Bagaimana Daftar Kelas Inspirasi?

Alma Wahdie | Friday, February 20, 2015 |

Dalam kesempatan ini, saya mau bagi cara daftar program kelas inspirasi.
Sebenarnya mudah saja, teman- teman tentu harus berkunjung ke official website Kelas Inspirasi.


melalui alamat website diatas, teman- teman dapat semua info tentang program ini juga melihat jadwal dan lokasi dimana program kelas inspirasi terdekat akan diselenggrakan.

Alhamdulillah, saat saya berkunjung ke website tersebut, sedang ada pembukaan pendaftaran relawan inspirator dan photographer/ videographer untuk lokasi Bandung. Di Bandung sendiri, program ini merupakan kali ketiga maka dinamakan "Kelas Inspirasi Bandung 3" untuk program yang saya ikuti.

Rentang pendaftaran kurang lebih satu bulan.
Masa itu, untuk program kelas inspirasi Bandung 3, pendaftaran dibuka sejak tanggal 3- 31 Januari 2015. Yang perlu teman- teman siapkan adalah komitmen yang kuat hehheee

Ada baiknya teman- teman tetapkan hati terlebih dahulu apakah benar mau bergabung atau tidak. Sekalipun ingin, coba dilihat jadwal hari- hari penting dimana teman harus meluangkan waktu selama kegiatan. Karena sayang sekali jika teman sampai melewatkan salahsatu atau bahkan semuanya. Apalagi jika semua rangkaian hari persiapan, seperti briefing dan survey, telah teman- teman ikuti, namun ternyata justru di hari inspirasi teman- teman lupa ada agenda lain yang tidak bia ditinggalkan hingga teman tak bisa hadir. Akan sangat sayang rasanya menurut saya^^

So, pastikan teman- teman baca semua info dan sumber lain terkait program ini dan agendakan dengan cermat untuk setiap hari pentingnya. Hanya 3 kok^^; hari briefing, hari survey, dan hari Inspirasi.

Tapi tenang saja teman, intiny tetap saja KORDINASI ;)
jika memang hanya bisa hadir pada hari inspirasi, tidak apa- apa. Yang penting tetap dikordinasikan dengan teman- teman satu tim agar tetap update info perkembangan persiapan bersama serta pastikan teman satu tim kita tahu jika memang ada pembaruan atau perubahan seandainya memang pada hari inspirasi teman- teman tidak bisa hadir (tapi hal ini harus dihindari agar tidak merepotkan teman satu tim karena pembaharuan pembagian jadwal nantinya). Maka dari itu, menurut pengalaman saya, sebaiknya teman- teman betul- betul mengagendakan 1 hari ini saja jika benar ingin ikut program ini.
Tentunya kita tak ingin membuat teman kita kesulitan karena kita kan? ;-)
Kecuali jika memang tak terelakan, alias tak diduga. Karena tentu kita ingat bahwa manusia tentu hanya merencanakan dan Allah-lah penentunya. Yang seperti ini dapat kita maklumkan.

Setelah OK, teman yakin bisa mengikuti rangkaian kegiatan, mari kita mendaftarkan diri sebagai relawan kelas inspirasi!!!

Ada 3 jenis relawan disini.
  1. Relawan inspirator: bertugas mengajar di dalam kelas, menjelaskan tentang profesi yang digeluti untuk menginspirasi adik- adik SD. (Menyiapkan lesson plan, materi dan alat peraga jika diperlukan)
  2. Relawan Photographer: bertugas mengabadikan momen- momen indah semasa kegiatan dalam bentuk foto, baik single photo/ photo story. (Membuat kolase, dan rangkaian cerita dengan foto)
  3. Relawan videographer: bertugas mengabadikan video semasa kegiatan. (Membuat video rangkaian kegiatan)

Relawan Photographer/ videographer akan bekerja sama untuk membuat e-book hasil momen yang berhasil diabadikan, nanti akan dipakai untuk pameran kelas inspirasi)

Segera menuju official website  kelas inspirasi DISINI
Pilih lokasi kota penyelenggara yang sesuai dengan jadwal agenda kegiatan teman seperti saran yang saya jabarkan tadi. Lalu, tentukan apakah teman akan mendaftar sebagai relawan inspirator atau photographer/ videographer. Karena dalam program ini saya ikut kelas inspirasi Bandung 3, dan mendaftar sebagai relawan inspirator, maka inilah beberapa pertanyaan yang harus diisi dalam borang pendaftaran:

sumber: google.com
  1. Mengapa Anda ingin berpartisipasi kembali di Kelas Inspirasi? 
  2. Deskripsi Pekerjaan
  3. Aktivitas Organisasi
  4. Motivasi
  5. Mengapa Anda ingin bergabung dengan Kelas Inspirasi?*
  6. Ceritakanlah kejadian paling mengesankan semasa Anda menjalani pendidikan*
  7. Apa peran profesi dan kegiatan Anda terhadap kehidupan bermasyarakat?* 
*maksimal 500 karakter

Itulah beberapa pertanyaan yang harus teman- teman jawab dalam 500 karakter saja^^
Tentu ada borang isian tentang data pribadi juga sebelumnya.



Tips dari saya, ada baiknya pertanyaan dari borang isian online itu dicopy- paste ke Ms. word terlebih dahulu untuk memudahkan. Nanti jika sudah selesai diisi tinggal kita pindahkan ke form isiannya saja^^

Selain itu, baiknya teman- temn mendaftar tidak dipenghujung hari tenggat, karena terkadang ada banyak hal yang mengganggu karena rasa terburu- -buru.

Okay, segitu saja share pengalaman saya saat mendaftar. Semoga bermanfaat ya^^

No comments:

Post a Comment

Hola!
Tinggalin komentar dong, biar saling kenal^^
Terima kasih sudah mampir!

Go Get Yours!

https://www.shopback.co.id/?raf=Drt1dR