, baik yang sudah lama berkecimpung corat- coret di blog maupun yang baru gabung, malah membawa kebahagiaan tersendiri juga. Nah, kali ini aku mau berbagi tentang 3 Manfaat Menulis di Blog dari sudut pandangku.

"Kenapa 3? Cuma 3 aja? 10 dong minimal... Ayolah! Kesannya dikit banget manfaat ngeBlog."

OK. Tahan dulu, teman- teman.
Semua orang yang menulis di blog, apapun latar belakang mulainya, pasti sudah merasakan banyak manfaat menulis di blog baik secara emosional atau pun aspek lainnya. Pastinya juga, sudah banyak yang menulis perihal manfaat menulis di blog ini. Aku cuma mau menambahkan saja melalui artikel ini. Dari sekian banyak manfaat yang kurasakan, akhirnya berhasil aku pilih top three-nya. *Yeay

3 Manfaat Menulis di Blog versi Alma Wahdie

1. Sebagai Media Alternatif Diary Konvensional

Kalo dihitung lagi, mungkin aku punya lebih dari 10 buku diary. Dari jaman SD dan makin jadi pas SMP. Di SMP cuma berhasil ngabisin 1 binder aja, tapi isi ulangnya sampe tiga kali juga. LOL.
Menulis semacam diary itu udah kaya kebiasaan aja buatku. Jaman itu, diary tuh rahasia. Jadi aku juga punya beberapa model. Mulai dari yang pake "sarung" sampe yang pake gembok. Astaga segitunya, Yak? Hahhaa...

Iya. Karena isi tulisan di diary itu adalah SEGALA HAL. Mulai dari cerita bangun kesiangan, malu di sekolah karena dipanggil keluar barisan pas upacara (karena aku berisik banget), juga romantisme cinta monyet. Ini aib bukan sih? Bae lah! *ngakak.

Nggak. Segala hal itu tadi bukan aib bagiku. Itu adalah rekam jejak. Bahasa kerennya portfolio. Memang konyol dan lucu sih, tapi itulah bukti dari masa ke masa. Penting banget punya portfolio gitu, apalagi untuk pelajaran menulis. Makanya, aku selalu simpen semua hasil kerjaan siswa -apapun itu- buat ngeliat progress perjalanan mereka nanti. Bahwa kadang, rekam jejak inilah yang bisa membantu aku tracking perkembangan mereka.

Balik lagi ke topik media alternatif. Jaman SMA, aku udah ga perlu nyisihin uang bulanan dari ortu buat beli kertas bakal isi ulang binder lagi. Aku mulai kenalan sama blog saat itu. Karena rajin nongkrong di perpustakaan sekolah, bu An- an yang bagiku adalah maha guruku dalam dunia internet akhirnya ngajarin aku pake blog. *sungkem bu An- an
Akhirnya, aku bisa hemat uang jajan. *Yeay

2. Sebagai Ajang Silaturahmi

Ngeblog atau menulis di blog itu bisa banget jadi ajang silaturahmi. Yang gimana? Ya, yang kaya gini nih. Aku bagi tulisan dengan harapan bisa bermanfaat. Terus nanti teman- teman mampir, ninggalin komentar respon tulisan. Aku bales. Trus, kita kenalan. Lanjut, aku gantian mampir ke blog teman. Baca artikelnya yang juga sarat manfaat. Aku respon juga pake komen. Akhirnya mulai saling kenal. Awalnya kenal nama doang, trus saling follow di akun sosmed. Siapa tau nanti bisa ketemu langsung. Cuss, kita kopdar. Alhamdulillah yaaa... sesuatu.

Oya, kalo aku bilang artikel bermanfaat, manfaat yang kumaksud adalah yang begini (Clarification of term): bermanfaat ga harus mengandung info melulu. Dengan membacanya bisa terhibur, itu juga membawa manfaat. Terhibur versi aku: biasanya suka senyum- senyum pas bacanya, sedih pas ada bagian yg bikin haru, atau terpanggil hatinya. Intinya, emosi di tulisannya terasa dan aku get engaged sama tulisannya. Gitu deh. Tapi, ya ini versi aku aja kok.

3. Sebagai Tempat Upgrade Diri

Yang ini terasa banget buatku. Motif awalnya kan nulis dengan media baru. Terus mulai bereksplorasi di kustomisasinya. Hasilnya? Jadi nambah pengetahuan pastinya. 

"Oh, bisa dipasang musik loooh."
"Wah, kursorku bisa pake gambar Hello Kitty!"
"Iiiih, lucu bisa bikin welcoming pop up."

 Kesini- sini belajar lagi. 
"Oooh, ternyata baiknya tuh begini."
"Wah, ganti- ganti font ternyata harus hati- hati bisi merusak mata pengunjung."
"Berarti punyaku itu belum mobile- friendly, toh. (kemudian nanya mbah gugel)."

Sampe hari ini juga masih upgrade terus. Siap mengosongkan gelas dan terus menimba ilmu. Untungnya para kakak teman blogger ini baik hati dan tidak sombong. Ada yang nulis tentang cara milih font, cara nentuin warna dasar, banyak lah. *makasih yaaa...

Pernah juga aku melakukan dosa ngeblog *tears
Maafkan aku yang dulu yaaa...

p.s. Tungguin cerita tentang dosa ngeblog-ku beberapa waktu lagi. Masih kustomisasi di draft^


Intinya, bagian upgrade diri ini menang banyak, deh.

Itulah 3 Manfaat Menulis di Blog versiku. Kalau teman- teman gimana? Sharing yuk!

Love and Share!

26 comments:

  1. Aku dulu ngeblog ya suka-suka aja, mau nulis apa ya tulis. Sekarang? Yaaa masih sama sih, tapi berusaha upgrade juga, terus belajar menulis konten yg bermanfaat bagi pembaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama, mba. Yang penting terus mau belajar^^
      Salam kenal, Mba Lianny.

      Delete
  2. Betul Mbak, dengan ngeblog bisa jadi ajang silaturahmi. Kita bisa berkunjung ke blog teman dan tentu saja bisa mendapat banyak ilmu untuk mengupgrade diri kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, Mba.
      Refreshing banget lah pokoknya abis bw teh.

      Delete
  3. Yang terakhir nih keren emang, upgrade diri. Karena secara nggak langsung kita jadi selalu update perkembangan dunia digital :)

    ReplyDelete
  4. yang nomor 3 aku banget mbak...pengen up grade diri :)

    ReplyDelete
  5. Sampe sekarang aku masih nulis suka suka. Haha. Tp seiring berjalannya waktu, sadar atau engga, ternyata berproses upgrade diri juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mba. Sambil happy ngerjain hobby ternyata jadi banyak belajar ya...

      Delete
  6. ngeblog nyenengin nambah temen, nambah networking juga
    bisa dateng makan, ke acara2 gitu dengan gratis :D hahahha bonusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yihaaa...
      Ke acaranya diundang, trus dapaet fasilitas enak. Eh, dapet temen juga. Enak banget ya, Mba ;)

      Delete
  7. Aku merasakan banget manfaat blogging dan menulis buat kesehatan jiwa. Kalau baca tulisan-tulisan awal di blogku semua tentang curahan hatiku yang hancur banget pascakehilangan anak. Mungkin kalau nggak ada blog saat itu aku udah nggak bisa mempertahankan kewarasan. Makanya aku berterima kasih banget sama blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keep strong, Mba!
      Alhamdulillah, ternyata ada manfaat yg sangat dari ngeblog.
      *peluk

      Delete
  8. Ajang upgrade diri, itu yang paling cihuy dari seorang blogger. karena mau tidak mau, kita dituntut untuk menambah kompetensi diri.
    Happy blogging, ya!

    ReplyDelete
  9. ngeblog itu emang asik bgt dan luar biasa byk manfaatnya

    ReplyDelete
  10. Bener mbak, ngeblog bikin lingkaram pertemanan makin luas. Selain. Nambah ilmu juga nambah rejeki, makin tau kalau banyak hal yang kita ga tau. Eh mudah-mudahan ga pusing baca kalimatku ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju! Kita jadi melingkar- lingkar. Gitu kan maksudnya, Mba?
      *Kidding*

      Delete
  11. kl saya buat tempat curhat, makanya banyakan curhat-nya daripada job-nya, lah ini kok jd curhat di blog lain... hush, hush. Kl seorang teman suka blogging krn buat dia writing is therapy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi,, gpp, Mba. Yuk, curhat- curhatan.
      Sama saya juga gitu kok^^ Nulis for fun sekalian media buat berbagi ya ga?;)

      Delete
  12. Bener mbak... saya emng ada niatan juga seperti yang mbak tulis.. hehe..

    ReplyDelete

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR