Mari ke lapangan!!! Mari kita Survey^^

Alma Wahdie | Friday, February 20, 2015 |
Waktunya 'cekidot' alias turun langsung ke lapangan.
Ini masih tentang KI alias Kelas Inspirasi. Buat teman- teman yang belum baca postingan sebelumnya, sila klik postingan di arsip ya^^

Cerita yang saya bagi disini adalah pengalaman saya selama ikut program KI Bandung 3 bulan Februari ini. Mungkin ada bagian yang bisa diambil jadi pelajaran atau rujukan, yang jeleknya buang aja ya... "

Kesamaan tokoh, lokasi, dan beberapa peristiwa hanya fiktif belaka" (eh, canda ding biar ala- ala FTV kesukaan teman aku ituu kak iis namanya hihiii LOL) Aduh, malah makin keluar lingkaran nih topiknya. Mari kita kembali ke jalan yang benar hahaa

Kali ini cerita tentang hari Survey.

Akhirnya kami sepakat untuk mengunjungi SDN Cirangrang yang beralamat di Jl. Kopo Bandung. Stt... kalau teman- teman tidak tahu atau merasa awam dengan nama jalan ini sesungguhnya teman tidak termasuk AGB alias Anak Gaul Bandung LOL dan itu aku (T.T)

Kopo??? iya aku pernah denger, terus teman aku yang namanya kak iis tadi juga sering sebut- sebut Kopo, juga adik sepupuku yang dulu juga lama bermukim kuliah disini pernah sebut nama daerah itu.

Adalagi! dulu mamang yang jualan es krim terus yang pernah kasih kak iis dan saya sebuah soal matematika yang jika bisa dikerjain dalam  menit kita dikasih 1 es krim gratis juga bilang kalo cabang gede toko es krimnya ada di Kopo. Tapi aku cum pernah denger aja, ke Kopo mah belum pernah, euy!  Yeaah,, mungkin inilah cara Tuhan membuat saya melangkah ke Kopo, ke sebuah nama jalan yang tak asing di telinga saya. (hhihiiii) Ribet yah :-P

Intina mah saya akhirnya ke KOPO, teman!!! Alhamdulillah yaaa... ^^

Inilah super team kami^^ Kelompok 38!!! Saya perkenalkan, dari yang paling depan ke kanan: Abi, Ingga, Alma, Ica, Insan, Acip, Reta, dan Jethro. (Survey SDN Cirangrang, 8-2-2015)


Pada kesempatan Survey ini, teman kami, kak Diah dan teh Lestari sedang kerja jadi belum bisa bergabung^^ 

Pihak sekolah, SDN Cirangrang Bandung sangat baik menerima kami, ada brownies hihiii...
Semua hal sangat diperhatikan dari pihak sekolah, selama kami berkeliling mengamati keaadan sekolah, kelas dan lingkungan sekitarnya, semua guru sangat informatif dan welcome atas kunjungan kami. Abi dan Reta, photographer tim kami sudah asyik membidik momen dan keadaan sekolah.
Inilah beberapa potret saat kami berkunjung untuk survey ini:

suasana ramai adik-adik sedang berolahraga di lapangan sekolah depan
Kami bertanya tentang jumlah rombongan belajar untuk SDN Cirangrang ini pada guru pendamping dari SDN Cirangrang ini, yaitu Pak Rahmat. Dari keterangan Pak Rahmat, sekolah dasar ini merupakan kompleks SD yang terdiri dari SDN 1 Cirangrang, SDN 2 Cirangrang, SDN 3 Cirangrang, dan SDN 4 Cirangrang. Tiap SDN memiliki 4 ruang kelas dimana 2 ruang kelas dipakai bergantian untuk kelas 1, 2 (sesi pagi_pk.07.00) dan 3, 4 (sesi siang_ pk.10.00). Ada satu rombongan belajar kelas 6 yang dibagi menjadi 2 kelas lantaran jumlah kelas yang terlalu besar. Kelas 6 dibagi menjadi kelas 6a dan 6b. Untuk kelas 6 menggunakan ruang kelas yang sama secara bergantian dimana kelas 6b mendapat giliran kelas siang pada minggu kami berkunjung (pk.13.00). Jadwal pagi dan siang untuk kelas 6 digilir setiap minggunya. Ini adalah gambaran pemakaian ruang kelas dan jumlah rombongan belajar untuk SDN 1 Cirangrang saja, karena para inspirator untuk kelompok 38 hanya 6 orang saja, maka pihak sekolah menentukan adik- adik SDN 1 saja yang akan menjadi target kami pada hari Inspirasi nanti. Tentu saja harapannya, adik- adik lain dapat ikut melihat dan merasakan semangat kami ini. Semoga menginspirasi.

ini adalah lapangan sekolah kedua, tepat di depan kantor kepala sekolah SDN Cirangrang yang menerima kami

Setelah mengetahui jumlah rombongan belajar dan penentuan kelas mana saja yang akan kami hadiri, Kang Insan, panitia pendamping untuk kelompok kami segera mengatur pembagian sesi mengajar untuk setiap inspirator. Berdasarkan jam pelajaran di sekolah ada 6 sesi pelajaran. Masing- masing inspirator mendapat 3- 4 sesi mengajar. Saya sendiri mendapat 3 sesi mengajar, yaitu pada sesi 1 di kelas 5, sesi 3 di kelas 2, dan pada sesi 6 di kelas 3. Kang Insan juga membagi jadwal photograper & videographer yang bertugas untuk setiap sesi. Terima kasih, Kang Insan :)


foto diambil dari dalam ruang serba guna yang dipakai sebagai store alat peraga dan alat- alat musik (angklung, dll). Dulunya ruangan ini digunakan sebagai laboratorium. Rencananya akan direnovasi

Tak ketinggalan, pak ketua kelompok kami, Kang Acip, juga sibuk menyiapkan prosesi apel penerimaan dan penutupan pada hari Inspirasi nanti. Kami semua membantu menyumbang ide dan berbagi tugas untuk beberapa hal yang harus diurus. Akhirnya dari hasil diskusi, kami membuat beberapa planning untuk acara pembukaan serta penutupan. Diakhiri dengan tugas menyiapkan alat, bahan dan barang keperluan.

Adik- adik kelas 2 sedang asyik belajar

Sekali lagi kami berkeliling mengabdikan beberapa momen, lalu berpamitan dengan pihak sekolah yang dengan senang hati membantu kami. Itulah kegiatan yang kami lakukan pada hari survey ini.
Menyenangkan, setelah membayangkan dari deskripsi Pak Rahmat di hari briefing sebelumnya, akhirnya kami berkesempatan untuk melihat langsung.

panorama pemandangan lapangan depan dipotret dari lapangan kedua


Akhirnya kami pulang sambil membayangkan persiapan untuk hari inspirasi nanti.
Saya memikirkan bagaimana saya menyampaikan tentang profesi saya pada anak- anak kelas 5, 2 dan 3 nantinya? Tentulah pendekatannya akan berbeda- beda karena tingkatan umurnya pun berbeda. Saya harus punya beberapa rencana untuk antisipasi jika saja ada renca yang saya buat tidak bisa dijalankan. Hanya sampai disana saya berfikir, semuanya masih sangat abstrak LOL

Bahkan pada H-1 (nanti saya ceritakan di laman Hari Inspirasi), saya masih belum menentukan bagaimana pendekatan yang berbeda itu bisa saya aplikasikan di kelas dengan sesi mengajar hanya 30 menit. Itu membuat saya nervous bahkan pada menit- menit awal sesi mengajar saya nanti.

Pokoknya seru!!!
Unforgettable Moment!!!

^^

Terima kasih telah membaca, sering- sering berkunjung kesini yah...
Jangan lupa komennya dan share jika bermanfaat.
Semoga menginspirasi^^


1 comment:

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR