Penyebab Tidak Nyenyak dan Susah Tidur

Alma Wahdie | Saturday, January 30, 2016 |
Hoaaahhhmmm,,,,
Jam 8 malem aku udah beberapa kali menguap. Rasanya ngantuk dan penat sekali karena beberapa hari belakangan ini rasanya susah tidur. Kalaupun berhasil tidur, itupun ga nyenyak 😢😢

Kenapa ya itu bisa terjadi?
Apa sih penyebabnya?

Ditambah lagi, anehnya itu setiap setelah subuh (sejak beberapa bulan belakangan ini, suka kesiangan x_x) baru bisa tidur lagi dan baru bisa ngerasa nyenyak. Tidurnya bisa lumayan lama looh. Sampe jam 9 atau jam 10 pagi!!!

Parah banget kan? Dipatok ayam deh rejeki nya (nangis bombay)

cara agar tidur nyenyak
foto by google


Apa sih yang membuat tidur kita suka ga nyenyak???
1. Itu bisa aja karena suhu kamar yang terlalu panas. Biasanya kalo udah musim kemarau, biar malem pun suka keringetan kalo tidur (buat yang ga pake AC loh yaaa...). Yang pake kipas??? udah deh, kipasan malem ini, besok ga nyenyak tidur kadung  masuk angin ahahahhaa... Serba salah dong jadinya. Caranya, kalo udah pake AC ya tinggal disesuaikan biar ga terlalu panas atau juga terlalu dingin, nanti malah kebangun gegara menggigil. Kalo yang pake kipas angin, coba atur itu arah angin berotasi ke segala penjur alias ga langsung kena badan kamu. Bisa diatur berputar, atau di arahkan ke dinding aja biar ga langsung kena tubuh deh pokoknya.


2. Makan terlalu larut. Bakalan susah tidur dong kalo perutnya begah masih abis makan banget. So, pastiin kamu udah beres makan minimal satu jam sebelum waktu tidur kamu. Ini akan sangat membantu  biar pas mau tidur kamu ga ngerasa sesak di perut. Jadi, kamu bisa tidur dengan nyenyak deh:*
  

3.  Ngerjain sesuatu di tempat tidur. Jangan bawa-bawa kerjaan ke tempat tidur! Makanya aku selalu suka ngerjain kerjaan- apapun itu (tugas kampus, nulis data customer, or sekedar ngetik, dll) di meja kerja. Kalo udah sampe kasur, say no buat kerjaan karena kamu akan selalu terganggu dan ga fokus buat tidur. Jadinya malah ngelanjutin kerjaan deh dengan dalih "aah, dikit lagi lah". Trus, ga berasa waktu udah lewat tengah malam, dan otak udah terlanjut running. Kapan masuk waktu rileksnya???


4. Kamar terang benderang. Untuk yang ini sih ga bisa disamaratakan ya... karena tiap orang beda-beda. Ada yang lebih suka tidur dan nyaman dalam kondisi terang alias lampu nyala, tapi ada juga yang sebaliknya. Buat info aja (udah banyak di- share juga sih di laman lain), bahwa tidur dengan mematikan lampu atau keadaan gelap itu dapat membantu syaraf-syaraf pada tubuh menjadi tenang dan istiraht menjadi lebih berkualitas. Begitu menurut penelitiannya. Aku sendiri sih lebih memilih tidur dalam gelap, walaupun juga ga dalam artian harus. Kalau ada kondisi di mana saya harus bergabung dan partner ga bisa tidur gelap-gelapan, saya juga tetap bisa tidur kok,  asal ada selimut aja. Hihihiii...


5. ngotak-ngatik HP. Stop it unless you want to stay up! Yang satu ini aku sendiri juga suka sulit ngontrolnya. Masih suk aliat hape padahal udah di kasur. Liat-liat timeline, intip-intip akun idola ku si mamak gardam ahhaa... Eh, pas liat jam udah dini hari aja x_x kurasa inilah penyebab utama masalahku akhir-akhir ini.


Daaaan tau ga sih???
Menurut sebuah penelitian mendapati bahwa 10 dari 8 orang ternyata sering membawa ponsel ketika hendak tidur. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena seseorang akan sering merasa was-was dan selalu ingin mengecek notifikasi yang masuk di ponsel mereka, tentu saja tanpa anda sadari hal ini akan mengganggu kualitas tidur anda.

Banyak orang yang mengeluhkan sakit kepala dan pusing setiap kali memainkan ponsel menjelang tidur, hal ini tidak terlepas dari pengaruh cahaya ponsel yang terlalu terang sehingga memaksa mata untuk bekerja lebih ekstra. Selain itu cahaya ponsel juga dapat merangsang sel-sel di retina daerah di belakang mata yang mentransmisikan pesan ke otak untuk bekerja lebih keras.

Cahaya yang di hasilkan oleh handphone, tablet dan alat elektronik lainya banyak mengandung unsur ber warna biru sehingga otak akan terstimulasi. Selain itu "Pigmen melanopsis, saraf yang terdapat di retina mata sangat sensitif terhadap paparan warna biru. Hal inilah yang membuat kita lebih tertarik mengecek pemberitahuan di ponsel dibandingkan membaca buku. Sebenarnya layar TV dan laptop juga mengandung unsur warna biru yang dominan, meski pengaruhnya tidak sedahsyat cahaya dari layar ponsel.(kutipan langsung)


Ga main-main ya ternyata efeknya main hape sebelum tidur itu. Hiiiiyyy...
Yuk, sama-sama belajar hidup sehat. Matiin hape sekarang!
Oke, bye! laptop juga ada radiasinya, mau dimatiin dulu. hahahhaa....
 Thank you for reading yaa... Good night :*

13 comments:

  1. aku sengaja kamar polos tanpa TV, radio atau elektronik lain, pengalaman barang2 ini bikin susah tidur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah. Great choice tuh, Mak.
      Bagus banget kaya gitu, jadi fokus ruang istirahatnya yaaa...

      Delete
  2. Hikz...gua banget tuh mak. Iya deh besok2 hpnya ditinggal aja kalau udah di tempat tidur. Thank's infonya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip,,, sama-sama, Mak.
      Semoga nyenyak dan berkualitas yaa tidurnya^^

      Delete
  3. oalaahhh, jd kalau di kasur en mau siap2 tdur seharusnya gk boleh bawa hp ya mak, duuhh, tp gmn gt yak..
    oke nnti cb daku pratekan, tengkiu yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih gitu, Mak.
      Tapi kadang masih pengen intip-intip sosmed kan yaa?? hihihii sama, Mak.
      Yuk, sama-sama membiasakan. Sama- sama^^

      Delete
  4. iya ya bener juga. Sekarang gadget sih yang paling sering buat susah tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli, Mak.
      Kadang malah suka bikin kelupaan kerjaan lain x_X

      Delete
  5. Duh yang point 3 aku banget itu, suka nulis blog di tempat tidur >.<
    bahaya juga yah gadget, kayanya harus diet deket2 gadget sebelum bobo deh....
    Oia salam kenal ya alma ^^

    destywidy.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ternyata bahayanya ga main-main, Mbak.
      Salam kenal juga^^

      Delete
  6. duhh bener banget tuh yang nomor 2, karena sering tidur malem, makan juga kemaleman, ya tambah susah tidur deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhii, iya Mak. Kalo abis makan malah makin melek deh jadi lama lagi mau tidurnya ehhehe

      Delete

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR