Martabak Legit, Martabak Manis a.k.a Terang Bulan

Alma Wahdie | Monday, February 29, 2016 | |
Semenjak ga jadi penghuni gerlong girang lagi, agak kudet dengan perkembangan kulinernya.
hahhaa... Walaupun selama di sana juga ga melulu jajan sih, lebih suka ke pasar pagi-pagi trus masak sendiri deh. Selerakuuu...

Nah, waktu itu main ke gerlong dan liat lagi ada pojokan yang jual martabak manis. Selain karena warna mencoloknya yaitu kuning dan merah, ada pemandangan lain yang bikin penasaran.

RAME BANGET!!!
Kenapa ya? Enak banget ya??? *penasaran

Udah diagendain pengen jajan martabak manisnya, karena aku emang suka martabak manis ini. Kalo lagi di rumah dan nungguin ayah pulang kerja pasti ini salah satu makanan yang kita tunggu-tunggu. Terutama adekku Putri. Dia sukaaa banget martabak coklat dan kacang. Kalo si Ima, dia sukanya  martabak keju. Ima ini bisa makan keju batangan tanpa bosen looh. Akhirnya aku sadar, harusnya aku juga nyemilin keju batangan kaya dia biar minimal bisa setinggi Putri lah (ngarep setinggi Ima kayanya kebangetan hihiii,,, karena dia yang paling tinggi diantara kita berempat). Nah, adikku satu lagi, sering kubilang "kadoku atau kembaranku" soalnya kita lahir di tanggal dan bulan yang sama. Waktu dia lahir itu, aku inget banget pas bangun ayah lagi sapu-sapu kamarku dan bilang, "ada kado ulang tahun di kamar ibu". Dan Refri inilah kadoku! hehehe...
Refri atau seringnya kita panggil epi, suka martabak coklat. Emmm, keju juga sih, coklat jugaa, ah dia mirip akuah, ga terlalu pilih-pilih banget soal martabak manis. Yah, namanya juga kembaran kan (*maksa).

Akhirnya, setelah beberapa kali bilang pengen beli martabak yang rame banget ini ke temenku, Mey Lian. Ini panggilan sayangku buat dia ehhee. Enak aja manggilnya "Mey" kaya enci-enci juga jadinya ehehehe... Singkatnya, hari itu kita beli deh satu. Nyobain, judulnya.
Aku pesen martabak keju coklat.

Daaaan, akhirnya aku tahu kenapa pojok martabak ini rame banget. Ternyata murah harganya, hmmm sudah kuduga. Nih liat daftar harganya:

Hanya 16.000 rupiah dan itu rata-rata 2 rasa loohh....

Terus, ada penawaran lain yang bunyinya begini:

Apaaaa???!!! Murah bingiiiit!!!

What?!! Kok bisa???
Iya, kalo kamu bertanya-tanya begitu, aku juga.
Jadi, kalo beli 2 masing-masing seharga 15.000 rupiah doang! WOW!!! Jadi enak dong akunya hihii..
Pas liat harga ini, aku sih ga bisa kepedean nebak kalo ini bakalan enak. Bukan kenapa-napa sih, karena biasanya aku suka beli itu untuk 2 rasa kaya yang aku pesen (keju + coklat) harganya 28.000 rupiah. Nah loh!

Ada mbak-mbak yang juga beli di sana dan sabar menanti kaya aku juga. Sttt... antreannya lumayan panjang loh :D Kutanya deh ke  mbak-ny:
Aku: "Mbak, udah sering beli di sini?"
Dia: "Udah beberapa kali sih. Enak soalnya, murah lagi."
Aku: "Iya ya, murah. Suka beli yang rasa apa?"
Dia: "Aku suka yang kejunya."
Aku: "Ogitu, aku baru pertama sih. Jadi pengen tau enak nggak hihihi ga sabar pengen nyoba." (padahal mbaknya ga nanya balik :D)
Dia: "Iya, mbak. Cobain deh, enak kok. Yuk, duluan yaa.."

Dan dia pun berlalu karena pesenannya udah beres. Nomor pesenanku, 79! Udahlah yaa, sekalian nungguin, kepoin aja langsung ke yang punya. Siapa tau bisa buka usaha juga. LOL

Ini dia yang punya pojokan martabak legit ini. Yuk, kita kenalan.

Owner Martabak Legit Gerlong Girang, Pak Hudaya.
Namanya Pak Hudaya. Beliau ini adalah owner usaha martabak legit ini. Dari info yang disampaikan oleh Pak Hudaya, pembeli martabak manis maupun martabak asin di tempatny ini emang rame banget. Buka tiap hari mulai pukul 14.30 WIB sampe seabisnya (kadang jam 20.00 wib udah beres-beres pulang loh, laris banget), bisa menghabiskan kurang lebih 100 kotak per harinya. Ehmm... mayan banget kan ya.

Jadi, martabak legit ini adalah salah satu usaha franchise loh.
Dalam payung usaha ini ada label dagang, martabak mandarin, Good time dan martabak legit ini.
Untuk omset hariannya, pak Hudaya bilang bisa sampai 2,3 juta lebih dan penjualan terbanyak untuk martabak manisnya itu yang rasa keju coklat dan keju pisang. No wonder lah yaaa... aku juga suka itu :D Ada banyak cabang martabak legit ini. Beberapa diantaranya di Jl. Tubagus Ismail (dago), Pasantren (Cimahi) dan beberapa wilayah lainnya.

Buat kamu yang tinggal di sekitaran Setiabudhi, mampir aja ke cabang yang ini di Jl. Gegerkalong Girang (depan SD Isola). Ga akan susah ketemunya, cari aja di sebelah kiri, warna kuning merah dan rameee yang antre ;-)

Tulisannya gede gini gampanglah ketemunya^^

Tampilan pojokannya.

Yang beli antre, pegawainya cekatan nyiapin pesenan^^
Nomor pesanan 79. Berarti ini adalah kotak ke 79 penjualan hari ini. Padahal aku beli jam 19.00 WIB. Waah... Makin malem makin rame dong, atau malah pada keabisan ya? hehehe...

Tadaaa....
Kalo kalian perhatiin, coba apa bedanya martabak ini dengan martabak kebanyakan?
Kalo aku pribadi sih, ngeliat dari kemasannya aja udah beda. Kemasannya lebih lebar tapi ramping. Kalo martabak biasa kan kemasannya kecil tapi tinggi gitu.
Yup! Dari kemasan dan penampakannya ini, bisa diliat bahwa martabak ini ukurannya lebih lebar daripada martabak kebanyakan. Lalu, apakah artinya lebih banyak???
Menurutku sih, nggak ya.
Emang ukurannya lebar, tapi adonannya pipih alias ga tinggi mengembang, jadi kalo dibandingin ya sama aja sebenernya. Waktu di sana itu, aku liat emang ukuran loyangnya memang lebar dan kayanya dengan takaran adonan yang sama, sementara loyangnya lebar jadilah begini.
Diameter lebih lebar tapi pipih. So, untuk kuantiti, sama aja dengan martabak kebanyakan.
Soal rasa?
Kalo makan martabak panas-panas pasti enak kan yaaa...
Aku pribadi, menilai enak nggaknya cake (aku masukin ini ke jenis itu, cersi aku ya^^), pas dia dimakan dingin. Apakah keras, atau tetap empuk.
Kalo martabak biasa yang suka kumakan, biasanya kalo dingin udah ga enak teksturnya, jadi remah-remah gitu alias rada mengeras. Nah, martabak legit ini justru enak karena biarpun dingin, teksturnya tetap empuk dan lembut. Jadi, aku lebih pilih ini sih.
Nilai plus-plusnya lagi...
Harganya hemaat bingiiit hihihi...
Alhamdulillah ya^^
Adonannya tipis karena loyangnya lebar
Panas-panas enak, dingin juga tetep empuk alias ga keras
 Itu deh review aku tentang martabak legit ini. Pas banget lah dia lokasinya deket kampus. Banyak pilihan deh buat para mahasiswa yang mau makan enak, bisa keroyokan, dan murah^^

Kamu mau cobain rasa apa hayo???
Yuk, langsung ke TKP aja!

6 comments:

  1. Aku ngiler liatnya. Dan emang dua minggu pengen martabak tapi belum kesampean. murah banget sih. Itu di jakarta, depok atau mana mbak? Huaaaaa, pengen martabak. Kayaknya malam ini bener-bener harus beli martabak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi suka martabak juga ya, Mbak.
      Ini di Bandung, Mbak. Yuk, ke bandung hihii

      Delete
  2. Harga martabakknya murah ya...
    Hmm jadi penasaran ama rasanya...

    Klo aku peasaran sama rasa martabak yg 7 rasa atau martabaknya markobar anaknya jokowi itu...
    Yang topingnya macem2 pokoknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,ini mah kebangetan murahnya LOL
      Rasanya lumayan lah kalo menurutku. Tapi ya itu yang kubilang tadi, kurang tebel rotinya hehhee.

      Nah, pengen juga tuh nyobain martabak makobar >,<

      Delete
  3. Harganya cukup terjangkau ya mbak, ramah di kantong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mas.
      Pas lokasi di daerah kampus, sesuai target pasarnya^^

      Delete

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR