Rumah Hobbit? Liat di Farm House susu Lembang, Bandung.

Alma Wahdie | Wednesday, April 06, 2016 |
rute ke farm house bandung

Haloo, selamat sore!
Kali ini aku mau sharing cerita jalan-jalan ke Farm House.
Buat warga Bandung dan Jakarta, tempat ini lagi kekinian banget. Udah tau dong, kalo Bandung itu semacam tempat mainnya penduduk di daerah sekitarnya? So, ga heran kalo tempat wisata, kuliner, dan shopping itu rame menjamur di sini.

Daerah utara dan selatan dari kota Bandung sendiri punya icon tersendiri. Siapa yang ga tau kawah putih dan gunung tangkuban perahu??? Yup! kedua destinasi wisata alam ini merupakan kawasan Bandung, Jawa Barat. Keduanya adalah kawah yang kental dengan pernak-pernik aroma belerang pastinya. Yang ngebedain cuma lokasinya yang dari ujung ke ujung. Kawah putih di daerah selatan, sementara kawah-kawah gunung tangkuban perahu di daerah utara. Hmmm... mulai kebayang kan ujung ke ujung yang kumaksud?

Yah, kalo ke Bandung memang jangan lewatin deh tempat wisata alamnya itu. Sepanjang jalan ke utara menuju gunung tangkuban perahu, kamu bisa mampir ke beragam tempat wisata lainnya. Kreatifnya urang Bandung udah populer emang. Nih, buktinya! Sebuah tempat wisata yang lagi hits banget, namanya FARM HOUSE. Kalo kamu ke sini pake kendaraan pribadi, semuanya akan lebih gampang karena kamu ga harus nungguin antrean angkot yang suka lama jalannya. All you need to do are:
  1. Ambil rute ke arah utara dari pusat kota Bandung. Amannya kamu bilang aja arah ke Lembang, atau yang populer bilang aja arah ke tangkuban.
  2. Dari arah Bandung, lokasi Farm House ini ada di sebelah kanan. Kamu liat aja tandanya segede itu (foto atas). Sampe deh!
Gampangkan? Apa? Oh, kamu adalah traveller santai yang merupakan angkoters kaya aku? Tenang.
Bandung ini sadar banget kalo dia itu kota wisata, jadi hampir semua daerah terjangkau sama kendaraan umum. Bedanya, kalo kita pake kendaraan pribadi/ sewa, kita ga perlu berlama-lama ikut antrean angkot yang nungguin penumpang penuh. Selama kamu banyak waktu dan mau menikmati jalanan di angkot, ga masalah banget. Ke tempat ini kamu bisa ikutin cara ini:
    rute ke farm house lembang bandung
  1. Kalo kamu dari stasiun kereta api Bandung (in case kamu naik KA), kamu bisa ambil angkot tujuan lembang (bisa St.hall- lembang atau ciroyom-lembang). Bentuk dan warna mobilnya kaya gini nih. (sumber: google). Kalo kamu dari stasiun KA kiaracondong, kamu ambil angkot margahayu-ledeng (tujuannya ke ledeng aja pokoknya). Nanti dari ledeng, kamu ambil angkot ke lembang yaaa...
  2. Pastiin kamu udah di angkot tujuan lembang. Abis itu, cara gampangnya: kamu duduk di kursi depan sebelah supir or di kursi belakang supir. Trus pesen deh ke pak/mang/kang/aa supirnya, "Pak/kang/a' nanti stop di Farm House ya". Settle. Hehehe (ini jurus pamungkas backpacker LOL)
  3. Cara elegannya: kamu duduk manis dan perhatiin sebelah kanan. Kan tadi udah aku share potonya, ntar kalo udah liat tulisan segede itu, siap-siap bilang, "kiri, Pak/Kang/ a'." atau kalo mau kaya native, bilangnya gini: "Kiri payun, Pak/Kang/a'". (hehehe...)

Oke! Selamat datang di Farm House (lagi)!!!

Selain tulisan gede di pinggir jalan tadi, pas di pintu masuk kamu bakalan ngeliat plang ini.

Awalnya aku juga heran kenapa tanda di jalan tadi tulisannya: FARM HOUSE Susu Lembang.

Ternyata jawabannya adalah (mungkin) karena ceritanya ini farm, kalo di luar negeri kan, identiknya ada sapi dan susu pastinya hehehe (sotta deh aku hihihi). Yang pasti, kamu bakalan dapet tiket masuk yang nantinya bisa kamu tuker susu atau sosis. So, susu lembang adalah salah satu menu di sini^^

Hehhee, liat deh plang itu. aku sama kakak ketawa cekikikan pas baca WAGYU TASTE STEAK 125k. Awalnya mikir, "murah amiiiirrrr!!!". Tapi pas baca lagi, hahahaa kita hampir terpesona sama bahasa iklannya. Ahhh, wagyu taste, Dear...
Semacam iklan, "Bakso 100% rasa sapi".
Do you get it? (*wink-wink).

Well, kita berdua ke sini karena pengen liat tempatnya sih, heboh karena ada rumah the hobbitnya gitu. Jadi, kita ga usil soal menu deh! Aku ke sini itu pas kemarin banget (Tue, April 5th, 2016) sama kakakku. Kita angkoters di sini. Jadi aku akan share dari depan banget ya.

Ini di dari pintu masuk di bawah, ada semacam batas buat rute pejalan kaki. Mungkin maksud hati buat semacam trotoar gitu ya, tapi terlanjur udah dibeginiin semua hehehe. So far so good sih, cuma pas diperhatiin lagi ternyata ini sekalian buat jalur motor juga. Dan liat deh, cuma ada batas pas buat masuk. Pas keluar nanti, kita kan jalan di sisi sebelahnya, dan kalian bisa liat itu ga ada batas, agak bertabrakan sama kendaraan yang mau masuk nanti. So, yaah.. kamu taulah maksud pembicaraan ini (*eaaa... berharap dimengerti).

Untungnya, kita dateng pas masih rada siang.
Kenapa? karena buat kamu yang mau main ke Bandung di bulan-bulan ini dan ke depan, kamu harus bawa payung dan sejenisnya. Di sini ujan lagi ga terprediksi banget. Bisa seharian full ujan, bisa sebentar ujan, sebentar terang. Nah, kita berdua kebagian sebentar waktu terangnya sebelum akhirnya ujan dan jadi kelabu gitu.


harga tiket masuk farm house lembang bandung



Ini bentuk tiketnya a.k.a vouchernya.
Karena kita berdua jalan kaki pas masuk, jadi sebelum sampe ke area parkiran gitu, langsung ada mbak-mbaknya yang ngasih tiket ini. Bayar di tempat Rp20.000, jadi ga ada tempat kaya penjualan tiket masuk gitu sih. Cuma ada beberapa orang yang udah standby di depan sana pas, di pintu bawah tadi. Kalo kamu pake mobil, nanti diitung per kepalanya, jalan kaki juga, ga tau kalo buat yang paketan dari wisata gitu. Soalnya kemaren rame banget padahal weekday looooh...
Ada wisata dari beberapa sekolah dan komunitas gitu deh, bus gede-gede pada parkir di area parkirnya yang emang nyaman karena luas banget. Farm house ini buka tiap hari sampe jan 21.00 WIB. Mungkin buat kamu yang milih ke atas lagi, ke farm house bisa pas jalan pulangnya.

Well, karena ini lebih ke tempat piknik, sayang aja kalo dateng malem ya. Poto kan perlu lighting yang bagus dong biar hasilnya cakep. Ni aja poto-poto kita pas udah mendung kelabu, trus ada yang pas ujan juga padahal masih siang. Kecuali kalo di sini ada pencahayaan di semua sudutnya walaupun malem. Ga tau deh, kita datengnya siang sih. Komen di bawah ya, kalo kamu udah pernah dateng pas malem, pengen tau suasananya.^^

Oya, selain sebagai tiket masuk, nanti di dalam, ada tempat penukaran tiket (bisa susu, bisa sosis) nanti yang di depan loket penukaran welcome drink/food itu, ada beberapa mbak-mbak lagi yang jual tiket serupa. Tadinya aku mikir, buat yang kalo pake mobil trus langsung ke parkiran dan pas turun baru ambil tiket di sana, tapi ternyata yang pake mobil juga udah dikasih tiket pas masuk di bawah tadi sih. Hasil dari ngelirik-lirik sekitar, aku liat ada stand makanan yang kalo kamu mau beli, pakenya voucher ini, bukan cash. So, artinya kamu bisa beli voucher ini buat jajan di food court di dalem.

Tenaang! Ga semua wajib pake voucher sih.
Di area farm house ini bahkan ada resto loh, ada coffee shop juga, dan itu ga pake voucher^^
Yang menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah penyewaan kostum. Ada dua model kostum yang bisa kamu sewa selama satu jam lamanya. Bebas jalan-jalan pake kostum ini dan poto-poto deh di spot lucu dan uniknya.

A. Kostum ala-ala Holand ini!
Lucu yah^^
Ini kemaren aku ijin poto mereka keluarga yang lagi pake kostum ini. Sempet nanya-nanya gitu, mereka wisatawan lokal dari Jakarta. Lagi liburan gitu katanya :) Those costumes very suit on them.
Ditambah senyumnya pada manis dan ramah lagi^^ Selamat liburan ya, om, tante, dan adek kakaknya. (Aku ga tau kalo kostum ini berapa harga sewanya. Nanti, kalian mampir ke sini tanyain ya, trus komen di bawah, kasih tau aku berapa harganya. Hehehe... dapet PR loh!)


B. Kostum ala indian gini!
Jadi, di sudut lainnya itu (yang ada rumah the hobbitnya- ceunah), ada tema country dan indian. Nah, kamu bisa sewa kostum indian ini dengan harga Rp50.000/jam (lagi promo katanya). Ini mbak dan mas yang di bagian rental kostumnya, trus kita dikasih selebaran promonya hehehe.

sewa kostum di farm house bandung


Well, terlepas dari kostum-kostum lucunya, sebenernya yang paling pengen kami berdua liat adalah "rumah hobbit alias the hobbit alias yg kaya di pilem itu". Pertama kita cari-cari, inilah rumah-rumahan yang kita temuin.

rumah hobbit lembang

Ini adalah kios yang jual cindera mata alias souvenir bin oleh-oleh. Di belakangnya ada tangga menuju sumur cinta (#asssekk). Kita ga terlalu ngerti kenapa nama tempatnya farm house karena tempat ini banyak banget temanya, ga fokus gitu ehhhehee.. (menurut kita sih). Jadi, ga "farm-farm" banget juga menurut kita. Tuh, ada gembok cinta juga^^

 
Ada jalan setapak yang dikasih pagar gini, tempak kamu bisa ngegembok cinta kamu dan si do'i (hahaha). Ikutin aja jalan setapak ini sampe akhirnya kamu naik tangga dan ke atas dan ketemu sumur cinta tempat kamu buang kunci gemboknya (biar abadi.. wkwkkwwkk). 
Tadaaa...
Kuncinya tenggelam gitu, trus bakal berkarat deh. Trus ga bisa dipake lagi buat buka gemboknya nanti (hahahaa.. sorry so random). Yang pasti udahlah, ikhlasin aja, nanti kalo penuh juga itu dicopotin sama petugasnya (ups).

Kedua, kita nemu ini:
Well, yang ini lebih lucu sih karena ada akar-akarnya gitu. Tapi, sampe di sini kita masih ngerasa embel-embel "rumah the hobbit" itu kayanya belum mewakili deh kalo cuma ada 1 ini doang. Yang kita bayangin ya ala-ala kampungnya papa smurf gitu ahahhaa.

Rumah hobbit farm house bandung

Lanjut, ternyata ada 1 lagi bangunan rumah-rumahannya.
Yang satu ini di kawasan tema indian. Instead of label rumah hobbit, kayanya lebih pas rumah kepala suku kali ya? Di atasnya ini ada pahatan dari kayu berbentuk beberapa rusa dan pohon cemara gitu.
Ini lagi ada pengunjung yang poto pake kostumnya, aku ijin ikut motoin mereka deh^^.

rumah indian the hobbit farm house lembang bandung

Jadi, total ada 3 bangunan rumah-rumahannya. Dan kayanya yag hits di sosmed itu adalah yang nomor 2 tadi. Emang kayanya itu sih yang lucu buat dipotoin pake kostum. Sisanya... yah begitulah.
Balik lagi ke viewnya. Menurut aku sih, so far so good. Ada bagian bunga-bunganya kaya taman di roof top gitu, ada hutan-hutan kecil yang daerah gembok cinta tadi, trus ada hewan-hewan jenis pet yang dikandangin (burung, ayam, bebek, ...). Yah, seperti yang tertulis di plang depan tadi "...Petting Zoo..."

Terus ini bagian makanan dan sewa kostum Holandnya. Ada restoran di sebelah kiri itu tapi ga aku potoin sih, keburu ujan. Dan yang depannya itu ada coffee shop. Tempatnya cozy lah, ala-ala kafe gitu :)
Coffee shop farm house bandung 

Ini poto terakhir di postingan kali ini.
Lokasinya di sekitaran tema indian tadi. Ini kaya rumah liliput gitu. Tapi pas kita liatin lagi, ternyata ini adalah kandang kura-kura. Lucu sih, bisa dibikin rumah burung dara juga deh kayanya hehehe.
farm house bandung

Inilah kira-kira bentuk dan isi farm housenya.
Kalo kamu butuh tempat yang refreshing, ada jualan makanannya, ada spot poto-potonya, yaah.. silahkan datang ke sini^^ sosis ayamnya lumayan enak:

 Upsss...
Ada Photo bom satu lagi nih hahaha...
Ittadakimasu!

Pas rintik-rintik ujan, kita lebih  milih nukerin vouchernya ke sosis ketimbang susu. Pasti susunya dingin soalnya hehe...

Yuk, jalan-jalan!
Hayuk, belanja!

6 comments:

  1. Replies
    1. Ayo, Mbak. Pas liburan seru deh kayanya :)

      Delete
  2. Belum pernah ke sini, makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  3. Di sana instagramable banget ya... tp saya pernah liat di tv antriannya buat foto di depan rumah Hobbit itu puanjang bener... makanya smp skrg gak jd2 ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Cocok buat yang suka jepret. Viewnya emang bagus sih.
      Waktu itu kita datengnya weekday padahal dan agak mendung. Tapi ternyata pengunjung tetap rame.

      Delete

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR