Bride -wonna be- Story: Persiapan Pernikahan (Part 1)

Alma Wahdie | Sunday, January 24, 2016 |
Ciyeee yang lagi mau siap-siap nikahan (LOL)

OK, kalo kalian adalah para "Bride wonna be" alias calon pengantin wanita, kalian berkunjung ke blog yang tepat. Hhahaha...

Pernikahan adalah salah satu bentuk ibadah (menurut agamaku, yaahh... *feel free to believe) sekaligus juga sebuah gerbang bentuk perjalanan hidup yang baru. Ini mah sebenernya standar lah yaa... Temen-temen pasti udah jauh lebih tau dong.

Intinya:
Kamu akan hidup berdua dengan orang yang (InsyaAllah) menjadi yang terakhir untuk selamanya^^ (ciyeeee... Aaaamiiiiin)

Ada beberapa hal penting banget buat kalian perhatiin selama persiapan menuju hari berbahagia itu. Ini tips dari saya (sesuai pengalaman pribadi aja sih yaa..) yang mungkin bisa menjadi tambahan referensi :) Aku list hal yang menurutku kdang suka kelupaan atau disepelein hihii...


Tentukan "Penasehat"mu
Iya, penasehat di sini maksudnya sesorang dimana kamu bisa berbagi baik sekadar cerita atau bahkan nanya pendapat. Selain keluarga intimu (Ibu, Ayah, Saudara Kandung) tentunya, karena bagaimanapun seorang teman akan menjadi pilihan yang OK buat sekadar sharing. 

Terkadang keluarga kita sudah sangat sibuk dan sama nervous-nya dengan kita dalam persiapan acara pernikahan itu (apalagi kalo itu dalah pengalaman pertama dalam keluarga, alias pernikahan si Sulung). wuiih,,, mungkin Ibu kita juga bahkan punya tempat curhat atau tempat nanya-nanya sendiri. nah, kita juga perlu menentukan seorang teman untuk itu.

Pastiin teman yang kamu pilih itu bukan yang ember dan rempong. Kan berabe kalo belum apa-apa udah rame berita seantereo. Alih-alih berbagi biar ga pusing sendiri malah bakal nambah pusing kalo temen kepercayaan ini malah rempong. Kebayangkan kalo papasan sama orang-orang trus dah pada rame aja... Pusing deh Barbie antara bahagia sambil deg-degan ahhahaa

Sebenernya bukan masalah besar juga sih kalo orang jadi rame tau. Kan nanti biasanya suka didoain yang baik-baik tuh, kaya:

"Waaah,, mau nikah ya. Alhamdulillah. Semoga lancar yaaa..."
"Akhirnya, ditunggu ya undangannya."
"Sama siapa? aih,, ga disangka udah mau nikah aja."
"Asiik, siapa sih calonnya? aku kenal ga?"
"Orang mana? Kerja dimana? kok bisa ketemu?"
"Waah,,, enaknyaaaa."

OK. Sampe pertanyaan ketiga dan seterusnya itu sebenernya bukan hal gede yang bisa dibilang masalah. Tapi kebayang aja kan setiap ketemu jadi kaya wawancara (LOL), tenang pengganti press conference nanti ada undangannya kok. hahahaa...
Poinnya adalah soundingnya nanti kalo persiapan udah 70-80% lah yaa...
So, penting banget teman berbagi kita seide soal ini. Klop deh!


Perawatan Tubuh 
Yang kedua ini bukan hal yang khusus silakuin kalo lagi persiapan pernikahan aja. Perawatan tubuh harus selalu dilakuin dong. Nah, tapi karena kita akan menghadapi sebuah momen ONCE IN LIFE (Aaaamiiiiin) perlu lah perawatan yang lebih intens biar nanti pas acara makin fresh.

Biasanya biar hasilnya optimal, kamu bisa mulai minimal dari 3 bulan sebelumnya.
Karena perawatan yang baik dengan kosmetik yang aman dan baik juga ga serta merta ngasih hasil yang instan. Hati-hati ya kalo ada yang nawarin produk instan. Harus lebih cermat melihat, membaca,dll biar aman dan senantiasa sehat. Inti dari perawatan yang silakukan ini agar kita semakin fresh, dalam artian kulit sehat, fresh, badan fit, dsb.

Sstttt...
Kalo mau tanya produk kosmetik sehat yang kupake, coba liat banner ungu di sebelah kanan atas ini ya ;) Feel free to ask! Dengan senang hati bakal saya bagi semua rahasianya ;)
Yuk, jaga kesehatan dan kecantikan alami kita^^

 
Undangan
 Ini adalah salah satu kerjaan yang kayanya masih bisa kita handle sebagai calon pengantin. Mungkin kalo yang udah menunjuk sebuah WO bisa aman aja sih tinggal konsultasi dan sampein design serta tema sesuai maunya, trus WO yang beresin deh.
Nah, tapi kalo buat yang semua acaranya dikonsep sendiri, kamu bisa bantu keluargamu untuk persiapan acara dengan mengurus perihal undangan ini.
Ga sulit kok!
Jaman global gini segala info bisa didapat lewat internet. Tinggal ketik aja kata kunci yang kamu mau di mesin penelusuran (google, dsb) semua udah tersedia.

Hihiii...
Kemudahan akses info ini juga sih yang ngebuat aku ngeblog. Yup! sebagai rasa terima kasihku sama para blogger aktif yang suka berbagi itu sekaligus media buat nyalurin hobi nulisku (yah, walaupun masih belum bagus-bagus amat^^)

Balik lagi soal undangan, kamu bisa intip macam-macam design yang kamu mau.
Bahkan ada website yang menyediakan template undangan yag bisa kamu download gratis.
coba yang ini ahandcraftedwedding.com Web ini nyediain tempale undangan yang bisa kamu download gratis, juga sama jenis font yang dipake dalam design itu. Pokoknya komplit deh!

Ada juga website vendor pernikahan lain yang menyediakan layanan design gratis secara online. Jadi, kamu bisa upload foto yang kamu mau dan ketik sendiri isi undangannya. Gampang deh.

Selain membantu urusan persiapan lainnya, ngurus undangan ini juga bisa membantu kamu relax.
Bagi aku sih yah gitu, karena ngerasa seneng aja bisa nentuin desain yang disuka secara langsung^^


Souvenir
Di beberapa tempat di Indonesia ini, souvenir bukan hal yang tabu lagi. Dalam berbagai acara pernikahan, tuan rumah biasanya menyediakan souvenir untuk para tamu undangannya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ucapan terima kasih atas kehadiran para tamu tersebut.

Memilih souvenir ini sama halnya kaya undangan sebenarnya. Kamu bisa ilih yang gampang dengan menyerahkan urusan ini dengan WO (Wedding Organizer) profesional kepercayaanmu atau langsung terjun sendiri untuk mengurusnya.

Karena hakekatnya souvenir adalah bentuk ungkapan terima kasih atas kedatangan para tamu undangan, jadi jangan sampe esensinya bergeser. Jangan sampe terpengaruh karena gengsi atau gaya-gayaan. Biasanya kita menyesuaikan budget, tema, dan tujuan. Jadi, ga harus mahal, tapi tulus itu aja. Biar aja anjing menggonggong kafilah tetap berlalu... (eaaa...)

Toh, ga ada ini juga, ga membatalkan akad nikah Hihhiiii....
Tapi tetap kan yah, pernikahan lebih seringnya sebagai bentuk syukur keluarga, jadi tamu undangannya banyak kenalan keluarga, teman kita yah paling beberapa dan kalaupun semua diundang, ga semuanya bisa berkesempatan dateng. So tetap aja tamunya banyakan temen ayah atau ibu hihii... Ini yang kadang membuat pilihan sedikit banyak filternya.

Good luck, deh! Just enjoy the moment yaaa...


Kostum
Kostum atau pakaian yang akan dikenakan pada saat akad nikah dan resepsi biasanya menjadi hal yang diputuskan oleh calon pengantin. Ini seru, karena kamu bisa bereksplorasi dengan penampilan kamu nanti. Tapi, semua kegiatan seru ini akan disaring dengan banyak pertimbangan layaknya yang kita sebut di bagian souvenir tadi. So, bijaklah untuk ini!

Biasanya di daerah tertentu sudah ada pakaian adat yang memang selalu digunakan dalam upacara pernikahan. Untuk ini, berarti pemilihan sedikit mudah, karena kita tinggal menentukan warna yang diinginkan dan aksesoris tambahan saja. Berbeda dengan tempat domisili sementaraku sekarang, yang lebih ke modern design, jadi para calon pengantin biasanya akan membuat kostum sendiri yang mereka inginkan, biasanya lebih ke kebaya modern (custom-made).

Untunglah, di tempatku sendiri ada pakaian adat yang memang dipakai untuk acara resepsi. Di sini bersyukurnya jadi kita ada ciri khas dan semacam tidak ada pengkotk-kotakan lah yaa.. karena semua pengantin pake kostum yang sama (tapi, akhir-akhir ini aku sudah suka liat beberapa design modern). Buat aku pribadi, nanti kalo sampe waktu berbahagiaku, aku mau pake pakaian adat itu hihii..
Semacam mimpi anak wanita kalo liat baju itu dibilangnya baju pengantin. So, kalo pengantin ga pake baju itu, belom jadi pengantin rasanya ahhaha...

Lagian juga inikan momen ONCE IN LIFE. Kapan lagi??? hihii...



---------------------

Masih ada beberapa hal lain yang juga harus kita pertimbangkan loh.
Lanjut baca di Part 2 ya...

Mau istirahat dzuhur dulu ^^

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR