User Review: IPhone 4s 32Gb

Alma Wahdie | Monday, August 17, 2015 |




Apple? Yeay or nay?


Well, tentu ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan kita, para pengguna gadget, sebelum menentukan gadget apa yang akan kita gunakan. 

Pasti teman-teman sering mendengar pernyataan ini:
"Menentukan gadget apa yang perlu digunakan tentu saja sesuai kebutuhan pengguna sendiri."

Klasik memang kedengarannya, tapi memang benar adanya. Menentukan gadget apa yang akan dipakai nantinya memang harus sesuai dengan kebutuhn kita sebagai penggunanya. 

Apakah untuk keperluan sosialita, fotografi, office, atau sekadar untuk alat komunikasi telepon dan pesan singkat, hal demikianlah yang menuntun pilihan kita nantinya. Namun, pastilah para pengguna inginkan semua dalam satu kesempatan 😉
Ya, memang ada baiknya jika bisa bersosialita, mengerjakan hal lain, berfoto, telepon dan bersurel ria dengan sebuah gadget dalam genggaman. 

Maraknya penawaran gadget dengan kriteria lengkap dan harga miringnya, tentulah menarik perhatian para calon pengguna gadget ini. 

Kali ini, saya akan menuliskan review tentang sebuah gadget canggih yang lumayan terdepan di kalangan smartphone lainnya. 

iPhone, sebuah smartphone produk Apple. Siapa tak kenal gadget ini? Merek Apple yang melekat padanya tentu tak menimbulkan keraguan akan kualitasnya karena perusahaan ini memang konsisten untuk semua produk yang mereka hasilkan. 

Salah satu alasan memilih iPhone dari Apple ini adalah karena jaminan privasinya. Layaknya pengguna Google yang memiliki store penyimpanan bernama drive box, Apple pun punya iCloud. Dimana privasinya???

Yah, ini adalah pilihan terlepas pengguna mau menggunakan fasilitas ini ataupun tidak. Privasi yang dimaksud di sini adalah betapa amannya pengguna iPhone karena terbebas dari ancaman virus lantaran sistemnya yang mengharuskan pengguna memiliki aplikasi yg disediakannya untuk proses penyalinan files antar media. Hal inilah yang membuatnya berbeda dengan produk selain produk Apple. 

iPhone 4s saat ini bisa dikatakansebagai  generasi yg hampir punah 😂 karena memang Apple telah mengeluarkan seri baru yang merupakan peningkatan utuk seri terdahulunya.

Yang akan saya bahas di sini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari iPhone 4s 32Gb menurut kacamata saya pribadi sebagai salah satu user-nya. 

Ini adalah spesifikasi iPhone ini:

Data spesifikasi ini diperoleh dari laman gsmarena.com

Tentu dengan melihat spesifikasi ini, teman- teman dapat langsung melihat ketersediaan fasilitas dan kapasitas gadget ini dan menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing. 

Ada beberapa poin yang dapat dikatakan sebagai kelemahan smartphone besutan Apple ini bagi pengguna sosialita, tapi saya berikan juga tips and tricknya 😉:

1. Secondary camera alias kamera depannya yang masih VGA. Tentu saja teman- teman tak awam dengan kemampuan lensa VGA yang pernah menemani zaman SMA kita (bagi yang seangkatan saya loh yaa...😄)
Kemampuan kamera depan yang masih dinilai kurang ini belum mendukung para pengguna sosialita yang kerap kali menggunakan mode selfie yang terang-terangan mengandalkan kemampuan kamera depannya. Tapi, seperti yang kita ketahui tentang konsistensi Apple dalam menyediakan kualitas onderdilnya, lebsa VGA ini tidak terlalu bermasalah jika digunakan pada tempat yang cukup cahaya. Bisa dikatakan cukup baik walaupun tak bisa mengalahkan kamera merk gadget Korea yang sudah menggandeng lensa MP untuk secondary cameranya. 

2. Kapasitas Baterainya yang masih sangat minim untuk ukuran smartphone yang selalu dalam genggaman. 
Saya pribadi termasuk pengguna yang sangat mengandalkan gadget untuk berbagai hal. Dapat dikatakan bahwa saya mengoptimalkan kemampuan gadget yang saya pakai (cieleee... Yaiyalah yaa nanggung banget kalo bs satu dalam genggaman kenapa harus terpisah 😋) mulai dari email, kamera, video, aplikasi belajar, blogging hampir semuanya saya kerjakan dengan sebuah gadget yang saya percaya untuk itu. Nah, ketahanan baterai menjadi salah satu faktor yang saya nilai penting sekali dalam hal ini. Ga mau dong lagi asyik ngeblog atau browsing trus ada notifikasi battery exhausted 😢 kan sediiih. 
iPhone 4s ini hanya memiliki baterai dengan kapasitaa 1400an MAH saja dan ini tentu saja kurang untuk sebuah smartphone. Perlu 3x full charged jika kamu pengguna yang aktif. 
Tips mengisi daya baterai agar cepat prosesnya yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat terbang (airplane).Dengan  mengaktifkan mode ini, proses pengisian daya iPhone kamu bisa lebih cepat. Selain itu, teman-teman bisa mengatur mode otomatis untuk waktu on dan off gadget masing-masing. Jadi, pada saat tidur baterai dapat diberdayakan sekaligus menjaga kesehatan kita yakni terhidar dari radiasi gelombang radio. 

3. Body HP cepat panas. Hal ini tentu membuat khawatir pengguna tapi tenang saja, karena hal ini adalah wajar. Karena penggunaan data yang terus menerus tentu saja akan membuat ponsel pintar ini sedikit harus bekerja keras sehingga menyebabkan panas. Jika tiba-tiba dalam penggunaannya gadget teman-teman menjadi panas dapat disiasati dengan meletakannya di atas permukaan yang datar seperti lantai,ubin, keramik, meja kayu, dll. Saya sendiri lebih senang meletakannya di atas lantai keramik dan panas HP menjadi cepat berkurang dan kembali dingin seketika. 
Penggunaan pelindung (case) baik yang keras maupun yang lembut berbahan silicon juga sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu sirkulasi udara yang sudah ada dari gadget itu sendiri. Terutama pada saat proses pengisian daya, lepaskan saja case tadi. 

Sejauh ini, 3 hal inilah yang menjadi concern saya untuk iPhone 4s. Soal kapasitas storage tentu silakan teman pilih sesuai kebutuhan, saya sendiri memilih kapasitas penyimpanan file 32GB namun kapasitas 8GB sendiri tidak menjadi halangan tergantung penggunaan masing-masing. Agar kemampuan HP tidak terganggu, pastikan agar menyisakan 10% penyimpanan untuk cache, dan file dari aplikasi yang terpasang lainnya. Mengenai RAM, iPhone 4s ini baru dilengkapi dengan RAM berkapasitas 512MB dan ini memang ukuran yang kecil namun tidak mengganggu performa gadget kecil nan mungil ini. Pekerjaan masih dapat dilakukan tanpa delay yang berarti jadi kapasitas RAMnya yang hanya 512MB ini tidak menjadi masalah saat ini. 

Jika ada resolusi, penambahan kapasitas baterai menjadi hal yang harus diutamakan untuk gadget ini. 

Demikianlah ulasan saya untuk iPhone 4s kali ini, semoga dapat menambah referensi teman-teman pembaca. 

Terima kasih telah membaca, jangan lupa tinggalkan jejak 😉

No comments:

Post a Comment

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR